fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 10 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Anda tentunya sudah sangat familiar dengan ciplukan. Ciplukan adalah tanaman yang unik. Bukan hanya bentuknya, melainkan juga rasanya. Dan tanpa banyak orang ketahui, tanaman yang sering muncul di sekitar Kita, alias liar di alam ini ternyata memiliki manfaat besar. Bahkan di pasaran, ciplukan merupakan tanaman yang buahnya dijual dengan harga mahal. Sebenarnya apa yang membuat tanaman ini sangat banyak diburu? Rupanya, ciplukan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dan di antara manfaat-manfaat tersebut ada di bawah ini.

Ciplukan mudah tumbuh di mana saja. Di daerah tropis seperti Indonesia, ciplukan tumbuh secara liar. Sehingga sangat mudah untuk menemukan tanaman ini. Namun, itu tidak berarti jika tanaman liar ini mudah didapat. Pada kenyataannya, ciplukan sulit didapat terutama di perkotaan. Dengan kelangkaan dan manfaat ciplukan untuk kesehatan yang besar, maka tidak aneh jika harganya pun tinggi. Apa sih sebenarnya manfaat ciplukan untuk kesehatan? Inilah dia manfaatnya!

1. Mengatasi Gejala Penyakit Parkinson
Anda tentu tahu apa itu penyakit Parkinson. Ini merupakan penyakit yang terbilang berbahaya. Pasalnya sistem saraf pusat pada tubuh mengalami gangguan. Sehingga gerak pada tubuh menjadi tidak sesuai. Biasanya gejala penyakit ini adalah adanya tremor pada salah satu tangan. Nah, agar terhindar dari gejala tersebut maka bisa mengonsumsi ciplukan.

2. Menurunkan Kolesterol
Bagi orang-orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi, ciplukan merupakan tanaman yang bisa mengatasi masalah tingkat kolesterol Anda. Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi rentan terkena penyakit berbahaya. Tanpa Anda sadari tingkat kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit kardioviscular, seperti penyakit serangan jantung hingga stroke. Dan usaha agar Anda bisa terhindar dari penyakit akut tersebut, maka mengonsumsi ciplukan bisa menjadi cara. Karena ciplukan memiliki kandungan yang mampu membantu menetralkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

3. Mengatasi Epilepsi
Meskipun bentuknya kecil, nyatanya ciplukan memiliki manfaat yang sangat besar terhadap kesehatan. Salah satunya bisa dijadikan sebagai resep pendamping terapi penyakit epilepsi. Penyakit ini termasuk penyakit berbahaya karena menyerang saraf otak. Sehingga penderitanya akan mengalami kejang. Penyebabnya beragam. Ada karena faktor genetik dan ada pula karena disebabkan cidera otak akibat trauma.

4. Mengobati Penyakit Kuning
Penyakit kuning adalah penyakit yangmana menyebabkan terjadinya perubahan warna pada kulit penderitanya. Dan disebut begitu karena kulit berubah menjadi kuning. Penyakit ini bisa timbul akibat tingginya kadar zat bilirubin pada tubuh. Penyakit ini sering menyerang bayi yang baru lahir. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Nah, kandungan senyawa antioksidan yang terdapat pada ciplukan dipercaya mampu mengatasi penyakit kuning lho. Adapun senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah saponin, fisalin, flavonoid dan polifenol.

5. Memperlancar Saluran Kemih
Bagi Anda yang suka susah buang air kecil, mengonsumsi ciplukan dapat membantu mengatasinya. Dari berbagai macam zat yang terkandung pada ciplukan, ciplukan dapat menjadi obat diuretik. Mulai dari buah hingga daun bisa Anda manfaatkan untuk memperlancar saluran kemih dan masalah infeksi pada saluran kemih.

6. Mengurangi Kadar Gula Darah
Bagi penderita diabetes, memilah makanan dan minuman untuk dikonsumsi sangat penting. Jika tidak diperhatikan dengan baik, kadar gula darah dalam tubuh bisa naik. Sehingga kondisi si penderita bisa lebih buruk. Sebagai usaha mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, ciplukan merupakan tanaman yang perlu dikonsumsi. Pasalnya pada ciplukan terkandung aktivitas anithiperglikemia yang dapat menurunkan kadar gula darah. Aktivitas tersebut akan memengaruhi kerja insulin dalam tubuh.

7. Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik
Ciplukan memiliki efek anti nyeri. Selain dapat mengatasi nyeri, ciplukan bisa mengatasi nyeri sendi dan rematik. Adapun cara penggunaanya adalah dengan menjadikan daun ciplukan sebagai kompres. Jadikan kompres pada bagian yang terasa nyeri.

8. Sebagai Obat Nyeri penderita Sakit Lupus
Selain memiliki sifat antiinflamasi dan antihiperglikemik, ciplukan juga memiliki efek anti nyeri dan analgesik yangmana dapat mengatasi rasa nyeri pada penderita penyakit lupus.

9. Mengatasi Infeksi Kulit
Kulit Anda mengalami infeksi? Anda pasti tahu apa borok. Ini adalah infekai akibat adanya luka yang terbuka pada kulit. Penyebabnya juga sangat beragam. Dan untuk mengatasi ini, Anda bisa memanfaatkan daun ciplukan karena di dalamnya terkandung beberapa kandungan yang memiliki peran antiinflamasi.

10. Penambah Darah
Selain dapat mengurangi kadar gula darah, ciplukan juga dipercaya menjadi obat penambah darah. Jika Anda merasa pusing, lelah, sesak nafas, detak jantung cepat dan limbung maka besar kemungkinan Anda mengalami Anemia. Anda mengalami kekurangan sel darah merah. Dan mengonsumsi ciplukan dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Sehingga Anda bisa mengatasi masalah kurang darah.

Siapa yang bisa menyangka bahwa ternyata pada tanaman liar yang ada di sekitar rumah memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi mereka yang berada di daerah masih tumbuh ciplukan begitu beruntung. Ini karena ciplukan yang sudah di dalam kemasan memiliki harga yang mahal. Mereka bahkan bersusah payah membudidayakannya. Jadi, alam masih ramah terhadap Anda. Untuk itu, manfaatkan dengan baik keberadaan ciplukan yang tumbuh liar di sekitar rumah. Selain lebih murah, Anda tidak perlu bingung jika mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut di atas.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung pada ciplukan untuk kesehatan tubub manusia. Apa yang tampak biasa tidak selalu tidak memilikk peran penting. Meskipun itu kecil, alam telah mempermudah manusia dalam memenuhi segala kebutuhannya, termasuk kebutuhan untuk tetap sehat dari berbagai penyakit. Semoga Kita selalu sehatbdan terhindar dari penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *