fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Catat! Inilah 11 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tanaman rempah. Salah satunya adalah ketumbar. Ketumbar mempunyai bentuk biji bulat kecil-kecil yang semakin sedap rasanya ketika disangrai. Namun, tahukah Anda? Ternyata ketumbar tidak hanya cocok untuk bahan makanan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah 11 manfaat yang wajib dicatat.

1. Menutrisi Mata
Ketumbar dapat menutrisi mata karena kandungan vitamin A nya sangat tinggi. Jadi, jika seseorang yang sering mengalami lelah mata, memakai kacamata, atau kerap menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer maka perbanyaklah konsumsi ketumbar dalam makanan.

2. Membunuh Bakteri Salmonella
Sebuah penelitian yang ditulis dalam The Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2004 menjelaskan sebuah fakta bahwa ketumbar mempunyai kandungan kompleks untuk memerangi patogen ini.

3. Menyembuhkan Anemia Kambuhan
Pada umumnya, orang yang mengalami anemia sering kambuh ketika kadar zat besi dalam tubuhnya menurun. Dengan mengkonsumsi ketumbar, maka kandungan vitamin B12, zat besi, dan asam folatnya akan bisa mengantisipasi kambuhnya penyakit tersebut.

Baca:  Penting! 11 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Jangan Dianggap Sepele

4. Nutrisi yang Tepat untuk Ibu Hamil
Seperti yang dijelaskan di atas, karena kandungan asam folat serta vitamin kompleksnya tinggi, ketumbar sangat bisa membantu meningkatkan kesehatan ibu hamil. Kebutuhan gizi seseorang ketika hamil memang lebih tinggi sehingga harus ada booster yang tepat serta sehat. Ketumbar adalah bahan herbal untuk membantu mengurangi konsumsi obat-obatan ketika sakit.

5. Menetralisir Kelebihan Gula Darah
Insulin adalah hormon yang dapat menstabilkan kelebihan gula darah. Dengan mengkonsumsi ketumbar secara teratur maka kelenjar pankreas yang memproduksi hormon insulin akan bisa bekerja lebih optimal. Jadi, kadar glukosa bisa ditekan untuk menyembuhkan kondisi hiperglikemia.

6. Mencegah Penyakit Akibat Alergi
Ketika ketumbar diolah menjadi minyak, maka masalah alergi yang kerap menyerang akan berkurang. Mengapa demikian? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Organicfact, ketumbar memiliki kandungan kompleks untuk memerangi penyakit akibat alergi seperti gatal maupun iritasi.

7. Mengatasi Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan yang menyerang seseorang pada umumnya diakibatkan oleh infeksi di sekitar mulut. Tidak hanya di mulut, karena terjadi infeksi maka bagian tenggorokan pun akhirnya ikut terserang. Untuk mengatasinya, maka konsumsilah banyak ketumbar sangrai yang dapat menimbulkan efek hangat.

Baca:  Beberapa Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

8. Menstabilkan Tekanan Darah
Masalah tekanan darah tinggi memang bisa menyebabkan aneka penyakit degeneratif. Oleh karena itu, jika mempunyai kecenderungan ini maka tekanan darah harus selalu distabilkan. Dengan kandungan ketumbar yang memiliki asam klorogenik dan antioksidan maka endapan kolesterol maka kesehatan seorang penderita hipertensi bisa lebih terjamin.

9. Menyembuhkan Diare
Berdasarkan penelitian ilmiah yang dipublikasikan dalam International Journal of Ethnobotanical Research di tahun 2009, ditemukan fakta bahwa diare bisa sembuh karena kandungan acrobacterial serta anti fungal. Dua kandungan ini terdapat di olahan makanan yang terbuat dari ketumbar.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah masalah yang bisa menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. Karena bahayanya sangat tinggi, maka berbagai penelitian untuk menurunkan kadarnya dalam tubuh pun dilakukan. Berdasarkan riset berjudul Journal of Environmental Biology tahun 2006 yang mengangkat tema The Cholesterol Lowering Property of Coriander Seeds Mechanism of Action maka ditemukan fakta bahwa ketumbar merupakan jawaban tepat untuk memaksimalkan penurunan kadar lemak jahat dalam tubuh.

Baca:  Kenali 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

11. Menyembuhkan Luka
Karena bisa memerangi bakteri serta jamur patogen, maka jika memiliki luka terbuka maka seseorang bisa mengkonsumsi ketumbar. Tidak hanya dimakan, tetapi ketumbar bubuk yang dibubuhkan pada luka juga cukup membantu mempercepat proses penyembuhan dengan mengeringkannya.

Related Post

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Dono... Donor darah menjadi kegiatan amal yang bisa kita lakukan untuk menolong orang yang sedang membutuhkan. Biasanya kita mendonorkan darah tiga bulan seka...
8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Sering kita temukan ibu hamil mengkonsumsi daun katuk untuk memperlanjar produksi ASI, hal ini dikarenakan daun katuk memiliki senyawa minyak esensial...
8 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Anda Buah kurma yang disunnahkan oleh Nabi untuk kita makan merupakan tanaman palma atau areacaceae. Buah kurma yang berwarna coklat terang sampai coklat g...
9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecant... Minyak zaitun adalah sebuah cairan yang dihasilkan oleh buah zaitun atau olive. Sebagai salah satu ramuan herbal yang kerap digunakan sebagai obat-oba...
Beberapa Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubu... Persea americana atau buah alpukat, selain nikmat juga memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yang paling ...
Beberapa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Ca... Siapa yang suka buah sirsak? Rasa buah ini sedikit asam dengan daging buah yang kenyal, tetapi sangat menyegarkan bagi tubuh. Dan sekarang sudah tidak...
10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Ini Wajib Diketah... Bagi orang Indonesia, kunyit adalah salah satu jenis bumbu yang sangat familiar. Keberadaan kunyit pada makanan-makanan khas memang sangat kental kare...
Inilah 6 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Kolang kaling merupakan nama dari buah yang sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia terutama pada saat bulan Ramadhan. Pohonnya biasa disebut dengan...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *