fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 8 Manfaat Timun Suri yang Baik untuk Kesehatan

Anda pasti tahu timun suri? Mungkin bagi sebagian orang Indonesia seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak begitu familiar dengan buah menyegarkan ini. Tetapi bagi orang Jawa Barat, Timun Suri adalah buah yang wajib ada di bulan puasa Ramadan. Timun suri adalah buah musiman dan sering kali panen tepat pada momen bulan Ramadan. Jadi, tidak aneh jika pada bulan puasa ramai penjual es buah, termasuk timun suri. Meskipun namanya timun, namun buah ini termasuk ke dalam buah labu atau blewah. Aromanya juga sangat khas yang kuat dan menyegarkan. Buah ini sangat cocok untuk momen berbuka puasa nanti. Dan selain enak dan segar, nyatanya buah timun suri tidak hanya memiliki manfaat tersebut. Timun Suri juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dan ini jarang banyak diketahui oleh orang-orang. Agar Anda bisa memanfaatkan timun suri dengan lebih baik, maka ada baiknya mengetahui manfaat timun suri untuk kesehatan.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Memakan timun suri pada saat berbuka puasa dipercaya dapat membuat badan menjadi lebih segar. Bahkan lebih dari itu, lho. Timun suri juga nyatanya sangat baik untuk pencernaan dalam tubuh. Buah ini kaya serat. Jenis serat ini merupakan jenis serat yang sangat dibutuhkan usus dalam usaha melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada timun suri juga dalam mencegah beberapa penyakit, misalnya sembelit dan kanker usus. Maka tidak salah jika pada bulan puasa nanti, Anda perlu mengonsumsi buah timun suri saat berbuka. Sehingga pencernaan Anda menjadi lancar. Selain melancarkan pencernaan, timun suri juga dapat membantu proses detoksifikasi lebih lancar. Tentunya karena proses pencernaan lancar. Sehingga kerja ginjal dan organ metabolisme dalam tubuh lainnya bekerja dengan baik.

2. Menurunkan Berat Badan
Siapa yang mau diet untuk menurunkan berat badan. Daripada melakukan aktivitas berat yang belum tentu efektif menurunkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi timun suri. Olahraga memang sangat dibutuhkan dalam usaha menurunkan berat badan. Namun Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Dengan kandungan serat pada timun suri, hal ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan menimbulkan efek mengenyangkan lebih lama. Dengan kata lain, Anda bisa makan lebih sedikit karena sudah merasa kenyang. Serat pada timun suri ini dapat mendorong metabolisme lebih baik.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh / Antioksidan
Selain kaya serat, timun suri juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Timun suri memiliki peran sebagai antioksidan. Dengan kedua vitamin tersebut pada timun suri, Anda dapat terhindar dari infeksi karena bakteri, virus dan kuman. Selain itu, mata Anda menjadi sehat dan membuat tubuh lebih segar. Buah ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

4. Mengontrol Kadar Gula
Bagi penderita diabetes, makanan yang paling membuat khawatir adalah makanan yang manis-manis. Ini tentunya kurang nyaman bagi mereka yang suka makan buah manis. Namun, ada kabar baik buat Ada yang suka makan buah manis. Timun suri merupakan buah manis yang aman dikonsumsi buat penderita diabetes. Pasalnya pada buah ini mengandung zat gula alami yang baik, yakni fruktosa dan glukosa. Kedua zat gula alami tersebut tidak akan menambah kadar gula dalam tubuh Anda. Justru timun suri dapat membantu menjadi sumber energi untuk tubuh. dan juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Konsumsilah tanpa menambahkan gula dan sirup tambahan.

5. Menurunkan Risiko Kanker
Pada Timun suri, terdapat sebuah zat yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Zat tersebut adalah Saponin. Saponin juga merupakan sumber antioksidan alami yang mampu menangkal semua radikal bebas ke dalam tubuh manusia. Mulai dari risiko kanker usus, kanker payudara dan kanker hati bisa dihindari dengan mengonsumsi buah timun suri.

6. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol merupakan musuh tubuh manusia, terutama jika kolesterol tersebut berasal dari asam lemak jenuh. Mengapa demikian? Ini karena kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri, memicu timbulnya penyakit jantung, stroke dan masalah lainnya yang serius terkait kesehatan tubuh. Jika Anda mengonsumsi timun suri, kolesterol dalam tubuh bisa Anda kurangi setidaknya 32% dari jumlah yang dibutuhkan tubuh. Bagi mereka yang mengalami obesitas bisa melakukan diet dengan mengonsumsi timun suri.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam timun suri terkandung senyawa yang disebut asam linoleat. Senyawa ini memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Asam linoleat merupakan sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah risiko terkena penyakit jantung. Senyawa ini dapat membantu dalam melindungi dan memelihara tubuh dari racun.

8. Menyehatkan dan Melembutkan Kulit
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa timun suri mengandung vitamin C. Nah, vitamin yang ada pada timun suri ini dapat membantu mendorong produksi kolagen. Apa itu Kolagen? Kolagen adalah protein yang terbentuk dalam tubuh yang dapat mempertahankan kelembutan dan juga elastisitas kulit. Bagi Anda yang mau memiliki kulit yang cantik, lembut dan sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi timun suri.

Indonesia memiliki ragam flora dan fauna yang kaya. Sebagai manusia yang ramah terhadap alam, Anda harus bisa memanfaatkan keanekaragaman hayati ini dengan baik. Tidak hanya akan bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga orang lain. Dan dari buah yang bernama timun suri, Anda bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Bayangkan saja jika hayati Indonesia lestari, seluruh warga Indonesia bisa senantiasa sehat.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *