fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Waspada! Inilah 9 Fakta Tentang Gigi Berlubang yang Wajib Diketahui

Masalah gigi berlubang bukan hanya terjadi pada anak-anak. Pada orang dewasa pun masalah kesehatan ini kerap muncul dan mengganggu pekerjaan. Pasalnya, rasa sakit, ngilu dan bahkan perih bisa bercampur menjadi satu akibat masalah kesehatan yang satu ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah 10 fakta tentang gigi berlubang yang wajib diketahui.

1. Bisa Diantisipasi dengan Sikat Gigi
Sikat gigi secara rutin akan bisa mengurangi resiko karang gigi. Gigi berlubang dan karang gigi diakibatkan oleh plak yang lama mengendap ditambah dengan serangan bakteri. Untuk meminimalisir masalah ini, maka perlu dilakukan sikat gigi dengan alat yang memiliki bulu halus secara rutin baik setelah makan maupun sebelum tidur.

2. Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Cabut Gigi
Ibu hamil memang tidak boleh mengkonsumsi obat secara sembarangan. Apalagi melakukan cabut gigi ketika berlubang. Jadi, sebaiknya ketika merasa ada masalah dengan gigi berlubang maka selesaikan sebelum program hamil. Selalu jaga kesehatan dan pastikan pola makan cukup sehat ketika sedang hamil terutama apabila ada riwayat memiliki gigi berlubang.

3. Gunakan Obat Herbal Jika Gigi Berlubang Saat Menyusui
Salah satu obat herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi berlubang ketika hamil atau menyusui adalah bawang putih dan garam. Caranya dengan menumbuk bawang putih dan dicampur garam. Setelah itu rebus dengan air lalu dinginkan. Gunakan untuk berkumur sebelum menyikat gigi dan setelah makan.

4. Makanan Penyebab Gigi Berlubang
Makanan manis adalah musuh gigi. Selain menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes melitus, gigi berlubang juga kerap terjadi akibat pola makan dengan komposisi terlalu manis. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan atau minuman manis seperti sirup, gula, dan sejenisnya.

5. Pentingnya Sikat Gigi Sebelum Tidur
Meskipun kampanye sikat gigi sebelum tidur telah banyak disosialisasikan, tetapi banyak juga orang yang masih belum memiliki kesadaran ini karena tidak terbiasa sejak kecil. Jadi, sikat gigi sebelum tidur sangat perlu dilakukan setiap hari supaya resiko gigi berlubang dapat diminimalisir.

6. Ngemil Permen dan Cokelat? BIG NO
Meskipun rasanya enak, tetapi ngemil cokelat dan permen akan bisa membuat gigi berlubang semakin besar. Bahkan jika belum berlubang pun ada berbagai masalah yang bisa ditimbulkan kebiasaan kurang sehat ini. Misalnya plak dan gigi menjadi kuning. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol pun bisa memperburuk kondisi gigi.

7. Minuman Bersoda dan Karang Gigi
Karena kandungan gulanya tinggi, maka minuman bersoda juga turut memberikan resiko lebih besar terhadap karang gigi. Apalagi jika seseorang sering meminumnya sebelum tidur tanpa bergosok gigi sesudahnya. Jadi, jangan sampai minuman bersoda menjadi salah satu camilan kesukaan yang reguler dikonsumsi meskipun rasanya enak.

8. Antisipasi dengan Pengecekan Gigi 6 Bulan Sekali
Cara agar bisa mengobati gigi berlubang atau membersihkan plak serta karang adalah dengan memeriksakan kondisi bagian tubuh ini 6 bulan sekali. Dokter gigi akan memberikan berbagai treatment jika menemukan masalah. Keunggulan dari kebiasaan ini adalah ketika ada sesuatu yang tidak beres maka program penanganannya bisa lebih dini. Begitu pula dengan deteksinya.

9. Membersihkan Calon Gigi Sejak Bayi
Meskipun masih bayi, resiko bagian gusi mengalami kotor tetap ada. Masalah ini bisa juga menjadi penyebab gigi berlubang pada bayi maupun balita. Jadi, lakukan pembersihan calon gigi meskipun mereka belum memilikinya. Meskipun tidak menggunakan pasta gigi, bersihkan dengan kasa dan air hangat atau pembersih gigi khusus bayi.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *