Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

11 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Wajib Diketahui

Lidah buaya merupakan tanaman obat populer yang sudah lama digunakan manusia selama ribuan tahun yang lalu. Tanaman dengan daun bergerigi ini memiliki nama latin Aloe barbadensis, merupakan tanaman bertangkai pendek yang memiliki daun tebal dan dapat menyimpan air di dalam daunnya. Tanaman lidah buaya ini juga sering dikenal masyarakat sebagai obat untuk cedera kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang dapat diperoleh dari tanaman lidah buaya.

1. Membantu menyembuhkan kulit dari luka bakar

Manfaat lidah buaya yang pertama yaitu dapat membantu menyembuhkan kulit dari luka bakar. Gel dari tanaman lidah buaya ini bahkan bisa digunakan sebagai salep alami untuk membantu menyembuhkan kulit dari luka bakar. Dan gel tersebut mampu mempercepat waktu penyembuhan pada jaringan kulit yang terkena luka bakar.

Itu karena tanaman lidah buaya ini memiliki sifat pelembap dan kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak karena luka bakar. Maka dari itu, lidah buaya sangat efektif dalam menyembuhkan kulit dari luka bakar.

2. Mencegah rambut rontok

Tak hanya vitamin A, C, dan E, lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan folat yang dapat mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat dan juga berkilau. Lidah buaya juga dapat mencegah rambut rontok dan memperbaiki rambut rusak yang diakibatkan karena paparan sinar matahari.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai masker rambut. Cara membuatnya sangatlah mudah sekali, yakni potong 2-3 daun lidah buaya. Lalu kupas kulit daunnya dan haluskan daging buahnya menjadi gel.

Selanjutnya, oleskan gel lidah buaya ini mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian, pijat bagian kepala sebentar dan diamkan kurang lebih selama 1 jam. Terakhir, bilas rambut yang sudah dioles gel tersebut dengan air hingga bersih.

3. Mencegah penuaan dini

Lidah buaya juga memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan. Sumber vitamin tersebut mampu melindungi sel-sel kulit dan menangkal efek radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara dan paparan asap knalpot pada kulit wajah kita.

Radikal bebas juga dapat memicu timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya keriput, serta kerutan dan garis halus pada wajah. Untuk mengatasinya, kita dapat memanfaatkan tanaman lidah buaya ini untuk membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini tersebut pada wajah kita. Tak hanya itu, tanaman lidah buaya ini juga banyak memiliki kandungan enzim yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit wajah.

4. Membantu mengatasi kulit kering

Manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat membantu mengatasi kulit kering. Gel yang ada pada daun lidah buaya ini mengandung 98 persen air yang dapat membantu melembapkan kulit secara alami. Gel lidah buaya ini juga dapat terserap ke dalam kulit dengan mudah. Itu membuat gel lidah buaya ini bisa dijadikan sebagai pelembap alami untuk kulit.

Selain itu, gel lidah buaya ini juga dapat menyerap minyak berlebih di kulit. Apabila dioleskan di kulit, getah dari lidah buaya ini juga dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit kita secara alami. Hal itu disebabkan karena lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, seperti adanya vitamin, enzim, antioksidan, dan mineral.

5. Mengatasi sariawan

Biasanya sariawan sering terjadi selama 7 hingga 10 hari lamanya, serta muncul di bagian dalam mulut dan di bawah bibir. Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa lidah buaya memiliki manfaat untuk membantu mengurangi ukuran sariawan dan peradangan secara efektif. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan.

6. Mengatasi jerawat

Dalam sebuah riset menunjukkan bahwa gel lidah buaya yang dioleskan pada jerawat secara rutin di pagi dan sore hari, serta bersamaan dengan obat jerawat yang telah diresepkan dapat membantu mengurangi jerawat hingga 30 persen.

Dan perlu Anda ketahui bahwa lidah buaya juga memiliki kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya, yang memungkinkan tanaman berdaun gerigi ini bermanfaat untuk mengatasi jerawat dengan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Mengurangi plak gigi

Penyakit gusi dan kerusakan gigi merupakan hal yang sangat umum. Salah satu cara terbaik untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan mengurangi penumpukan plak pada gigi. Dan plak gigi itu sendiri dapat mengganggu penampilan keseharian kita. Oleh sebab itu, penumpukan plak pada gigi perlu dihindari, salah satunya dengan rutin menggunakan obat kumur.

Dalam sebuah penelitian telah diuji antara obat kumur yang memiliki kandungan chlorhexidine dengan berkumur menggunakan jus yang terbuat dari lidah buaya. Setelah 4 hari penggunaan, ternyata obat kumur jus lidah buaya ini sama efektifnya dengan chlorhexidine dalam hal mengurangi plak pada gigi. Penelitian lain juga telah membuktikan adanya manfaat serupa dari berkumur dengan jus lidah buaya selama periode 15 hingga 30 hari. Dan hasilnya, jus lidah buaya sangat efektif dalam membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut, serta jamur Candida albicans.

8. Membantu mengurangi sembelit

Lidah buaya juga dapat membantu mengobati sembelit. Kali ini terletak pada bagian lateks, bukan gelnya. Lateks merupakan residu berwarna kuning dan lengket yang berada tepat di bawah kulit daun. Senyawa yang bertanggung jawab atas efek pencahar tersebut disebut aloin atau barbaloin.

Namun, ada sebagian orang yang khawatir tentang keamanannya apabila digunakan secara terus menerus. Karena alasan ini, lateks lidah buaya belum tersedia di AS sebagai obat bebas sejak tahun 2002 lalu.

Selain itu, lidah buaya tampaknya tidak efektif melawan kondisi pencernaan lainnya, seperti sindrom iritasi usus atau penyakit radang usus.

9. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya berpotensi menjadi obat untuk penyakit diabetes karena adanya penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy yang menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi turun untuk penderita diabetes tipe 2.

Walaupun demikian, harus berhati-hati dalam penggunaan ekstrak lidah buaya ini, karena apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, kadar gula dalam darah dapat menjadi turun secara drastis dalam jumlah yang tinggi dan dapat membahayakan kesehatan.

10. Membersihkan makeup

Bagi orang yang memiliki kulit wajah sensitif, lidah buaya bisa menjadi alternatif sebagai pembersih makeup alami tanpa menimbulkan iritasi. Dengan memiliki tekstur seperti gel, lidah buaya mampu melarutkan makeup di wajah dan sekaligus dapat melembapkan kulit wajah.

11. Mencerahkan kulit

Wajah sering kali mengalami kondisi dimana muncul bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya karena kerusakan yang disebabkan oleh efek radikal bebas dari waktu ke waktu, terlalu banyak terpapar sinar matahari, genetika, atau stres. Nah, Anda dapat mengambil manfaat dari lidah buaya ini untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah yang dapat mengganggu penampilan Anda tersebut.

Bagi Anda yang sedang hamil, bintik-bintik hitam di wajah merupakan sesuatu hal yang umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk menyamarkan bintik-bintik hitam tersebut dengan cara mengoleskannya. Manfaat lain dari gel lidah buaya ini juga dapat menyeimbangkan kulit menjadi lebih cerah dan lebih terang, serta menurunkan produksi pigmentasi. Selain itu, gel lidah buaya ini juga dapat berguna sebagai obat pengelupas alami untuk membersihkan sel-sel kulit yang berlebih.

Tagged

About Ibnoe Vaiz

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Selalu semangat dalam melakukan sesuatu hehe :).

View all posts by Ibnoe Vaiz →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *