fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 0877-4224-9575 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Awas! 11 Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker

1. Kentang Goreng
Siapa sangka, dibalik lezatnya french fries ala restoran cepat saji tersimpan kandungan akrilamida yang sangat tinggi. Akrilamida sendiri adalah zat karsinogenik yang timbul akibat makanan diolah dalam suhu terlalu tinggi.

Karsinogenik merupakan senyawa penyebab kanker atau mutasi sel-sel dalam tubuh menjadi berbahaya. Jika ingin terhindar dari kanker maka lakukan pengolahan secara sehat dengan mengukus atau merebusnya.

2. Alkohol
Sudah bukan rahasia lagi bahwa alkohol sangat mudah memicu kanker atau penyakit lainnya. Resiko terkena kanker payudara yang dialami wanita pecandu alkohol lebih tinggi dibandingkan yang tidak kecanduan atau bahkan tidak pernah meminumnya.

3. Makanan yang Diasamkan atau Asin
Metode mengasinkan makanan atau mengasamkannya memang sudah dilakukan sejak dulu. Namun, mengkonsumsi makanan tidak segar memang mengundang konsekuensi tertentu seperti resiko kanker perut dan bagian kolorektal. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam terlalu tinggi serta garam yang kurang bersahabat bagi tubuh manusia.

4. Makanan Kalengan
Meskipun namanya sayur, tetapi jika sudah dikemas dalam kaleng tentunya tidak bisa disebut sehat. Karena kandungan gizinya sudah banyak berkurang akibat proses pengalengan. Selain itu, pengawet buatan juga menjadi salah satu penyebab rentannya konsumen makanan kaleng menjadi seorang penderita kanker.

Baca:  Awas! 8 Bahaya Tidur Mendengkur Bagi Kesehatan Kita

5. Daging Merah
Meskipun sehat jika dimakan dalam jumlah secukupnya, tetapi terlalu banyak mengkonsumsi daging merah ternyata juga tidak baik. Bahkan akibatnya cukup beresiko karena menyebabkan kanker pada bagian pencernaan. Karena itu, batasi konsumsi daging merah hingga beberapa gram saja setiap makan dan jangan membuat menu serba daging setiap hari.

6. Soda
Selain mengandung banyak gula yang menyebabkan penyakit diabetes melitus, soda juga menyebabkan tubuh semakin mudah terserang kanker. Gula adalah makanan sel-sel kanker yang membuatnya mudah bermutasi menjadi lebih ganas. Hal inilah yang membuat konsumsi soda harus benar-benar ditekan.

7. Daging Olahan
Sosis adalah salah satu jenis olahan daging yang praktis dan nikmat. Bahkan saat ini banyak juga sosis atau daging burger dan beberapa olahan lain yang siap makan. Tidak bisa dipungkiri bahwa daging olahan mengandung banyak pengawet makanan sehingga kurang baik untuk kesehatan. Bahkan kandungannya bisa menyebabkan sel-sel kanker semakin berkembang.

8. Popcorn Microwave
Mengapa olahan jagung manis yang satu ini bisa memicu kanker? Berdasarkan penelitian, bahan kimia yang digunakan untuk melapisi popcorn supaya tetap enak dan tidak berubah rasa justru membuat makanan ini berbahaya. Tidak tanggung-tanggung, popcorn yang diolah dengan microwave bisa menyebabkan kemandulan, kanker hati, dan kerusakan organ reproduksi serta pankreas.

Baca:  8 Tips Atasi Rambut Bercabang

9. Gula Halus
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gula adalah makanan yang sangat bisa membuat sel-sel kanker dalam tubuh berkembang. Oleh karena itu, hindari konsumsi gula maupun olahannya seperti kue kering, permen, donat, dan sebagainya karena jumlah kalori dalam makanan tersebut sangat banyak.

10. Buah dan Sayur Berpestisida
Pestisida adalah sebuah cairan yang dipakai untuk membunuh hama. Tanpa adanya pestisida, tanaman sayur dan buah bisa terkena ulat maupun serangga. Namun, penggunaan pestisida yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah.

Berdasarkan penelitian, 90 buah dan sayuran yang disemprot pestisida masih mengandung residunya. Hal ini tentu cukup membuat cemas manakala fakta lain tentang pestisida terbongkar: ternyata pencucian tidak sepenuhnya bisa membuang residu tersebut. Jadi pastikan untuk selalu mengupas buah dalam jangkauan yang agak tebal.

11. Ikan dari Kolam
Kolam ikan yang banyak mengandung kutu laut lebih punya 30 kali lipat patogen ini. Berbeda dengan ikan dari laut, kolam memang memberikan banyak kerugian bagi kesehatan ikan meskipun cara memperolehnya sangat mudah.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *