fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Buktikan! Ini Dia 10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Bersepeda adalah kegiatan olahraga yang menyenangkan bagi para kalangan anak-anak, remaja, pemuda, maupun lanjut usia yang masih kuat mengayuh sepeda. Bersepeda merupakan olahraga santai yang diminati semua kalangan. Dengan gemarnya orang bersepeda, beberapa kota mengadakan CFD atau Car Free Day, yaitu hari bebas kendaraan bermotor yang biasanya di lakukan pada hari minggu. Hal ini untuk mendukung para pecinta olahraga sepeda dapat leluasa berolahraga.

Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah dampak positif, atau manfaat bersepeda bagi kesehatan :

1. Mempertahankan Daya Tahan Tubuh
Mengingat bersepeda adalah olahraga, jika Anda lakukan secara rutin jelas akan membuat sehat. Tubuh yang sehat, maka akan membuat daya tahan tubuh selalu terjaga.

2. Menyehatkan Organ Jantung
Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung Anda lebih sehat.

Baca:  10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

3. Mengencangkan Otot
Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.

4. Mengatur Pernapasan
Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernapasan Anda. Anda akan lebih dapat teratur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya. Manfaat pemanasan dan pendinginan ini sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.

5. Memperkuat Kerangka Tubuh
Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.

6. Pilihan Diet Sehat
Memilih cara bersepeda untuk menjalankan diet, maka tubuh Anda jelas akan memperoleh manfaat kesehatan. Anda tidak perlu menyiksa tubuh untuk menghindari konsumsi makanan tertentu. Asal pola makan Anda terjaga, maka itu sudah cukup dengan Anda bersepeda.

Baca:  5 Efek Buruk Penggunaan Susu Kental Manis Bagi Kesehatan

7. Tidak Mudah Terserang Penyakit
Dengan Anda bersepeda, maka tubuh akan sehat. Terjaganya daya tahan tubuh, maka penyakit akan susah tumbuh di tubuh Anda.

8. Mengurangi Tingkat Stres
Jika Anda terserang stres ringan, cobalah untuk bersepeda. Dijamin stres Anda akan berkurang. Sebab ketika Anda bersepeda, maka Anda akan menyaksikan banyak pemandangan yang berbeda. Sehingga dapat melupakan dengan segera penat yang melanda Anda.

9. Menghalau Keluhan Sakit Pada Punggung
Masih muda, maka sehatkan tubuh dengan cara yang benar, yaitu dengan bersepeda. Dijamin jika Anda sering mengeluhkan sakit pada punggung, asalkan Anda rutin bersepeda, maka keluhan itu tidak akan Anda rasakan kembali.

10. Membuat Pikiran Lebih Tenang
Dengan bersepeda, pikiran Anda akan dapat tenang. Sebab dengan mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yang Anda lakukan. Kegiatan fisik tersebut dapat berpengaruh dalam pikiran Anda. Sehingga jika Anda merasa pikiran tidak kunjung tenang, bersepedalah.

Jika dibandingkan mobil, sepeda tentu tidak menghabiskan tempat di tempat parkir. 42 buah Sepeda lipat model Brompton atau 20 buah sepeda ukuran standar memakan lahan parkir yang sama dengan 1 buah mobil, yang artinya apabila setiap karyawan bersepeda ke kantornya, dapat menghemat lahan parkir. Bahkan dengan bersepeda pun mengurangi polusi udara dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *