fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

10 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan yang Perlu Dicatat

Kayu secang adalah tanaman obat yang juga sering dibuat campuran masakan. Selain rasanya yang enak, kayu secang juga mempunyai aroma khas yang membuat banyak orang suka menggunakannya. Namun dibalik rasa yang legit, siapa sangka ada manfaat yang jarang diketahui. Berikut ini adalah 10 manfaat kayu secang untuk kesehatan yang perlu dicatat.

1. Mengatasi Pembengkakan
Pembengkakan adalah suatu gejala yang muncul akibat pembuluh darah pecah. Kayu secang yang mempunyai kandungan Tanin mempunyai kemampuan untuk mengatasi pembengkakan. Bagaimana caranya? Secara sederhana, pembuluh darah dinetralkan kondisinya sehingga normal dan pembengkakan berangsur membaik.

2. Memberhentikan Muntah Darah
Tanaman secang yang berasal dari Kingdom Plantae dan Divisi Angiospermae ini bisa dibuat teh dengan cara direbus. Jika tehnya diminum orang yang habis muntah darah, maka secara berangsur kondisinya bisa membaik. Kandungan senyawa kompleks untuk menghentikan pendarahan akan membantu kondisi peminumnya menjadi lebih stabil.

3. Mengobati Batuk
Kandungan Flavonoid yang terdapat pada air rebusan kayu secang akan bisa membantu mengobati batuk atau penyakit lainnya yang mempunyai gejala batuk. Hal ini disebabkan oleh proses penekanan jumlah bakteri dari kandungan Flavonoid yang bersifat anti bakteri. Karena rata-rata gejala batuk pada sebuah penyakit disebabkan oleh bakteri, maka meminum teh kayu secang sangat penting untuk mengobatinya.

Baca:  9 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

4. Mempercepat Penyembuhan Luka
Dengan sifat kayu secang yang bisa membantu mengurangi pendarahan, maka proses penyembuhan luka pun bisa dimaksimalkan. Caranya adalah dengan menghaluskan kayu secang dengan sedikit air lalu dibalurkan ke seluruh bagian luka sampai mengering.

5. Mengatasi Diare
Masalah diare sering dialami oleh seseorang karena salah makan atau kontaminasi bakteri. Dengan meminum air teh dengan campuran kayu secang, maka ada 2 manfaat yang bisa diperoleh. Pertama, kandungan Taninnya bisa membunuh bakteri yang mengkontaminasi organ pencernaan. Kedua, senyawa kompleksnya juga dapat memperbaiki bagian dinding usus yang mengalami masalah dan menjadi penyebab diare.

6. Bersifat Anti Bakteri
Banyak masalah kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri. Dengan mengkonsumsi masakan dicampur bubuk kayu secang, maka sifat anti bakteri dari tanaman ini bisa semakin maksimal diperoleh.

7. Menetralkan Kadar Toksin dalam Darah
Polifenol yang ada dalam kayu secang akan bisa membantu menetralkan kadar toksin dalam darah. Perlu diketahui bahwa masalah penyakit di organ penting manusia rata-rata berasal dari kotornya darah. Oleh karena itu minum teh kayu secang secara rutin sesuai dosisnya akan bisa membersihkan darah dan mengurangi resiko penyakit degeneratif.

Baca:  Penting! 7 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

8. Memperlambat Pertumbuhan Tumor
Senyawa kompleks yang terkandung dalam kayu secang akan bisa memperlambat pertumbuhan tumor. Salah satu kondisi fisik yang diperlihatkan ketika seseorang mengalami tumor adalah pembengkakan kelenjar. Maka, dengan menggunakan ramuan kayu secang proses ini bisa dihambat.

9. Menstabilkan Kondisi Fisik Pasien TBC
Pasien TBC biasanya mengalami radang pada bagian saluran pernapasan. Belum lagi jika TBC nya sudah menyebar. Dengan mengkonsumsi rebusan air kayu secang, para pasien TBC yang sudah meminum obat secara rutin bisa mengurangi jumlah batuknya. Jadi, organ pernapasan pun bisa lebih sehat dan stabil.

10. Meningkatkan Imunitas Dalam Tubuh
Flavonoid dalam kayu secang mampu membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh. Bagaimana cara kerjanya? Jika seseorang makan buah atau sayur yang mengandung vitamin C, maka penyerapannya akan bisa lebih maksimal dengan menggunakan Flavonoid ini.

Itulah keunggulan mengkonsumsi ramuan teh kayu secang, apalagi jika ditambah perasan lemon. Tidak hanya bisa dikonsumsi dalam kondisi panas, tetapi ramuan ini juga bisa diminum dengan tambahan es atau madu.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *