fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Penting! Ini Dia 10 Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Jintan hitam atau yang lebih sering dikenal sebagai Habbatussauda (Nigella sativa) merupakan rempah-rempah yang lebih sering di gunakan untuk memasak. Jintan hitam ini memiliki biji berwarna hitam yang beraroma khusus. Banyak digunakan sebagai tanaman obat di Timur tengah hingga India. Apa saja keistimewaan si kecil hitam ini untuk kesehatan? Yuk simak ulasannya!

1. Anti Bakterial
Manfaat pertama yang bisa diambil dari jintan hitam adalah sifat anti bakterinya. Jintan hitam mampu melawan bakteri pathogen dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan bakteri resisten terhadap tumbuhan ini. Contoh bakteri yang bisa dilawan oleh jintan hitam adalah Staphyllococcus aureus yang merupakan bakteri penyebab penyakit berbahaya seperti meningitis (radang selaput otak), pneumonia, jerawat atau bisul.

Bakteri seperti Heliobacter pylori yang bersemayam pada lambung dan menyebabkan keluhan pencernaan bisa dilawan dengan mengkonsumsi jintan hitam. Karena sifat antibakterialnya ini, sekarang banyak produk pencuci piring yang menggunakan campuran jintan hitam untuk formula produknya.

2. Antioksidan
Siapa yang tak kenal dengan manfaat Antioksidan dalam tubuh manusia? Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti asap kendaraan, gorengan, makanan yang dibakar dan masih banyak penyebab lainnya. Radikal bebas ini bisa memicu terjadinya kanker.

Salah satu bahan herbal yang sangat berguna untuk menangkal radikall bebas adalah jintan hitam. Kandungan antioksidannya yang tinggi memungkinkan jintan hitam untuk terapi penyakit dan penangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam jintan hitam antara lain saponin, alkaloid, timokuinon, dan karvakol.

3. Mengatasi Obesitas
Jintan hitam sangat besar manfaatnya terutama untuk obat diet. Anda tidak perlu diet mati-matian untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Berdasarkan penelitian yang di muat di jurnal Food and Function, menyatakan bahwa orang obesitas yang mengkonsumsi jintan hitam selama 8 minggu terbukti dapat mengecilkan lingkar pinggang dan menurunkan berat badan secara optimal.

Untuk perawatan obesitas yang digunakan adalah minyak dari jintan hitam. Karena keefektifan dari minyak sangat tinggi. Minyak jintan hitam yang murni mengandung banyak senyawa dan bahan aktif yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal penyakit serius.

4. Terapi Kanker
Jintan hitam yang mengandung Antioksidan seperti timokuinon, alkaloid, saponin bisa digunakan sebagai terapi kanker dan untuk melenyapkan tumor ganas dalam tubuh. Timokuinon dalam jintan hitam diketahui sebagai bahan aktif yang bisa mengurangi ekspresi sel kanker yang membelah tak terkontrol.

Terapi kanker biasanya dilakukan dengan menggunakan kemoterapi yang harganya sangat mahal. Tak semua penderita kanker bisa melakukan kemoterapi. Ini merupakan alternative untuk terapi kanker yang murah, sehat dan mudah untuk didapatkan.

5. Mengobati Kolesterol
Kolesterol bisa disebabkan karena meningkatnya lemak LDL dalam darah. Kolestrol naik dipicu dari makanan seperti seafood, makanan berlemak tinggi. Untuk menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah bisa digunakan jintan hitam.

Selain menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), jintan hitam juga bisa untuk meningkatkan kadar HDL (kolestrol baik) dalam darah. Anda bisa menggunakan minyak jintan hitam dalam pengobatan kolesterol Anda karena efeknya lebih cepat dibandingkan dengan biji jintan hitam.

6. Pengontrol Gula Darah
Penderita diabetes mellitus yang sangat menyiksa itu tak perlu pusing lagi mencari obatnya. Jintan hitam diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dan resistensi insulin. Selain sebagai obat, jintan hitam juga perlu Anda konsumsi. Ini untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh Anda.

7. Mengobati Asma
Bagi Anda yang mengidap penyakit asma, tidak ada salahnya mencoba untuk mengkonsumsi jintan hitam sebagai obat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, jintan hitam diketahui dapat meringankan asma dan gejala lainnya seperti mengi. Jintan hitam tidak menunjukkan efek yang signifikan seperti obat asma lainnya.

Penggunaan jintan hitam sebagai terapi tidak membuat ketergantungan seperti obat kimia juga tidak menyebabkan bakteri dan virus menjadi resisten terhadap obat therapy. Herbal ini sangat aman dikonsumsi baik anak-anak hingga dewasa. Selain itu jintan hitam ini bisa meningkatkan paru-paru sehingga bekerja lebih maksimal.

8. Anti Inflamasi (Anti peradangan)
Kandungan aktif jintan hitam memiliki sifat anti inflamasi. Telah terbukti pada salah satu penelitian bahwa adanya penurunan gejala rheumatoid atrithis atau biasa disebut dengan rematik. Setelah diberikan perlakuan pemberian minyak jintan hitam selama 8 minggu kepada 42 orang penderita.

9. Menjaga Fungsi Organ
Selain memaksimalkan fungsi organ paru-paru seperti yang telah dibahas. Ternyata jintan hitam juga bisa mendukung pemaksimalan fungsi organ lain seperti hati. Hati merupakan organ yang berfungsi untuk mendetoks racun-racun dalam tubuh dan bekerjasama dengan getah empedu. Kerusakan hati sangatlah berbahaya karena bisa berimbas pada organ lainnya.

Kerusakan hati dapat diminimalkan dengan pemberian minyak jintan hitam yang setelah diteliti dapat mengurangi toxic dalam hati. Fungsi ini berkaitan dengan fungsi jintan hitam sebagai antiinflamasi dan antioksidan, semua kerjanya saling berkesinambungan.

10. Menjaga Kehangatan di Ranjang
Selain menjaga kesehatan tubuh, jintan hitam juga bisa digunakan untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Mengapa? Selain dapat menjaga imunitas dan kesehatan Tubuh ternyata jintan hitam bisa digunakan untuk meningkatkan libido pada pria. Jintan hitam diketahui mengandung zinc yang memicu aktifnya hormon testosterone.

Hormon testosterone yang awalnya merupakan kolesterol ini diubah menjadi testosterone yang aktif dengan cara membakar kolesterol dan berolahraga. Efek dari pembakaran kolesterol ini adalah testosterone yang aktif. JIntan hitam berfungsi sebagai pemicu perubahan kolesterol menjadi testosterone yang aktif. Jika testosterone aktif libido pria menjadi meningkat dan mampu memuaskan pasangannya di ranjang sekalipun. Hubungan suami istri tetap harmonis.

Beberapa ulasan tentang manfaat jintan hitam di atas bisa Anda jadikan informasi untuk memilih obat herbal. Jangan remehkan si kecil jintan hitam karena meskipun kecil, sangat besar manfaatnya.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *