counters
Info Tentang Produk : Hub. 0877-4224-9575 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

11 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Adanya manfaat pada biji bunga matahari membuatnya menjadi pilihan camilan yang enak dan menyehatkan. Bunga matahari merupakan bunga yang mengikuti pergerakan matahari (disebut juga dengan heliotropisme), memiliki keindahan, dan menawarkan banyak manfaat kesehatan, terutama bijinya.

Penggunaan minyak bunga matahari dalam makanan telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Namun, bijinya harus digiling terlebih dahulu untuk mendapatkan minyaknya. Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat langsung mengunyah biji bunga matahari? Jawabannya ya. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji bunga matahari kaya akan vitamen E dan bagian terbaiknya adalah pada bijinya yang tidak mengandung kolesterol.

Beli Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari berasal dari tumbuhan bunga matahari dengan memiliki nama latin Helianthus annuus. Daging dari biji bunga matahari ini telah diselimuti oleh cangkang yang berwarna dasar hitam dan bergaris putih. Selain itu, dagingnya juga memiliki rasa yang enak, gurih, dan bertekstur renyah.

Kandungan Gizi Biji Bunga Matahari

  • Biji bunga matahari kaya akan kandungan kalori. 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 585 kalori energi. Biji ini juga memiliki jumlah serat yang baik sekitar 8,5 gram dan lemak 51,5 gram. Lemak yang ada, sebagian besar merupakan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang merupakan lemak baik. Selain itu, biji ini juga kaya akan kandungan protein sebesar 20,77 gram.
  • Biji ini juga sarat dengan vitamin seperti riboflavin, tiamin, folat, niasin, asam pantotenat, kolin, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B6.
  • Dan mengandung mineral seperti kalium, magnesium, besi, mangan, kalsium, seng, fosfor, natrium, dll.
  • Biji bunga matahari saat dikonsumsi juga memberi Anda senyawa tanaman seperti asam fenolik dan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat.

Manfaat Kesehatan Biji Bunga Matahari

Jika dilihat dari kandungan gizinya, biji bunga matahari ini menawarkan banyak sekali manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Dan berikut ini adalah beberapa uraian yang menjelaskan tentang manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh:

Baca:  10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Ini Wajib Diketahui Semua Orang

1. Membantu meningkatkan imunitas

Manfaat kesehatan yang pertama dari biji bunga matahari adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh, karena adanya vitamin E, seng, dan selenium di dalamnya.

Vitamin E dapat meningkatkan respon imun dan melindungi tubuh dari beberapa penyakit menular. Dan vitamin E tersebut juga merupakan antioksidan kuat dan mampu mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dalam tubuh kita.

Seng juga dapat melindungi tubuh kita dari peradangan, alergi, dan patogen yang menyerang, sehingga dapat mencegah infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Dan terakhir, selenium, senyawa ini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selenium juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif dari radikal bebas.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan serat pada biji bunga matahari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Niasin dan vitamin B3 yang ada dalam biji bunga matahari dapat mengurangi kadar kolesterol total dan risiko penyakit jantung.

Vitamin B5 atau asam pantotenat dalam biji bunga matahari juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol total serum.

3. Menjaga kesehatan jantung

Biji bunga matahari kaya akan kandungan asam oleat dan linoleat, serta rendah lemak jenuh dan natrium. Selain itu, biji ini juga mengandung magnesium, potasium, dan serat.

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serum. Mengkonsumsinya juga dapat mengurangi terjadinya aritmia. Semua efek ini membantu melindungi tubuh kita dari terjadinya gangguan kardiovaskular.

4. Mengurangi risiko kanker

Beta-sitosterol dan fitosterol yang ada dalam biji bunga matahari dapat membantu mencegah kanker payudara. Senyawa ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor, mengurangi ukuran tumor, dan juga mencegah metastasis.

Kehadiran antioksidan kuat dalam biji bunga matahari juga dapat mengurangi risiko kanker. Mengkonsumsi biji ini juga mampu mengurangi kemungkinan kanker usus besar.

Baca:  Beberapa Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

5. Membantu mengontrol diabetes

Manfaat lain yang tak kalah penting dari biji bunga matahari adalah dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2. Apa itu diabetes melitus tipe 2? Ini adalah kondisi kronis yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh Anda karena sel-sel tidak merespon insulin sebagaimana mestinya. Beberapa gejala yang diakibatkan oleh diabetes tipe 2 ini termasuk peningkatan rasa haus dan lapar, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, dan penglihatan kabur.

6. Meningkatkan fungsi otak

Biji bunga matahari juga mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan memori. Vitamin B6 ini melepaskan serotonin dan norepinefrin dalam tubuh kita.

Biji bunga matahari juga dapat membantu meringankan gejala yang berkaitan dengan sindrom pramenstruasi (PMS).

7. Membantu menurunkan berat badan

Biji bunga matahari juga kaya akan kandungan protein dan serat. Kedua senyawa tersebut dapat membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama, mengurangi asupan makanan, dan akhirnya mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Dan hal tersebut dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

8. Membantu meningkatkan energi

Biji bunga matahari merupakan sumber tiamin (vitamin B1) yang baik. Dan tiamin ini dapat membantu memecah karbohidrat, protein, dan lemak yang ada dalam makanan kita menjadi energi. Selain itu, tiamin juga dapat membantu dalam membangun otot. Nah, segenggam biji bunga matahari dapat memberi Anda energi instan saat dikonsumsi.

9. Membantu mengobati anemia

Biji bunga matahari merupakan sumber zat besi yang baik. Dengan mengkonsumsi biji-bijian ini, bisa membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga orang yang menderita anemia dapat terbantu.

10. Membantu mengeluarkan racun

Biji bunga matahari memiliki aktivitas antibakteri yang sangat kuat, sehingga dengan mengonsumsinya dapat membantu menghilangkan bakteri dan kuman dari sel secara efektif. Selain itu, mengonsumsi biji-bijian ini secara tidak berlebihan juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

Baca:  Ciri-Ciri Corona Covid-19 dengan Gejala Tidak Biasa, Bisa Alami Diare dan Hilangnya Indra Perasa dan Penciuman

11. Menyehatkan kulit

Mengkonsumsi biji bunga matahari membuat kulit kita bercahaya. Sifat antibakteri dan antijamur dari dalam biji ini juga dapat mencegah infeksi, sehingga menjaga kulit kita tetap bersih dan sehat.

Dengan adanya kandungan asam oleat dan linoleat dalam biji bunga matahari, juga dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin yang mempercepat penyembuhan luka. Kedua senyawa tersebut juga dapat mencegah pembentukan bekas luka.

Efek Samping Mengonsumsi Biji Bunga Matahari

  • Mengonsumsi biji bunga matahari secara berlebihan dapat menyebabkan muntah, sembelit, dan sakit perut.
  • Orang yang alergi terhadap biji bunga matahari bila memakannya dapat menunjukkan gejala seperti ruam, muntah, masalah pernapasan, bengkak, dan gatal di sekitar mulut, dll.
  • Karena biji bunga matahari kaya akan kandungan kalori, maka mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan.
  • Biji bunga matahari mengandung jejak logam berat, jika makan terlalu banyak biji-bijian seperti biji bunga matahari ini bisa berbahaya bagi ginjal kita.

Benih biji bunga matahari ini juga dapat dijadikan camilan yang menyenangkan dengan sendirinya, tetapi Anda juga dapat menaburkannya ke salad Anda dengan campuran trail atau granola. Atau giling benih tersebut hingga menjadi bubuk dan pergunakan bubuk itu untuk membuat biskuit atau tahini. Mau benih biji matahari mentah 1KG dengan harga terjangkau dan bisa dapatkan gratis ongkir juga? Anda bisa membelinya dengan mengeklik tombol atau link di bawah ini ya guys..

Beli Biji Bunga Matahari

Benih Biji Bunga Matahari 1KG / Sun Flower Seed Raw 1KG

 

Tagged

About Ibnoe Vaiz

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Selalu semangat dalam melakukan sesuatu hehe :).

View all posts by Ibnoe Vaiz →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa Saja Ada