fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Uraian Lengkap Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan dan Cara Pemakaiannya

Siapa yang tidak kenal dengan rempah-rempah? Ya bahan ini kerap digunakan pada bumbu masakan atau juga berbagai macam obat-obatan. Ada banyak sekali rempah-rempah dengan manfaat dan fungsinya masing-masing, salah satunya adalah kapulaga. Apa itu kapulaga? Kapulaga merupakan rempah-rempah berupa buah yang diambil dari berbagai jenis tanaman.

Buah kapulaga sendiri diambil dari tanaman genera atau genus, Elettaria dan juga Amomun. Bagaimana cukup banyak bukan satu buah namun ada banyak tanamannya. Beberapa tanaman tersebut masuk pada famili Zingiberaceae atau tanaman jahe. Sama halnya dengan lainnya kapulaga juga tidak hanya digunakan untuk bumbu masak saja, namun juga sebagai obat sebab ada banyak sekali manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Manfaat kapulaga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis masalah kesehatan dari ringan hingga akut. Di bawah ini ada beberapa jenis manfaat dari buah kapulaga untuk kesehatan yang bisa Anda ketahui. Sehingga ketika terjadi masalah kesehatan, Anda bisa menggunakannya. Langsung saja yuk simak beberapa ulasannya.

  1. Memperbaiki Suasana Hati atau Mengurangi Stres

Ketika Anda mengalami stress atau suasana hati sedang kurang baik, maka tidak ada salahnya memanfaatkan buah kapulaga untuk mengobatinya. Manfaat kapulaga untuk kesehatan yang pertama yaitu memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa stress pada kepala. Kapulaga cukup ampuh dijadikan obat herbal sebab memiliki sifat antidepresan.

Mengonsumsi atau juga menghirup aroma dari buah kapulaga dipercaya bisa memberikan efek yang bersifat sedatif atau menenangkan. Jika Anda kerap mengalami suasana hati yang tidak menentu sebaiknya rutin mengonsumsi buah kapulaga. Dengan begitu mood Anda akan mulai membaik dan stress pun tidak akan terjadi

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kapulaga untuk kesehatan yang kedua adalah menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. kapulaga ternyata juga masuk pada salah satu rempah-rempah yang kaya akan serat. Setidaknya ada sekitar 2 gram serat pada setiap sendok buah kapulaga. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki masalah pada kesehatan pencernaan sebaiknya mengonsumsi buah kapulaga.

Baca:  Inilah 9 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, kapulaga juga sangat manjur untuk mengatasi masalah sulit buang air besar atau sembelit. Selanjutnya buah kapulaga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dari perut seperti mengontrol empedu dan kadar asam lambung, mengatasi rasa nyeri pada perut, mengatasi masalah kejang usus, dan menambah nafsu makan

  1. Mencegah Infeksi

Manfaat kapulaga untuk kesehatan lainnya adalah bisa selalu menjaga tubuh agar tidak terserang berbagai macam bentuk infeksi. Buah kapulaga bersifat antimikroba, sehingga mampu melawan beberapa jenis penyebab infeksi dan gangguan tubuh seperti bakteri, virus, serta jamur.

Dengan begitu bisa diartikan bahwasanya buah kapulaga merupakan salah satu obat herbal yang cukup ampuh digunakan untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh.

  1. Obat Untuk Rasa Nyeri

kapulaga sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh. Buah ini sering digunakan untuk mengatasi masalah tersebut karena mempunyai sifat analgesik yang bisa meredakan rasa nyeri pada tubuh.

Selain itu buah kapulaga juga mempunyai sifat anti inflamasi yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa peradangan sebagai penyebab rasa nyeri. Manfaat kapulaga untuk kesehatan kaitannya dengan mengatasi beberapa penyakit nyeri diantaranya adalah nyeri karena sakit gigi, gusi bengkak, nyeri kepala, nyeri pada otot serta nyeri persendian.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

kapulaga kaya akan beberapa kandungan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tulang seperti vitamin C dan kandungan mangan. Manfaat kapulaga untuk kesehatan ini dapat Anda manfaatkan ketika merasa beberapa masalah pada tulang.

Baca:  7 Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Pada Organ Kewanitaan Anda

Pasalnya zat yang terkandung di dalamnya mempunyai fungsi untuk menjaga kepadatan dari tulang serta menjaga kesehatan tulang. Tulang yang selalu terjaga kepadatan dan kesehatannya sangat minim terserang penyakit osteoporosis.

  1. Menjaga Saluran Kencing dan Ginjal

Sebelumnya sudah dijelaskan bukan kapulaga sangat ampuh untuk mengatasi masalah sembelit. Dan ternyata kapulaga tidak hanya ampuh untuk masalah buang air besar saja, namun juga untuk beberapa masalah saluran kencing atau buang air kecil.

Manfaat kapulaga untuk kesehatan di sini adalah mencegah berbagai macam penyakit pada saluran kencing seperti radang ginjal (nefritis) dan infeksi pada saluran kemih (sistitis). Ginjal dan saluran kemih yang selalu terjaga kesehatannya akan sangat membantu untuk kelancaran sistem ekskresi atau pembuangan dalam tubuh.

  1. Mengobati Masalah Batuk dan Pilek

Kapulaga cukup ampuh untuk mengatasi flu seperti batuk dan juga pilek. Aroma dari kapulaga dapat memberikan rasa tenang dan juga mengencerkan dahak. Dengan begitu pernapasan Anda akan jadi lebih lancar. Rasa dari buah kapulaga juga bisa memberikan efek hangat sehingga tubuh tidak akan merasakan kedinginan.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Saluran Tenggorokan

Kesehatan mulut dan tenggorokan ternyata juga dapat dijaga dengan buah kapulaga. Sebab buah kapulaga bersifat anti inflamasi yang dapat bisa meredakan beberapa gejala dari masalah sariawan sampai radang tenggorokan. Kapulaga cukup ampuh meredakan napas yang tidak sedap dan menjadikan napas terasa lebih segar.

Di atas adalah beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan. Lalu bagaimana menggunakan kapulaga agar kesehatan selalu terjaga? Apakah sama dengan beberapa rempah-rempah pada umumnya? Mudah saja kok, pertama Anda hanya perlu membeli buah kapulaga bisa dalam bentuk buah kering, bubuk kapulaga, suplemen, teh, minyak dan lainnya.

Baca:  8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Selanjutnya kapulaga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan atau masalah. Berikut penjelasannya:

  1. Penggunaan Kapulaga untuk Mengatasi Stress

Manfaat kapulaga untuk kesehatan mengatasi stress bisa dikonsumsi dengan cara meminum teh kapulaga. Anda bisa minum teh kapulaga saat merasa suasana hati kurang baik. Sama halnya dengan menyeduh teh pada umumnya, hanya saja kadar gula bisa disesuaikan.

  1. Penggunaan Kapulaga untuk Masalah Nyeri

Rasa nyeri mungkin bisa datang kapan saja pada beberapa bagian tubuh. Jadi mungkin Anda akan membutuhkan obat kapulaga yang lebih praktis. Masalah nyeri pada tubuh bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kapulaga atau mengonsumsi suplemen kapulaga. Praktis bukan?

Beberapa dosis pemakaian kapulaga harus selalu Anda perhatikan ya. Jangan sampai berlebihan ya. kapulaga yang digunakan terus menerus dalam jangka panjang bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti komplikasi pada batu empedu dan alergi. Berikut juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Suplemen harus dikonsumsi dengan memperhatikan beberapa bahan lainnya sebab kemungkinan besar suplemen tidak terbuat dari kapulaga murni saja
  2. Tidak boleh menggunakan kapulaga untuk mengobatkan jangka panjang
  3. Konsultasi ke dokter apabila Anda tidak kunjung membaik
  4. Konsumsi obat dokter terlebih dahulu jika Anda sedang dalam pengobatan lainnya. kapulaga hanya pendamping saja
  5. Hindari pola hidup yang tidak sehat saat mengonsumsi

Demikian sekilas penjelasan mengenai manfaat kapulaga kesehatan, cara penggunaan dan juga hal-hal yang harus Anda perhatikan. Jika Anda tertarik tidak ada salahnya memilih kapulaga untuk obat herbal. Anda juga bisa menambahkan kapulaga pada bumbu makanan sebagai zat yang dapat meningkatkan sistem imun. Semoga bermanfaat ya.

Related Post

10 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan yang Wajib Di... Buah leci yang masuk dalam jenis tanaman “familia” atau larak-larakan (sapindaceae) ini merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh subur dan bisa...
Penting! Berbagai Macam Manfaat Buah Bit untuk Kes... Buah bit adalah tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki warna ungu kemerahan. Bentuknya sama seperti umbi kebanyakan seperti umbi jalar, kentang dan l...
Tahu Cuka Apel? Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Cuka sari apel atau kerap disebut sebagai ACV (apple cider vinegar) oleh para penggemar setianya, telah diberi label sebagai makanan super, karena ban...
Inilah 6 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Kolang kaling merupakan nama dari buah yang sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia terutama pada saat bulan Ramadhan. Pohonnya biasa disebut dengan...
Wajib Tahu! 5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan Yan... Di negara tropis pasti akan mengalami musim hujan yang panjang dibandingkan daerah subtropis. Air hujan banyak dimanfaatkan orang-orang untuk beberapa...
12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecanti... Siapa sangka, jeruk nipis yang kecil dan bulat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi buah ber...
Penting! Ini 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan ... Buah bernama ilmiah Salacca zalaca ini mengandung vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, lemak, zat besi, dan serat makanan yan...
Ketahuilah Beberapa Manfaat Daun Binahong untuk Ke... Tumbuhan binahong ini sering digunakan untuk bahan obat-obatan. Di Indonesia sendiri daun binahong sudah sering dijadikan sebagai tanaman obat, bahkan...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *