fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Cek Lagi, Sudahkah Anda Mendapatkan 12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ini?

Puasa ternyata tidak hanya bisa meningkatkan keimanan seseorang, tetapi juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat itu? Silakan cek lagi apakah Anda sudah memperoleh 12 efek positif di bawah ini.

1. Membersihkan Perut
Karena diistirahatkan, maka organ pencernaan yang ada dari mulut hingga usus besar akan mengurangi beban kerja. Jadi, perut bisa lebih bersih. Tidak menutup kemungkinan perut yang buncit pun bisa berkurang.

2. Mengurangi Migrain
Migrain bisa juga disebabkan oleh terlalu banyak makanan mengandung lemak sehingga ada beberapa penyumbatan di pembuluh darah. Dengan berpuasa, maka migrain yang dialami seseorang bisa berkurang.

3. Mencerahkan Kulit
Jika seseorang berpuasa secara benar, maka ada kemungkinan sangat besar untuk kulitnya tampak lebih cerah. Mengapa demikian? Karena ketika puasa seseorang akan mengakumulasi rasa hausnya dan kemudian meminum lebih banyak air. Akibatnya, kulit dan sel-sel lainnya juga mendapatkan asupan air lebih tinggi dan dapat tampak cerah.

4. Meningkatkan Kebugaran
Terutama bagi seseorang yang memilih untuk olahraga setelah sahur, kebugaran bisa diperoleh secara maksimal. Tidak perlu berolahraga berat, cukup jogging dan jalan-jalan saja bisa membantu meningkatkan kebugaran selama puasa.

Baca:  Penting! 7 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

5. Menstabilkan Tekanan Darah
Jika tidak banyak mengkonsumsi makanan berlemak ketika berbuka atau sahur, maka tekanan darah bisa semakin stabil. Apalagi ketika menu takjil yang dipilih mengandung banyak buah dan sayuran.

6. Menyembuhkan Insomnia
Insomnia bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah pola makan tidak teratur. Dengan berpuasa, maka pola makan seseorang akan bisa lebih teratur dan hal ini akan dapat meningkatkan ketajaman mata ketika siang hari dan rasa kantuk pun meningkat di malam hari sehingga tidurnya lebih nyenyak.

7. Menekan Tingkat Depresi
Ketidakseimbangan hormon akan bisa menekan depresi seseorang. Salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon adalah terlalu banyak ngemil dan kurang makan makanan bergizi. Oleh sebab itu, puasa yang mempunyai jadwal makanan pembuka dan inti lebih sehat serta bisa menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

8. Wajah Lebih Cerah
Sesuai dengan keterangan sebelumnya, karena lebih banyak minum air putih maka wajah seseorang akan tampak lebih cerah. Hal ini ditandai dengan kulit kenyal dan elastis karena terhidrasi secara maksimal.

Baca:  Inilah 9 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

9. Pandangan Mata Tidak Kabur
Sel-sel di bagian organ termasuk mata sangat membutuhkan banyak asupan air. Karena ketika puasa seseorang bisa minum lebih banyak maka pandangan matanya tidak akan kabur. Mengapa demikian? Hal ini dipengaruhi oleh distribusi air menuju setiap sel dalam tubuh termasuk mata.

10. Tidak Mengalami Diare
Organ pencernaan yang diistirahatkan dan tidak diforsir akan bisa bekerja secara maksimal. Hal ini akan membantu mengurangi resiko penyakit diare. Terutama bagi seseorang yang sering mengalami diare, maka puasa sangat penting untuk diterapkan.

11. Bebas Sembelit
Tidak hanya diare, bahkan masalah sembelit pun sering mengganggu produktifitas dan kinerja seseorang. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh organ pencernaan kurang terhidrasi. Oleh Karena itu, sebaiknya ketika puasa jangan lupa banyak minum air putih serta makan buah dan sayuran.

12. Melangsingkan Badan
Porsi makanan yang berkurang otomatis akan mengurangi berat badan juga. Namun, pola diet dengan puasa akan bisa membantu melangsingkan badan karena tidak dilakukan secara ekstrim.

Baca:  12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Perlu dicatat, jika 12 manfaat di atas belum diperoleh mungkin pola makan atau menunya kurang proporsional. Jadi, segera perbanyak minum air putih serta olahraga untuk memaksimalkan kesehatan tubuh selama berpuasa.

Related Post

9 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Buah kesemek adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Warnanya orange dan bentuknya yang bundar membuat banyak orang ragu untu...
Penting! Ini Dia 7 Manfaat Bengkoang untuk Kesehat... Bengkoang termasuk dalam umbi-umbian atau dikenal dengan istilah cormus, buahnya berwarna putih dan sering dijadikan masker, bengkoang juga sering dij...
3 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Ada yang tahu daun kelor? Orang zaman dulu sering mengidentikkan tanaman kelor ini sebagai tanaman mistik. Dari kepercayaan nenek moyang yang terus be...
10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Ini Wajib Diketah... Bagi orang Indonesia, kunyit adalah salah satu jenis bumbu yang sangat familiar. Keberadaan kunyit pada makanan-makanan khas memang sangat kental kare...
5 Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Sehat Anda pastinya tahu ungkapan ini: “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Ini memang betul dan sangatlah mutlak dalam segala hal. Kesehatan merupakan...
Penting! 11 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Ja... Jika dilihat dari kondisi fisiknya, daun Afrika memang seperti daun biasa yang tidak memiliki keistimewaan tertentu. Ciri dari daun Afrika adalah ukur...
16 Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Pernahkah Anda mendengar tentang bawang Dayak? Bawang ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang merah. Ternyata, ada banyak sekali manfaat b...
6 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan Masyarakat Indonesia pasti sering menjumpai berbagai jenis tanaman, diantaranya adalah yang tumbuh dengan sendirinya di semak-semak. Tempatnya yang te...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *