fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 9 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Tahukah Anda? Bahwa buah duku berasal dari salah satu Pulau di Sumatera? Yaps, buah duku berasal dari Palembang kota dengan ikon Jembatan Ampera tersebut. Buah berukuran kecil dan mempunyai warna kuning kecoklatan ini mudah ditemui di Indonesia lho. Tau gak sih ternyata buah yang banyak digemari masyarakat kita ini ternyata memiliki banyak manfaat lho. Terutama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa saja sih manfaat buah duku bagi kesehatan? Yuk simak berikut ini merupakan beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Selain buah pepaya ternyata buah yang memiliki nama latin Lansium Parasiticum juga dapat melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan buah duku mengandung serat yang tinggi seperti serat yang ditemukan dibuah pepaya. Selain itu buah kecil ini juga dapat mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kalori, mineral dan zat besi yang terkandung pada buah ini juga tak kalah dengan buah apel lho.

2. Sumber Antioksidan
Pada buah ini mengandung antioksidan alami, karena buah duku mengandung Vitamin C yang tinggi, yaitu jenis polifenol. Antioksidan sendiri berfungsi mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, radikal bebas yang masuk ke tubuh akan menyebabkan kerusakan pada tubuh, maka dari itu kita membutuhkan penangkal radikal bebas. Disinilah pentingnya peran antioksidan untuk menghindarkan tubuh kita dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain mengandung vitamin C buah duku juga mengandung vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi buah duku dalam jumlah yang cukup dan dengan waktu yang berkala tidak berlebihan membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, mencegah tanda penuaan dini pada kulit seperti kulit yang mulai terlihat keriput. Selain itu buah duku juga berkhasiat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit. Buah duku juga dapat menjaga kulit dari bahaya sinar UV. Bahkan ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa kulit buah duku yang digosokkan kekulit dapat mencegah gatal-gatal dan jerawat.

Baca:  Cek Apa Saja Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

4. Mengendalikan Kolestrol
Ternyata buah duku juga dapat membantu kita untuk mengendalikan kolestrol lho gaes. Apalagi jika Anda termasuk pemilik kadar kolestrol yang cukup tinggi, yuk mulai konsumsi buah duku untuk membantu mengendalikan kolestrolmu. Ini karena vitamin c yang cukup tinggi yang terkandung dalam buah duku dapat membantu mengubah kolestrol menjadi asam empedu. Karena kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti tekanan darah yang terlalu tinggi sampai penyakit diabetes. Oleh karena itu bagi Anda semua yang memiliki kolestrol yang tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah duku secara rutin.

5. Meningkatkan Sistem Imun
Vitamin C yang terkandung dalam buah duku dibutuhkan semua orang untuk menjaga kesehatan. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah duku dapat membantu Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jadi Anda tidak mudah untuk terkena penyakit. Asupan bergizi yang mengandung berbagai macam vitamin C ini memang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas harianmu. Karena antioksidan aktif yang ada dalam buah duku juga dapat membantu memulihkan beberapa fungsi tubuh.

Baca:  7 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Patut Diketahui

6. Memelihara Kesehatan Rambut
Mungkin Anda tidak menyangka buah sekecil ini memiliki banyak manfaat, bahkan salah satu manfaat dari buah kecil asal Palembang ini untuk memelihara kesehatan rambut lho gengs. Berkat beberapa kandungan nutrisinya, dengan mengonsumsi buah ini Anda dapat menjaga kelembaban rambut Anda lho gengs! Selain dapat menutrisi dari dalam tubuh, buah ini juga bermanfaat untuk menutrisi dari luar lho gengs? Tidak percaya? Coba buktikan dengan cara ini.

Anda dapat mengolah buah duku menjadi masker rambut, untuk membantu menutrisi rambur dari luar. Olah buah duku menjadi masker dengan cara menghaluskannya, dan membuang biji buah duku. Protein yang tinggi pada buah duku dapat mencegah kerontokan dan akan menutrisi rambut Anda agar terlihat lebih indah.

7. Menurunkan Berat Badan
Siapa sangka ternyata buah duku juga dapat menurunkan berat badan lho gengs! Kandungan buah duku dapat membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Apasih carnitine ini? Carnitine berfungsi untuk mengarahkan molekul-molekul yang ada pada lemak untuk menuju jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Karena jika tubuh kekurangan molekul ini akan merasa lelah dan deficit energy. Untuk menurunkan berat badan Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah duku dengan buah lainnya seperti apel, pisang.

Baca:  8 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Banyak sekali ya manfaat dari mengonsumsi buah ini? Yaps benar sekali gengs, bahkan buah duku ini dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi lho gengs. Ternyata kandungan vitamin D yang ada dalam buah duku sangat baik untuk kesehatan gusi. Karena mengkonsumsi vitamin D dapat memberikan efek yang cukup signifikan pada kesehatan gusi, dengan Anda memperbanyak mengkonsumsi duku Anda juga dapat mencegah timbulnya masalah penyakit yang timbul ada pada mulut seperti bau mulut, gusi berdarah ataupun sariawan. Selain itu kandungan vitamin D dan fosfor pada buah duku juga sangat baik untuk kesehatan gigi, agar gigi Anda tidak mudah keropos.

9. Mengusir Nyamuk
Tahukan Anda selain buah kecil nan manis ini yang membawa banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda, ternyata kulit buah duku juga dapat Anda manfaatkan. Yaps kulit pada buah duku dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengusir nyamuk yang ada disekitar kita, cukup taruh kulit buah duku disekitar sumber nyambuk, maka perlahan nyamuk akan pergi.

Walaupun buah ini musiman, sekarang Anda sudah mengetahui manfaatnya kan? Yuk gengs ketika musim buah duku perbanyak konsumsi buah duku ya, karena banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *