counters
Info Tentang Produk : Hub. 0877-4224-9575 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah Ciri-Ciri Orang Terinfeksi Virus Corona Covid-19 Dan Bagaimana Cara Antisipasinya

Sampai detik ini, virus yang pertama kali muncul di Wuhan yaitu Corona Covid-19 masih menjadi perhatian dunia. Terutama di Indonesia, hingga Jumat (28/3), total sementara yang positif terkena Covid-19 di Indonesia yaitu 1046 orang.

Seperti yang diterangkan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona, Achmad Yurianto, pada saat jumpa pers di Jakarta. Jumlah yang sekarang mungkin ke depan akan terus bertambah, sampai diputus rantai penyebarannya.

Presiden Jokowi pun memerintahkan masyarakat untuk melakukan pembatasan wilayah dan social distancing di setiap daerah dengan meliburkan sekolah dan kegiatan berkumpul-kumpul. Dan, Presiden Jokowi juga telah memerintahkan untuk membeli alat tes cepat dari negara China dan memerintahkan untuk menggelar Rapid Tes untuk Covid-19, sejak hari Jumat (23/3/2020) sore.

Dan virus corona covid-19 ini sendiri merupakan virus jenis baru, dan sampai saat ini pun masih belum ada obat atau vaksin yang mampu benar-benar dapat menyembuhkan dari penyakit virus Covid-19 ini secara keseluruhan.

Untuk menghindari kepanikan masyarakat yang berlebihan, lebih baik kita semua harus tahu apa saja ciri-ciri orang yang terjangkit virus corona covid-19 lengkap dengan gejala dan bagaiamana cara mencegahnya. Dan dibawah ini kami ringkas ciri-ciri orang yang terjangkit virus corona covid-19.

Inilah Ciri-Ciri Orang Terinfeksi Virus Covid-19

Di awal penyebarannya di Indonesia, Pemerintah telah membuat situs covid19.go.id, hotline, dan call center via aplikasi obrolan WhatsApps agar memudahkan masyarakat Indonesia mengakses informasi mengenai virus covid-19 yang marak di Indonesia.

Baca:  9 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Berikut ini salah satu ciri orang yang terinfeksi oleh virus covid-19, yang pertama yaitu, mempunyai riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit virus covid-19. Yang paling utama, yaitu orang dengan riwayat perjalanan dari China atau daerah lain yang terkena wabah covid-19, khususnya Kota Wuhan, ini merupakan indikasi awal orang terkena virus Covid-19.

1. Demam Tinggi Mirip Dengan Flu
Salah satu caranya yaitu dengan memeriksa suhu tubuhnya apabila orang itu terjangkit virus covid-19 atau tidak. Untuk suhu tubuh manusia normal yaitu sekitar 37 derajat celcius. Akan tetapi, untuk ciri-ciri orang yang terinfeksi virus covid-19 yaitu dengan suhu tubuh yang mampu mencapai lebih dari 38 derajat celcius.

Akhir-akhir ini, sudah hampir di setiap tempat umum, kantor-kantor, telah dilakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan alat pengukur. Dan jika, ada orang dengan suhu tubuh melebihi 38 derajat celcius, maka orang tersebut akan mendapatkan perawatan khusus dan dilarang untuk memasuki tempat umum atau pun kantor tersebut.

Seperti pesan yang disampaikan pemerintah lewat situs Covid19.go.id, bahwa telah disebutkan ada 3 gejala umum untuk penderita covid-19, yaitu demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius, batuk kering, dan sesak pernapasannya.

Baca:  Inilah 6 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

2. Sakit Kepala (Pusing) dan Pilek
Selain Demam, ciri-ciri orang yang terinfeksi virus covid-19 yaitu sakit kepala dan pilek. Biasanya, sakit kepala muncul bersamaan dengan demam yang sangat tinggi. Dan ciri ini juga mirip dengan flu pada biasanya, maka untuk itu, kita harus lebih waspada dengan gejala yang timbul.

Bukan hanya sakit kepala (pusing) saja yang timbul, seringkali penderita flu juga akan mengalami gejala pilek. Dan orang yang terinfeksi virus covid-19 ini biasanya akan terkena flu, dan cairan yang diakibatkan flu ini (droplet) bisa mempunyai resiko menularkan virus tersebut.

3. Batuk Parah
Dan ciri lain orang yang terinfeksi virus covid-19 yang perlu perhatian khusus yaitu batuk parah. Seperti yang dijelaskan pemerintah, bahwa virus covid-19 ialah virus jenis baru yang biasanya menyerah sistem pernafasan manusia.

Jika mengalami batuk parah, apalagi setelah melakukan perjalanan ke luar negeri atau ke daerah yang memang banyak terjangkit virus covid-19, agar memeriksakan dirinya ke rumah sakit rujukan covid-19 terdekat.

4. Sesak Napas
Gejala lain dari virus covid-19 ini memang mirip dengan gejala pneumonia, dimana paru-paru terinfeksi sebuah jamur, bakteri maupun virus dan mengakibatkan seseorang tersebut mengalami sesak napas (napas pendek). Dan apabila parah, orang tersebut bisa sampai kesulitan untuk bernapas.

Baca:  Bahaya Tidur Setelah Sahur Menurut Kesehatan

Dan gejala sesak napas ini merupakan gejala virus covid-19 yang paling berat, dibandingkan dengan batuk, demam, maupun pilek.

Langkah Pertama Dalam Menangani Orang dengan Gejala Mirip Virus Corona Covid-19

Untuk masyarakat semuanya, apabila Anda melihat seseorang bahkan anda sendiri mengalami dengan ciri dan gejala terinfeksi covid-19, maka tidak perlu terlalu khawatir dan panik.

Di situs covid19.go.id, apabila ada orang dengan ciri dan gejala tersebut, pemerintah menganjurkan untuk segera menghubungi call center 119 ext 9, atau menghubungi call center rumah sakit rujukan yang paling dekat. Kemudian, Anda sampaikan apa keluhan yang dirasakan dan bagaimana riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir. Dan tidak lupa pula, sampaikan juga usia dan jenis kelaminnya.

Kemudian, nanti pihak rumah sakit akan memberikan sebuah instruksi untuk Anda atau orang yang dengan ciri dan gejala covid-19 tersebut. Untuk tetap menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, kesehatan badan, tentunya juga tetap tenang dalam menyikapi dan terus lakukan social distancing agar menjadi sebuah pencegahan yang aman untuk terhindar dari ciri-ciri seperti terinfeksi virus corona covid-19.

Tagged

About Ibnoe Vaiz

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Selalu semangat dalam melakukan sesuatu hehe :).

View all posts by Ibnoe Vaiz →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *