fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Buah pepaya adalah salah satu buah tropis yang mudah dijumpai di Indonesia. Banyak sekali penjual buah yang menjual buah pepaya di pasar maupun supermarket. Meskipun tampilannya biasa saja, ternyata buah pepaya memiliki kandungan yang luar biasa untuk tubuh. Ada banyak sekali manfaat yang diberikan, salah satunya di bidang kesehatan. Untuk mengetahui informasi ini lebih lanjut, berikut ini adalah 10 macam manfaat yang bisa Anda dapatkan bila rutin mengkonsumsi buah pepaya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membantu mata agar tetap sehat
Mata kadang mengalami masalah kesehatan dikarenakan adanya degenerasi makula. Zeaxanthin, salah satu zat yang ada di dalam pepaya mampu untuk melakukan penyaringan terhadap sinar biru yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Zat ini juga mampu untuk mencegah terjadinya degenerasi makula. Rutin mengkonsumsi pepaya akan membuat mata Anda tetap terjaga kesehatannya.

2. Mencegah adanya peradangan
Ada banyak sekali hal yang bisa memicu terjadinya peradangan. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya peradangan? Salah satu zat tersebut adalah Kolin. Kolin ini bisa berfungsi untuk membantu tubuh melakukan aktivitas sehari-hari, mempertahankan struktur membran sel dan juga membantu mengurangi atau mencegah peradangan yang sudah kronis. Tidak hanya itu saja, Kolin juga mampu membantu proses penyerapan lemak agar tidak tertimbun terlalu banyak di dalam tubuh. Tentunya Anda tidak ingin terkena peradangan bukan?

Baca:  Inilah 10 Manfaat Buah Tin Sebagai Obat Keluarga

3. Mengurangi dan mencegah diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan oleh banyak faktor. Mulai dari faktor keturunan sampai faktor pola makan. Ternyata buah pepaya juga bisa digunakan untuk mengurangi dan juga mencegah diabetes loh. Mengkonsumsi pepaya akan mampu untuk memenuhi 3 gram serat. Serat ini juga setara dengan 17 gram, karbohidrat. Jika dikonsumsi rutin, pepaya mampu untuk mengurangi diabetes tipe 1 dan tipe 2.

4. Menyehatkan tulang
Untuk Anda yang mungkin baru saja mengalami patah tulang dan membutuhkan nutrisi pendukung pertumbuhan tulang, maka pepaya adalah jawabannya. Pepaya memiliki asupan vitamin K yang cukup tinggi. Fungsi dari vitamin K ini adalah meningkatkan penyerapan kalsium dan juga mampu untk mengurangi ekskresi kalsium urine. Jika kalsium urine berkurang, maka kandungan kalsium yang ada di dalam tubuh juga akan semakin banyak. Vitamin inilah yang mampu untuk memperkuat kembali tulang.

5. Mencegah terjadinya asma
Sama seperti diabetes, asma bisa ditimbulkan oleh banyak hal seperti keturunan dan life style. Nutrisi yang Anda butuhkan jika ingin mengurangi resiko asma adalah beta karoten. Kandungan dari beta karoten ini ternyata ada banyak di dalam buah sejenis pepaya, aprikot, wortel dan juga melon. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencegah munculnya penyakit asma di dalam tubuh, perbanyaklah konsumsi pepaya setiap harinya.

Baca:  8 Tips Atasi Rambut Bercabang

6. Mencegah penyakit jantung
Dengan begitu banyaknya nutrisi di dalam buah pepaya, ternyata mampu juga untuk mencegah adanya penyakit jantung seperti serangan jantung dan yang lainnya. Kandungan vitamin C yang tinggi dicampur dengan likopen yang ada di dalam pepaya ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk menguatkan jantung. Konsumsi pepaya secara rutin setiap harinya untuk menjaga kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

7. Menyuburkan rambut
Siapa yang tidak menginginkan rambut yang sehat dan juga subur? Semua orang mendambakan hal tersebut. Kandungan zat yang ada di dalam pepaya bisa membantu untuk menyuburkan rambut. Selain itu, pepaya ternyata juga bisa menjadikan kuku jari lebih kuat dan tidak mudah untuk patah. Sering sekali kita merasa kesakitan karena kuku jari yang tiba-tiba saja patah tanpa alasan yang pasti.

8. Menjadi anti parasit
Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa hanya buahnya pepaya yang berguna, anggapan tersebut ternyata salah besar. Masih ada beberapa bagian dari pepaya yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi kesehatan. Bagian tersebut adalah akar dan biji pepaya. Mungkin sudah sering kita mendengar teh yang terbuat dari akar dan biji pepaya. Teh ini ternyata mampu untuk mengusir parasit yang ada di dalam tubuh, mengurangi pendarahan dan juga membantu proses penyembuhan penyakit kuning. Jika tidak suka dengan olahan teh biji pepaya, Anda juga bisa mengeringkan biji pepaya lalu mengkonsumsinya. Beberapa studi sudah mengatakan bahwa hal tersebut aman untuk dilakukan.

Baca:  Inilah 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

9. Mencegah adanya kanker dan juga tumor
Kali ini yang bisa dimanfaatkan dan berguna untuk tubuh adalah bagian daunnya. Daun pepaya ternyata memiliki khasiat untuk mengendalikan sel kanker. Sel kanker memang ada dalam tiap tubuh manusia, namun kandungan dalam daun pepaya mampu digunakan untuk mengendalikan sel tersebut agar tidak berkembang secara berlebihan dan menimbulkan penyakit.

10. Mengurangi berat badan
Pepaya adalah salah satu buah yang dipercaya bisa membantu proses diet. Pepaya yang berukuran 5 inchi memiliki total kalori sebesar 119 kalori. Anda bisa memakan buah pepaya di sela-sela program diet sebagai pengganti snack. Hal ini tidak akan mengganggu proses atau program diet yang Anda lakukan.

Itu dia 10 manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh. Kesehatan adalah hal yang mahal harganya. Kita harus bisa menjaga kesehatan selagi masih mampu. Apalagi menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan mudah seperti rutin mengkonsumsi buah pepaya. Dengan mengkonsumsi pepaya, tubuh akan menjadi sehat dan bahkan bisa membantu penurunan berat badan. Selamat mencoba untuk rajin memakan buah pepaya.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *