Selain Borong Bitcoin, Tesla Juga Gunakan Bitcoin Untuk Transaksi

Berita Bisnis

Perusahaan milik Elon Musk, Tesla Inc pada hari Senin (8/2) waktu AS menyatakan telah memborong bitcoin seharga 1,5 miliar dolar Amerika Serikat. Jumlah itu setingkat dengan Rp 21 triliun (kurs Rp 14.000).

Tindakan yang diambil perusahan Tesla itu membuat harga bitcoin naik hingga berada di angka 44.200 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 618,8 juta. Sementara itu, harga dari saham milik Elon Musk itu pun naik drastis hingga lebih dari 2 persen pada perdagangan Senin pagi waktu setempat.

Dikutip dari CNBC, pada hari selasa (9/2) dalam sebuah salinan yang dikirim ke Komisi Sekuritas dan Perdagangan (SEC), Tesla Inc memberitahukan bahwa telah membeli bitcoin untuk menjalankan diversifikasi dan menjadikan aset perusahaan agar lebih mudah disesuaikan.

Di dalam salinan yang dikirim ke SEC tersebut, perusahana milik Elon Musk itu pun menegaskan kepada pemilik modal untuk berhati-hati terhadap tingkat ketidakpastian dari bitcoin.

Selain itu, Tesla Inc juga memberitahukan bahwa pembelian bitcoin tersebut diambil untuk mengoptimalkan imbal hasil uang tunai yang perusahan punyai.

Perusahaan mobil listrik milik Elon Musk ini pun mengumumkan bahwa perusahaan juga sudah membolehkan menggunakan mata uang bitcoin untuk transaksi pembelian produk-produk mereka. Walaupun demikian, hal tersebut dibolehkan hanya untuk produk-produk tertentu saja.

Dengan begitu, Tesla Inc merupakan pabrik pembuat mobil listrik pertama yang menerima pembayaran menggunakan mata uang kripto berupa bitcoin.

Sebelum itu, Elon Musk seringkali mendapatkan sorotan dikarenakan keikutsertaannya terhadap kenaikan harga mata uang kripto, dimulai bitcoin hingga ethereum. Lewat akun twitternya, Elon Musk seringkali memposting pesan positif mengenai mata uang kripto (cryptocurrency) dan memotivasi lebih banyak orang untuk ikut menanamkan duitnya melalui mata uang kripto tersebut.

Dua minggu yang lalu, Elon Musk bahkan menulis tagar #bitcoin di bio akun twitter miliknya. Tindakannya tersebut menjadikan harga bitcoin naik sampai 20 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *