fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Kenali Pentingnya Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Berikut Ini

Wortel adalah salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti menjadi bahan masakan rumahan, menjadi jus, hingga sebagai masker untuk kecantikan. Sudah sejak lama juga wortel dikenal memiliki banyak kandungan gizi, khususnya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tapi selain itu, wortel juga memiliki banyak manfaat lainnya. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Meningkatkan Metabolisme
Selain kaya akan vitamin A, wortel juga kaya akan vitamin B. Vitamin B yang terkandung dalam wortel sangat bermanfaat untuk memecah glukosa, lemak, dan protein menjadi energi. Dengan begitu, metabolisme tubuh bisa meningkat dan juga membuat tubuh lebih efiesien dalam menggunakan energi yang ada. Mengkonsumsi wortel secara rutin, khususnya dalam bentuk jus dapat membantu Anda menjaga level energi dan metabolisme tubuh.

2. Menyembuhkan Luka
Wortel juga memiliki kandungan beta karoten dalam jumlah yang tinggi. Kandungan beta karoten ini kemudian akan diubah menjadi retinol yang merupakan bentuk paling murni dari vitamin A. Vitamin A, yang dikenal baik untuk mata juga terbukti dapat mengurangi kemerahan dan juga peradangan yang ada pada kulit. Dengan begitu, wortel juga dapat digunakan untuk proses penyembuhan luka. Bagi Anda yang sedang mengalami peradangan dan kemerahan pada kulit juga dapat memanfaatkan wortel ini dengan menggunakannya sebagai masker.

3. Menjaga kesehatan jantung
Selain kaya akan kandungan vitamin A, wortel juga kaya akan hidrat arang, kalsium, fosfor, dan juga beta karoten. Kandungan zat – zat tersebut dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan beta karoten dalam wortel juga bisa memberikan perlindungan bagi tubuh Anda terhadap kanker, penyakit jantung, dan juga menurunkan tekanan darah serta memperlambat efek penuaan.

Baca:  7 Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Pada Organ Kewanitaan Anda

4. Menurunkan Resiko Kanker
Kandungan antioksidan pada wortel dapat membantu menghentikan kerusakan sel yang terjadi karena berkembangnya sel kanker. Kandungan karotenoid pada wortel juga dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara secara umum. Selain itu, kandungan karotenoid juga dapat membantu menurunkan resiko stres oksidatif pada saat terjadi peradangan dalam darah.

5. Mendukung Kehamilan yang Lebih Sehat
Bagi ibu yang sedang hamil, kondisi kesehatan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan hati-hati. Kebutuhan gizi ibu hamil juga cukup tinggi. Selain kalsium, ibu hamil juga membutuhkan folat, potasium, magnesium, vitamin A, dan juga vitamin C. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada wortel dapat membantu agar tulang bayi menjadi lebih kuat serta menghindarkan dari terjadinya cacat lahir. Wortel juga membantu ibu hamil dengan berperan sebagai antioksidan pada ibu hamil. Dengan begitu, ibu dan janin juga lebih terjaga dari paparan radikal bebas serta sistem kekebalan tubuh juga lebih baik sehingga resiko infeksi bisa menjadi lebih kecil.

Baca:  Penting! 7 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

6. Memperkuat Fungsi Otak
Beta karoten yang ada pada wortel juga membantu seseorang untuk bisa memperkuat fungsi otaknya dan meningkatkan daya ingat. Polusi udara dan faktor-faktor lain dapat menyebabkan tubuh mengalami stres oksidatif dan menyebabkan terjadinya kerusakan sel otak dan sel saraf. Hal tersebut membuat sinyal saraf menjadi lemah dan fungsi kognitif otak juga jadi menurun. Pemberian beta karoten dalam jumlah yang cukup secara konsisten dapat membantu menurunkan resiko stres oksidatif dan membantu memperkuat fungsi otak.

7. Memperkuat Sistem Imun
Kandungan antioksidan pada wortel juga membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan juga peradangan. Dengan begitu, sistem imun tubuh juga jadi ikut meningkat dan terjaga. Dengan kekebalan tubuh yang lebih baik, Anda akan lebih kuat menahan serangan dari penyakit imun seperti flu atau penyakit lainnya.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C pada wortel juga bermanfaat untuk memperbaiki tampilan kulit Anda. Anda yang memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis bisa mengkonsumsi wortel untuk mengurangi masalahnya. Selain itu, kandungan beta karoten pada wortel juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari masalah kulit tersebut. Karena beta karoten pada wortel sangat bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit karena sinar matahari. Kandungan karoten dan likopen pada wortel juga dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Baca:  3 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

9. Anti Radang
Wortel juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat sebagai anti radang. Ekstrak wortel dapat membantu mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efek yang diberikan tidak jauh berbeda dengan efek anti radang dari obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

10. Menjaga Kesehatan Mulut
Manfaat lain dari wortel adalah kegunaannya dalam menjaga kesehatan mulut. Mengkonsumsi wortel secara rutin sehabis makan dapat membantu Anda mengurangi resiko gigi berlubang. Karena dengan mengkonsumsi wortel setelah makan, mulut akan terdorong untuk memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak. Air liur ini sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi.

Nah, itulah 10 manfaat wortel bagi kesehatan. Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan, ada berbagai macam manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi wortel secara rutin, misalnya untuk menjaga kecantikan wajah. Penggunaan wortel sebagai masker juga dapat membantu Anda mengatasi kulit berminyak, menyamarkan flek hitam, meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, hingga mendapatkan kulit wajah yang lebih bersinar dan mencegah penuaan dini. Sedangkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan imunitas, Anda bisa mengkonsumsi wortel dengan cara dibuat jus atau olahan bahan masakan lainnya.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *