fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 8 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh Kita

Biji-bijian seperti kacang-kacangan, kedelai dan lain sebagainya memiliki manfaat buat kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. Selain sebagai salah satu sumber serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, ada lagi manfaat yang terdapat pada biji-bijian. Misalnya saja pada biji selasih. Semua pasti tahu apa itu biji selasih. Biji kecil yang mirip basil ini memiliki selaput kenyal yang memiliki beragam manfaat. Jika direndam dalam air, bentuknya menyerupai telur katak. Jangan merasa jijik, karena pada kenyataannya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari biji selasih tersebut. apa saja manfaat biji selasih untuk kesehatan? Simaklah yang berikut ini.

1. Mengontrol Berat Badan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biji selasih merupakan salah satu biji-bijian yang kaya serat pangan. Dengan kandungan serat pangan ini, perut akan merasa kenyang lebih lama. Nah, efek ini akan membuat berat badan lebih terkontrol. Bagi Anda yang mau menjalankan diet maka jadikan biji selasih ke dalam menu. Bukan hanya itu saja, asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam biji selasih juga mampu mempercepat pembakaran lemak dan melancarkan metabolisme tubuh. Sehingga, berat badan dapat dikontrol dengan lebih baik.

2. Mendinginkan tubuh
Biji selasih memang kerapkali digunakan dalam bahan campuran minuman dingin. Bukan hanya untuk membuat penampilan minuman semakin menarik, melainkan juga biji selasih memiliki manfaat untuk mendinginkan suhu tubuh. Sehingga tubuh akan merasa nyaman dan dingin. Biji selasih adalah pereda panas di tenggorokan dan pereda demam yang baik karena pada biji selasih terkandung coolant. Coolant merupakan kandungan dalam biji selasih yang membantu mendinginkan suhu dalam tubuh.

Baca:  Lakukanlah 5 Tips ini untuk Menurunkan Berat Badan Anda Secara Alami

3. Mengontrol Kadar Gula Darah
Tidak hanya bisa digunakan untuk menjaga berat badan dan pelepas dahaga, biji selasih juga memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap stabil. Maka tidak mengherankan jika biji selasih sangat baik bagi para penderita diabetes tipe 2. Biji selasih dapat memperbaiki proses metabolisme. Dan pada penderita diabetes tipe 2, biji selasih tersebut akan membantu memperlambat metabolisme yang berupa perubahan karbohidrat menjadi glukosa.

4. Meredakan Mual dan Kembung
Apakah Anda merasa begah setelah memakan santapan yang panas dan berlemak? Jika ingin mengatasinya, mengonsumsi biji selasih merupakan solusi terbaik buat Anda. Mengapa demikian? Karena selain dapat mendinginkan perut, antioksidan yang terkandung di dalam biji selasih juga dapat mempercepat proses detoksifikasi dan membersihkan perut. Ada pada biji selasih yang disebut minyak volatile. Nah, minyak volatile ini dapat membantu dalam melepas gas penyebab kembung dan mual. Jadi, jangan khawatir saat menyantap makanan panas dan berlemak. Selalu sediakan minuman biji selasih untuk menghindari dan menghilangkan kembung dan begah.

Baca:  Temukan 14 Manfaat Lemon untuk Kesehatan dengan Pengolahan Sederhana

5. Mengontrol asam lambung
Rasa nyeri pada ulu hati dan kesulitan menelan akibat naiknya asam lambung sangat menyakitkan. Apalagi jika datang bulan Ramadan dan Anda berpuasa, asam lambung yang naik sangat tidak diinginkan. Agar terhindar atau meredakan sakit ulu hati, maka redakan saat berbuka dengan mengonsumsi biji selasih. Anda bisa mencampurkan biji selasih ke dalam minuman yang sehat dan menyegarkan. Perlu diketahui bahwa dalam biji selasih terdapat kandungan yang dapat menenangkan lambung. Bukan hanya itu saja, biji selasih juga dapat melakukan detoksifikasi yang mana muncul akibat kembung. Biji selasih memiliki fungsi untuk menetralkan efek asam HCL yang menyebabkan sakit perut, kembung atau naiknya asam lambung. Dengan pola hidup yang sehat dan baik, Anda bisa terhindar dari sakit asam lambung.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol
Selain mampu menjaga tingkat gula darah, kandungan serat yang terdapat pada biji selasih juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Serat akan membantu tubuh menyerap minyak berlebihan dan menghindarkan tubuh dari penyempitan pembuluh darah. Dan tidak hanya bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi biji selasih juga dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit jantung.

7. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Apakah Anda menginginkan kulit yang halus, lembut, sehat dan bercahaya? Atau mungkin menginginkan rambut sehat yang bebas dari rambut kering, bercabang, rontok dan berketombe? Tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasi masalah tersebut hanya dengan barang yang begitu kecil. Barang tersebut adalah biji-bijian yang berupa biji selasih. Mengonsumsi biji selasih secara rutin dapat membantu meningkatkan pembentukan kolagen dalam tubuh. Nah, dengan kolagen tersebut Anda bisa membuat kulit menjadi lembap. Selain dikonsumsi, biji selasih juga bisa dicampurkan dengan minyak kelapa. Dengan ramuan tersebut, maka akan dihasilkan protein, zat besi dan vitamin K yang dapat memperkuat dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca:  Intip Apa Saja Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

8. Sebagai Obat Batuk dan Flu Alami
Bagi Anda atau orang sekitar yang mengalami batuk dan flu, tidak perlu gusar. Karena dengan hanya biji selasih Anda bisa mengatasinya. Di dalam biji selasih terkandung antioksidan flavonoid yang berupa orientin, vicenin dan beta karoten yang dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus penyakit. Biji selasih juga memiliki sifat anti-spasmodik yang dapat meredakan batuk membandel.

Siapa yang menyangka jika ternyata sumber makanan yang kecil, yakni biji selasih memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan biji selasih di pasar. Selain membeli sendiri, ada banyak penjual es buah yang menyegarkan dan mencampurkan biji selasih ke dalamnya. Untuk berbuka nanti, tidak ada salahnya untuk menjadikan biji selasih ke dalam menu ta’jil untuk menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh.

Artikel Terkait

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Dono... Donor darah menjadi kegiatan amal yang bisa kita lakukan untuk menolong orang yang sedang membutuhkan. Biasanya kita mendonorkan darah tiga bulan seka...
Penting! 5 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan y... Siapa yang tidak kenal buah Semangka? Buah bundar yang satu ini memang menjadi salah satu buah yang paling banyak diminati oleh semua orang. Selain ka...
Buktikan! Ini Dia 10 Manfaat Bersepeda Bagi Keseha... Bersepeda adalah kegiatan olahraga yang menyenangkan bagi para kalangan anak-anak, remaja, pemuda, maupun lanjut usia yang masih kuat mengayuh sepeda....
Kenali Pentingnya Manfaat Wortel Untuk Kesehatan T... Wortel adalah salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti menjadi bahan masakan rumahan, menjadi jus, hingga sebagai ma...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *