fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 9 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Coklat atau cokelat merupakan bahan makanan yang terbuat dari biji kakao, coklat biasa digunakan untuk membuat minuman ataupun makanan misalnya pada kue, es, pudding dan makanan atau minuman yang lainnya. Bahkan salah satu dampak positifnya coklat juga merupakan makanan yang dapat mengurangi berat badan Anda loh! Asalkan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan oleh tubuh, berikut ini beberapa manfaat coklat bagi kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan
Nah ini dia yang menjawab ketakutan Anda para chocolate lovers, berbeda dengan kepercayaan Anda justru buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan diet. Karena sebanarnya penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang. Dalam hal ini manfaat coklat bagi kesehatan yang baik digunakan ialah coklat hitam. Produk terbaik jika dibandingkan dengan coklat yang putih. Oleh karena itulah coklat hitam sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan program diet ya!

2. Meningkatkan Produksi Insulin
Manfaat yang satu ini memang sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 10 orang, ketika semua orang yang mengkonsumsi coklat hitam dan coklat putih yang tidak memiliki kandungan yaitu phytochemical flavonoid yang ternyata dapat mengurangi resistensi insulin atau faktor yang dapat membuat seseorang terkena diabetes menurun. Sehingga coklat ini juga dapat bermanfaat bagi orang yang ingin meningkatkan produksi insulin untuk kesehatan tubuh mereka.

Baca:  Cek Lagi, Sudahkah Anda Mendapatkan 12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ini?

3. Mengatasi Diare
Kebanyakan orang lebih mengenal tanaman sebagai obat untuk orang yang mengalami diare, namun sebenarnya coklat juga bermanfaat bagi orang yang mengalami diare loh! Hal ini dikarenakan coklat pernah diteliti oleh para ilmuan juga dipercaya sebagai obat diare. Jadi jika Anda sedang mengalami diare tidak ada salahnya untuk mencoba coklat hitam untuk menghentikan penyakit diare Anda.

4. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis
Berbagai manfaat coklat, salah satunya dapat juga digunakan untuk mengurangi rasa lelah, ternyata ini dikarenakan oleh kandungan coklat yang membuat peningkatan pada aksi neurotransmitter. Hal ini membuat pengkonsumsi coklat menjadi lebih rilex, lebih bahagia, memperbaiki suasana hati dan mempermudah tidur. Coklat tentu dapat berfungsi dengan baik jika dimakan dalam takaran yang pas.

Anda bisa menghilangkan stress serta tidak akan mengalami anemia atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan kelelahan dan masalah tidur. Bahkan jika seseorang sedang berjuang untuk melahirkan maka konsumsi coklat akan membuatnya lebih bertenaga untuk mendorong bayi ketika kontraksi. Ini adalah salah satu cara yang sangat bermanfaat bagi kondisi fisik maupun psikis ibu melahirkan yang pasti sangat lelah.

5. Meningkatkan Aliran Darah
Coklat yang diteliti ternyata juga ditemukan bahwa kandungan coklat hitam bisa membuat tekanan darah sistolik atau angka pertama dalam membaca tekanan darah menjadi menurun. Dan tentu hal ini dikarenakan oleh zat flavonoid yang terdapat pada kandungan coklat hitam menjadi antioksidan alami.

Baca:  7 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Patut Diketahui

6. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Penelitian juga mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi coklat hitam bisa membuat seseorang terhindar dari serangan jantung. Memang coklat memiliki kandungan senyawa yang bisa mengurangi resiko hingga 50%, hal ini dikarenakan berkurangnya pembekuan trombosit yang menjadi melambat ketika seseorang yang menderita penyakit jantung makan coklat hitam. Serangan jantung sendiri diakibatkan oleh pembekuan trombosit, maka jika Anda mengkonsumsi coklat yang mengurangi pembekuan trombosit justru sangat membantu Anda dalam mengurangi resiko serangan jantung.

7. Meningkatkan Intelijen
Coklat yang mengandung banyak flavanol juga dipercaya dapat membantu Anda keluar dari rasa stress serta dapat pula meningkatkan tingkat kecerdasan berpikir Anda. Mengapa demikian? Coklat memiliki kandungan yang dapat mengalirkan darah dengan lancar ke bagian kunci dari otak selama 2 hingga 3 jam. Maka tidak heran jika coklat juga bisa membuat seseorang mampu berpikir lebih baik dan lebih cepat, dan tentunya memiliki kinerja yang baik serta kewaspadaan otak menjadi lebih fokus.

8. Menghaluskan Kulit
Tidak hanya untuk kesehatan badan bagian organ dalam, ternyata coklat juga bisa dipergunakan untuk menghaluskan kulit. Namun untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, Anda tidak boleh sembarangan dalam pengkonsumsiannya. Anda harus mengkonsumsinya dalam takaran yang pas.

Baca:  8 Manfaat Utama Lidah Buaya Untuk Kesehatan

9. Meningkatkan Kesehatan Mata
Terdapat berbagai manfaat coklat bagi tubuh seperti meningkatkan kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, dan lain sebagainya. Namun semuanya harus Anda perhitungkan dengan benar, karena jika Anda mengkonsumsi coklat yang terlalu banyak mengandung lemak dan tidak bersamaan dengan olahraga teratur.

Maka lemak dari coklat tersebut akan membuat berat badan Anda bertambah, bahkan bisa juga menimbun. Dampak negatif juga Anda dapat rasakan jika Anda mengkonsumsi coklat secara berlebihan, sehingga anda perlu mengukurnya dengan tingkat takaran yang pas agar coklat bisa memberikan dampak positifnya.

Apapun yang berlebihan pasti tidak akan bisa memberikan dampak positif atau dampak yang baik, maka jika kebanyakan akan lebih memberikan dampak negatifnya atau dampak yang tidak baik. Bahkan penelitian telah mengatakan bahwa ada beberapa orang yang mengkonsumsi coklat dengan takaran 30 gram membuat orang tersebut tidak mendapatkan dampak positif dan malah bertambah berat badan nya.

Sedangkan seharusnya jika coklat dengan ukuran 30 gram tadi dikonsumsi setiap pekan, maka coklat bisa membantu mengurangi resiko gagal jantung dan penyakit-penyakit lainnya. Demikian beberapa informasi mengenai manfaat coklat bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui untuk membantu Anda dalam penerapan untuk pengkonsumsian coklat. So, sederhana, enak dan bermanfaat, asal dikonsumsi secara takaran yang pas dan tidak berlebihan.

Artikel Terkait

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh Temulawak merupakan tanaman herbal dan rempah-rempah yang tidak kalah populer dengan tanaman herbal lainnya di Indonesia. Manfaatnya sudah sangat tida...
8 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Buah mengkudu merupakan jenis tanaman hijau tropis yang sangat mudah ditemukan di Negara Asia Tenggara, Selatan dan di pulau-pulau Pasifik. Meskipun b...
Inilah 9 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan yang Per... Tahukah Anda? Bahwa buah duku berasal dari salah satu Pulau di Sumatera? Yaps, buah duku berasal dari Palembang kota dengan ikon Jembatan Ampera terse...
8 Manfaat Utama Lidah Buaya Untuk Kesehatan Semua orang tentunya sudah pernah mendengar tentang lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *