fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Ini Dia 6 Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah Anda mendengar tentang nama Bekatul? Banyak sekali orang yang ternyata tidak mengetahui apa itu bekatul. Bekatul adalah lapisan kulit yang ada di bagian dalam beras. Bekatul inilah yang membungkus bagian butiran beras. Warnanya biasanya kuning keemasan. Ada juga yang mengungkapkan pendapat bahwa sebenarnya bekatul itu adalah kulit ari dari padi. Biasanya orang akan membuang bagian bekatul ini karena dianggap tidak berguna dan hanya menambah sampah rumah tangga. Namun, siapa sangka ternyata ada banyak sekali manfaat bekatul untuk tubuh, terutama untuk kesehatan. Sebelum membahas tentang manfaat bekatul untuk tubuh, tentunya Anda juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis bekatul yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali jenis-jenis bekatul. Jenis-jenis bekatul ini tergantung dari beras apa yang dilindungi. Misalnya saja beras merah, maka otomatis bekatulnya juga akan berwarna merah dan sejenisnya. Bekatul tidak hanya berasal dari beras saja, melainkan juga bisa dari sejenis gandum dan yang lainnya. Gandum yang memiliki bekatul biasa disebut dengan gandum utuh. Namun gandum yang tidak memiliki bekatul adalah tepung terigu.

Manfaat yang diberikan oleh bekatul beras merah dan bekatul beras putih tentunya berbeda. Dari segi gizi, kandungan gizi bekatul beras merah lebih banyak dan lebih komplit dibandingkan dengan bekatul beras putih. Jadi, ada baiknya untuk mengkonsumsi bekatul beras merah saja dibandingkan bekatul beras putih. Sesudah mengetahui berbagai macam jenis bekatul, ada baiknya langsung membahas tentang apa saja manfaat bekatul untuk kesehatan. Berikut ini adalah 6 manfaat bekatul untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga kesehatan jantung
Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Jantung juga menjadi organ yang tidak berhenti bekerja. Menjaga kesehatan jantung tentunya sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa kandungan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap terjaga. Misalnya saja kandungan vitamin B15. Kandungan vitamin B15 ini ada pada bekatul. Fungsi dari vitamin B15 ini adalah untuk menjaga metabolisme otot jantung agar jantung menjadi lebih kuat staminanya dan bisa tetap melakukan tugasnya dengan baik. Tidak hanya vitamin B15 saja yang ada dalam bekatul, zat-zat lainnya ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Tentunya kita tidak ingin merasakan sakit jantung di usia muda bukan?

2. Mencegah adanya penyakit kencing manis
Manfaat kedua yang bisa Anda dapatkan dari rutin mengkonsumsi bekatul adalah untuk mencegah munculnya penyakit kencing manis. Kandungan dalam bekatul yakni oryzanol, tokoferol dan juga asam ferulat yang ada di dalam bekatul mampu untuk mencegah kencing manis. Kencing manis adalah salah satu penyakit yang sangat dihindari karena akan menyiksa para penderitanya. Pantang makanan dan minuman akan menanti orang-orang yang mengalami kencing manis. Konsumsilah bekatul setiap harinya agar bisa mengurangi resiko terkena penyakit kencing manis ini.

3. Menurunkan resiko penyakit kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang saat ini masih sangat sulit disembuhkan dan masih belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkannya. Semua orang memiliki sel kanker yang tumbuh di dalam dirinya, tergantung apakah sel tersebut bergerak dengan ganas dan berkembangbiak secara berlebihan atau tidak. Namun, Anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit ini dengan rajin mengkonsumsi bekatul. Bekatul memiliki banyak komposisi zat gizi yang memiliki fungsi untuk menurunkan terjadinya resiko penyakit kanker. Contoh dari kandungan tersebut adalah vitamin E, Orizanol dan juga lemak jenuh. Anda tidak akan bisa menemukan jenis kandungan zat gizi seperti yang ada di dalam bekatul ini.

4. Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi
Fungsi yang keempat ini nampaknya cocok untuk anak-anak. Anak-anak akan mengalami pertumbuhan gigi dan juga tulang. Rutin memberikan bekatul kepada anak-anak akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Ada banyak sekali mineral seperti kalsium dan magnesium yang ada dalam bekatul. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kalsium dan magnesium sangat bagus untuk tulang dan gigi. Mungkin pada awalnya anak-anak tidak akan menyukainya, namun mengubah bekatul menjadi olahan yang menyenangkan juga akan berpengaruh.

5. Meningkatkan fungsi syaraf
Ada banyak sekali syaraf yang ada di dalam tubuh. Syaraf-syaraf tersebut tentunya saling berhubungan satu sama lain. Jika ada satu yang rusak, maka akan mempengaruhi kinerja dari syaraf yang lain. Bekatul ini bisa membantu meningkatkan fungsi syaraf. Selain untuk meningkatkan fungsi syaraf, kandungan vitamin B kompleks yang ada dalam bekatul juga bisa membantu masuknya pasokan oksigen dalam otak. Jika otak memiliki pasokan oksigen yang cukup, Anda akan tidak gampang mengantuk dan lebih fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Meningkatkan pertumbuhan jaringan
Kandungan protein yang ada di dalam bekatul akan membantu pertumbuhan jaringan yang ada di dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui bersama, fungsi jaringan bisa dipelihara dengan baik jika menggunakan kadar protein yang banyak. Di dalam bekatul juga ada zat gizi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan.

Itu dia 6 manfaat dari bekatul untuk kesehatan. Tentunya Anda tidak bisa langsung mendapatkan manfaat ini, harus dikonsumsi secara rutin agar bisa menimbulkan hasil yang maksimal. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting, karena kesehatan mahal harganya. Mari kita menghargai kesehatan selagi masih memilikinya. Syukuri apa saja yang sudah terjadi dalam hidup sehingga tidak mudah mengeluh dan menyerah. Semangat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *