counters
Info Tentang Produk : Hub. 0877-4224-9575 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

9 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Kesemek yang memiliki nama latin Diospyros kaki ini merupakan buah eksotis yang lezat dan memiliki banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Buah ini lebih dari sekedar suguhan manis dan lezat, namun memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh seperti kemampuan dalam meningkatkan kesehatan mata, memperbaiki pencernaan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan merawat kulit Anda. Selain itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan dapat membantu mengurangi peradangan.

Beli Buah Kesemek Manis Grade Super Asli Kalimantan

Apa itu kesemek? kesemek adalah buah berwarna coklat kemerahan atau oranye, yang memiliki bentuk seperti tomat kecil dan pipih. Buah ini dikenal memiliki rasa manis dan bertekstur. Buah kesemek biasanya memiliki dua jenis varietas, astringen dan non-astringen. Buah kesemek dengan varietas astringen biasanya mengandung bahan kimia tanaman yang tinggi dan dikenal sebagai tanin. Kesemek varietas astringen ini juga cenderung memiliki rasa pahit dan kering untuk versi mentahnya. Anda harus menunggu buah kesemek astringen ini menjadi matang dulu agar bisa dikonsumsi. Sedangkan buah kesemek non-astringen merupakan varietas yang juga kaya akan tanin, namun dapat dikonsumsi pada saat masih mentah.

Kandungan Gizi Pada Buah Kesemek

Menurut “USDA National Nutrient Database”, kesemek kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin B (terutama vitamin B6), mangan, serat makanan, kalium, magnesium, tembaga, dan fosfor. Menurut laporan yang dipublikasikan dalam jurnal “Experimental and Clinical Sciences”, buah kesemek juga mengandung senyawa organik lainnya termasuk senyawa karotenoid, katekin, dan lainnya, banyak di antaranya berkontribusi pada manfaat kesehatan tambahannya.

Manfaat Kesemek Untuk Kesehatan

Mari kita lihat beberapa manfaat kesemek untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Mencegah penyakit kanker

Buah kecil yang lezat ini banyak sekali mengandung antioksidan dan anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan dapat melindungi dari berbagai macam penyakit. Radikal bebas adalah molekul reaktif dan tidak stabil yang diproduksi tubuh secara alami dari proses metabolisme sel yang dapat mengubah sel sehat menjadi sel kanker dan merusak berbagai sistem organ. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam “Korean Journal of Nutrition” telah mengeksplorasi dampak anti-kanker dari ekstrak daun kesemek pada sel kanker lambung manusia dan bisa disimpulkan bahwa ekstrak daun kesemek ini memiliki potensi anti-kanker yang sangat kuat. Namun, penelitian lebih lanjut mengenai efek samping dari buah kesemek ini sangat diperlukan.

Baca:  Wajib Tahu! 5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan Yang Perlu Dicoba Manfaatnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah kesemek banyak mengandung vitamin C dan A, flavonoid, beta-karoten, serta adanya senyawa fenolik (katekin dan gallocatechin) yang menyebabkan buah ini memiliki efek anti-kanker.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti kebanyakan buah-buahan, kesemek merupakan sumber serat yang bagus dan mengandung hampir 20 persen kebutuhan serat harian dalam satu porsi. Selain itu, serat juga dapat membantu tubuh dalam memproses makanan secara lebih efisien dengan menambahkan massa ke tinja, merangsang gerakan peristaltik untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan sekresi cairan lambung dan pencernaan, serta meredakan gejala sembelit dan diare.

Secara keseluruhan, semua buah memiliki kandungan serat tinggi seperti halnya buah kesemek yang dapat menjadi pendorong utama sistem pencernaan dan dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker kolorektal, serta penyakit serupa lainnya. Buah kesemek juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan mempertahankannya dari penyerapan lipid yang dapat menyebabkan obesitas.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kesemek merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai manfaat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Di sisi lain, kesemek juga memiliki kandungan asam askorbat yang dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda, sekitar 80 persen.

Baca:  Ini Dia 6 Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam “Journal of Food Quality”, menjelaskan bahwa vitamin C dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang dapat menjadi pertahanan utama bagi tubuh Anda terhadap infeksi virus, mikroba, jamur, serta racun atau benda asing lainnya. Vitamin C yang diperoleh dari mengonsumsi buah kesemek juga dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai masalah kesehatan secara umum seperti flu, batuk, dan pilek.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat selanjutnya dari buah kesemek adalah membantu menjaga kesehatan mata. Buah kesemek memiliki banyak kandungan vitamin A dan antioksidan yang diperlukan bagi kesehatan mata Anda. Satu porsi buah kesemek dapat memenuhi kebutuhan 55 persen asupan vitamin A dalam sehari.

Kandungan vitamin A pada buah kesemek akan mendukung fungsi kornea dan membran konjungtiva. Dan keduanya merupakan komponen penting dari rhodopsin, protein yang dibutuhkan untuk penglihatan normal.

Buah kesemek juga memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein, termasuk dalam antioksidan karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Kedua zat tersebut dapat ditemukan dalam kadar tinggi di retina, yang merupakan lapisan jaringan peka cahaya yang terletak di bagian belakang mata.

5. Mengontrol tekanan darah

Tanin atau asam tanat yang terkandung dalam buah kesemek dapat membantu mengontrol kadar tekanan darah. Banyak riset menerangkan bahwa tanin bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah. Menurunnya tekanan darah juga dapat mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah terjadinya sesuatu yang terkait dengan jantung. Maka dari itu, tekanan darah tinggi umumnya menjadi faktor utama dari penyakit jantung.

6. Mencegah penuaan dini

Buah kesemek mengandung antioksidan dan beberapa vitamin yang bermanfaat untuk membantu melawan penuaan dini dan mengurangi radikal bebas.  Lutein, cryptoxanthin, likopen, beta karoten, dan vitamin A merupakan senyawa yang paling berperan penting dalam hal tersebut.

Baca:  Penting! Ini 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam “Biological And Pharmaceutical Bulletin” telah menunjukkan bahwa jenis polifenol tertentu dalam buah kesemek berperan memberi perlindungan dalam membantu mencegah kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini.

7. Meningkatkan aktivitas metabolik

Buah kesemek juga kaya akan unsur vitamin B kompleks seperti asam folat, tiamin, dan peridoksin. Semua unsur tersebut diketahui merupakan bagian penting dari proses enzimatik dan fungsi metabolisme di seluruh tubuh. Dan semua unsur ini akan memastikan sistem tubuh berfungsi secara efektif dan efisien, sehingga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

8. Memperlancar peredaran darah

Buah kesemek juga mengandung unsur tembaga yang merupakan elemen penting dalam menghasilkan sel darah merah baru. Tanpa adanya unsur tembaga, tubuh Anda tidak dapat menyerap berbagai nutrisi penting untuk menghasilkan hemoglobin tambahan. Peningkatan sirkulasi sel darah merah yang sehat diketahui dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, seperti halnya membantu meningkatkan fungsi kognitif, metabolisme, energi, tonus otot, pertumbuhan sel, dan perbaikan luka.

9. Membantu mengurangi peradangan

Manfaat buah kesemek yang terakhir adalah membantu mengurangi peradangan. Meskipun peradangan merupakan respon imun yang normal dan biasa saja, namun apabila terjadi peradangan kronis akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung, diabetes, kanker, dan radang sendi. Nah, buah kesemek ini mengandung tanin (asam tanat) yang berperan sebagai anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit.

Selain banyaknya manfaat, buah kesemek ini juga dapat diolah menjadi manisan lho, dan untuk membelinya bisa klik tombol atau klik link di bawah ini ya..

Pesan Kesemek

Beli Buah Kesemek Kering Manis Asli Kalimantan dan Grade Super

 

Tagged

About Ibnoe Vaiz

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Selalu semangat dalam melakukan sesuatu hehe :).

View all posts by Ibnoe Vaiz →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa Saja Ada