fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Awas! 8 Bahaya Tidur Mendengkur Bagi Kesehatan Kita

Semua orang memiliki kebiasaan tersendiri ketika tidur. Salah satunya adalah mendengkur. Mendengkur memang sangat mengganggu karena suaranya bisa jadi keras dan terus-menerus. Namun, dibalik suaranya yang mengganggu, tidur dalam kondisi mendengkur ternyata menyebabkan 8 risiko berikut ini bagi kesehatan yang tidak bisa diremehkan.

1. Hipertensi
Sleep apnea atau mendengkur dianalisis sebagai penyebab hipertensi, meskipun ada juga faktor-faktor lain. Mendengkur dapat dikategorikan sebagai gaya hidup yang tidak sehat karena seseorang tanpa masalah tidak mungkin tiba-tiba mendengkur.

Jika orang terdekat ada yang mendengkur, maka semakin parah dengkurannya maka kemungkinan tekanan darahnya pun semakin tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa hipertensi adalah awal hampir semua penyakit degeneratif. Oleh karena itu mendengkur tidak bisa dianggap remeh sebagai kebiasaan yang wajar.

2. Penyakit Jantung
Mendengkur ternyata tidak hanya menyebabkan hipertensi, tetapi juga denyut nadi tidak teratur. Tidak teraturnya denyut nadi dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan jantung seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur tidak sama bentuknya dengan ketika kondisinya normal tanpa gangguan tidur.

Baca:  5 Efek Buruk Penggunaan Susu Kental Manis Bagi Kesehatan

Pada bagian jantung seorang yang mengalami masalah dengan dengkuran, ada penebalan pada sisi dinding salah satu bagian. Sedangkan bagian lainnya tetap. Hal ini akan mempengaruhi kekuatan pompa jantung dan lama-kelamaan bisa memicu kematian.

3. Obesitas
Terutama pada ras kulit putih, masalah sleep apnea ini dapat memicu kenaikan badan secara drastis. Mengapa demikian? Hal ini dipengaruhi oleh hormon yang berubah dan membuat nafsu makan bertambah. Dari nafsu makan yang bertambah inilah muncul kelebihan berat badan dan lama-lama menjadi obesitas.

4. Diabetes
Sleep apnea juga menjadikan gangguan terhadap metabolisme tubuh yang menyebabkan intoleransi terhadap glukosa. Masalah lainnya juga bisa membuatnya resisten pada insulin. Diabetes sendiri dibedakan menjadi dua macam, salah satunya adalah ketika badan manusia sudah tidak dapat lagi memanfaatkan insulin dengan maksimal.

5. Stroke
Orang yang mendengkur ketika tidur bisa meningkatkan kekentalan darah. Tentunya hal ini bisa menjadikan risiko terkena penyakit stroke menjadi lebih tinggi. Penyakit stroke sendiri merupakan pembunuh nomor 3 di Amerika Serikat pada tahun 2005. Bagi setiap orang hendaknya melakukan pola hidup sehat agar tidak sampai terjangkit masalah yang satu ini.

Baca:  Beberapa Manfaat Bekam Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

6. Kerusakan Otak
Penderita sleep apnea akan mengalami kerusakan otak yang bersifat permanen. Hal ini dapat dilihat berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 memberikan informasi bahwa pada pencitraan otak terdapat kerusakan pada bagian tertentu. Diantaranya adalah control ingatan, emosi dan juga tekanan darah.

7. Depresi
Pada orang yang mengalami masalah dengan sleep apnea maka biasanya akan meningkatkan resiko depresi. Penderita tidur mendengkur ringan pun juga mempunyai kemungkinan terkena masalah ini. Peningkatan depresi yang dialami oleh seseorang akan menyebabkan keparahan henti nafas pada seseorang.

8. Kematian
Resiko kematian untuk orang yang mengalami tidur dengan mendengkur lebih tinggi daripada mereka tanpa mendengkur. Hal ini dibuktikan dengan dua penelitian yang dilakukan pada tahun 2008. Berbagai hal yang mungkin mempengaruhi diantaranya adalah risiko mengalami gangguan untuk henti nafas secara parah.

Penderita sleep apnea ini juga berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam mengendarai kendaraan bermotor. Di Inggris akan dilakukan penahan sementara terhadap SIM bagi mereka dengan gangguan ini hingga proses perawatan yang dilakukan telah selesai.

Baca:  6 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Hal ini juga disebabkan oleh faktor ini yang juga dapat memberikan pengaruh pada terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pemeriksaan bisa dilakukan pada laboratorium untuk membedakan mana orang yang menderita gangguan ini dan tidak.

Related Post

Penting! 5 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan y... Siapa yang tidak kenal buah Semangka? Buah bundar yang satu ini memang menjadi salah satu buah yang paling banyak diminati oleh semua orang. Selain ka...
5 Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Sehat Anda pastinya tahu ungkapan ini: “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Ini memang betul dan sangatlah mutlak dalam segala hal. Kesehatan merupakan...
7 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tahukah anda bahwa ada banyak manfaat dari si buah kuning ikonik ini? Di samping rasanya yang manis-asam segar, anda bisa merasakan berbagai benefit d...
5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Dono... Donor darah menjadi kegiatan amal yang bisa kita lakukan untuk menolong orang yang sedang membutuhkan. Biasanya kita mendonorkan darah tiga bulan seka...
Penting! Ini 7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Ti... Siapa yang tak tahu kopi? Minuman favorit di kalangan semua orang, dari wanita sampai pria, dari remaja sampai orang tua. Walaupun sudah banyak yang m...
8 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Anda Buah kurma yang disunnahkan oleh Nabi untuk kita makan merupakan tanaman palma atau areacaceae. Buah kurma yang berwarna coklat terang sampai coklat g...
Ayo, Kenali Beberapa Manfaat Cengkeh Bagi Kesehata... Tahukah anda cengkeh? Cengkeh atau yang bisa juga disebutkan dengan nama cengkih adalah tangkai bunga kering beraroma dari pohon Myrtaceae. Cengkih ad...
3 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Ada yang tahu daun kelor? Orang zaman dulu sering mengidentikkan tanaman kelor ini sebagai tanaman mistik. Dari kepercayaan nenek moyang yang terus be...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *