fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Anda Calon Ibu atau Baru Menjadi Ibu? Ini Tips Memperbanyak ASI

Memiliki ASI atau Air Susu Ibu bergelimang untuk bayi anda, pasti membuat anda sangat senang. Pasalnya bayi yang baru lahir memang harus di beri ASI sampai kurang lebih 2 tahun, karena pada usia tersebut anak-anak sudah bisa mendapatkan gizi dan bekal imunitas dari makanan padat yang ada, seperti nasi, dan yg lainnya. Namun bagaimana caranya memberikan si anak ASI sampai 2 tahun, jika baru lahir saja air susu anda sedikit keluarnya.]

Nah, sekarang anda tak usah khawatir, karena kami akan memberikan tips bagaimana cara memperbanyak ASI secara alami :

1. Seringlah Memberi ASI
Bayi yang baru lahir membutuhkan susu setiap 2-3 jam, tanpa peduli siang atau malam hari. Produksi ASI pada tubuh wanita mengikuti prinsip supply dan demand, artinya tubuh memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, bila kita rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi kenyang, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut. Produksi ASI akan bertambah dalam waktu 3 sampai 7 hari sesuai intruksi tersebut. Bila kita tidak konsisten dan jarang menyusui, produksi ASI pun akan berkurang. Habiskan satu payudara, baru pindah ke payudara lainnya. Jadi anda jangan malas-malas menyusui jika bayi anda ingin tumbuh sehat.

2. Memompa Asi
Memompa adalah salah satu cara memperbanyak ASI. Untuk ibu baru, mungkin ketrampilan menyusui belum cukup memadai. Kesalahan posisi menyusui dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI tidak keluar dengan lancar. Gunakan pompa setiap kali selesai menyusui, sekarang banyak alat manual untuk memompa bahkan sampai alat otomatis untuk memompa air susu anda. Jangan pedulikan berapa banyak ASI yang kita dapat, karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara. Selain itu, memompa dapat mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI kembali untuk mengganti ASI yang sudah keluar.

3. Pijat Payudara
Tips memperbanyak ASI pada ibu menyusui dengan cara pijat adalah sebagai berikut:

    • Lakukan pemanasan dengan menghangatkan payudara dengan handuk hangat selama 2 menit dengan pengulangan 4-5 kali.
    • Mulai pijat puting bunda dengan perlahan dari atas dan ke bawah.
    • Di bagian areola, pijat perlahan ke atas dan bawah dari kanan ke kiri, selama 5-6 kali setiap payudara.
    • Terakhir, buah payudara dipijat melingkar mengikuti bentuk payudara selama 5-6 kali. Lalu, pijat melingkar dan spiral ke arah areola selama 3-4 kali. Lakukan pijatan tersebut untuk masing-masing payudara.

Untuk langkah pembersihan payudara, ingat untuk tidak menyabuni bagian puting dan areola untuk menghindari keadaan kering dan kaku.

4. Jangan Stres
Suasana hati bunda juga sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Kondisi yang tidak nyaman bisa menyebabkan produksi ASI berkurang bahkan tidak produksi sama sekali. Kondisi yang nyaman dan tenang ini tak hanya peran bunda, tapi juga peran di keluarga bunda. Suami yang paling paham kondisi bunda, sebaiknya ikut membantu bunda terhindar dari stres.

5. Memakan Buah Manis
Mungkin belum banyak yang tahu bila mengonsumsi buah manis ini bisa memperlancar ASI. Nah, jika sudah tahu cobalah sering-sering memakan buah Kurma, Kandungan zat besi dan kalsium dalam buah kurma merupakan kandungan penting pembentuk ASI. Dan cocok untuk anda yang habis melahirkan dan ingin diet sehat, namun nutrisi bayi masih bisa terpenuhi.

Selain 5 tips di atas, tentu masih banyak lagi seperti memakan daun-daun hijau Katuk dan lainnya. Selamat mencoba.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *