fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Donor Darah

Donor darah menjadi kegiatan amal yang bisa kita lakukan untuk menolong orang yang sedang membutuhkan. Biasanya kita mendonorkan darah tiga bulan sekali dengan ketentuan yang telah dibuat oleh Palang Merah Indonesia agar melindungi kesehatan pendonor dan penerima donor. Dengan mendonorkan darah, Anda dapat mendapatkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya seperti berikut ini.

1. Menyelamatkan nyawa orang lain
Seperti yang sudah kita tahu bahwa dengan mendonorkan darah, dapat menolong nyawa orang lain. Biasanya Anda pun memiliki alasan-alasan tertentu untuk melakukan donor darah, entah itu sanak saudara yang sedang membutuhkan atau bahkan secara sukarela menolong orang lain yang sedang membutuhkan pasokan darah untuk mendapatkan darah tambahan agar tidak terjadi kasus kehabisan darah dan mengakibatkan kematian. Biasanya darah yang sudah diambil oleh petugas kesehatan akan diberikan pada pasien darurat seperti kecelakaan, operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah.

2. Memperpanjang usia Anda
Dengan mendonorkan darah, Anda dapat memperpanjang usia. Ini disebabkan darah pada tubuh akan terganti dan dipulihkan dan diganti dengan darah baru. Tidak hanya itu saja, faktor batin yang lebih sehat pun akan menjadikan Anda panjang umur, ini terbukti dari salah satu penelitian bahwa orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun usianya.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah
Manfaat lainnya dari mendonorkan darah adalah bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Ini disebabkan ketika mendonorkan darah, maka sel darah merah Anda akan berkurang dan sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah merah yang hilang. Dengan Anda rutin mendonorkan maka Anda membuat tubuh menstimulasi pembentukan darah baru yang segar dan menjaga kesehatan Anda juga.

4. Menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah
Mendonorkan darah bisa memperlancar aliran darah dan mencegah penyumbatan arteri. Dengan rutin mendonorkan darah Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung, ini karena kadar zat besi dalam darah akan lebih stabil dan zat besi dalam darah yang tinggi justru akan menyebabkan Anda berisiko terserang penyakit jantung.

5. Anda bisa cek-up kesehatan
Dengan mendonorkan darah, Anda juga bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda. Ini karena sebelum Anda memulai untuk mendonor, kondisi kesehatan pendonor akan selalu di cek terlebih dahulu, seperti suhu tubuh, tekanan darah, nadi, kadar hemoglobin akan diperiksa. Jika kondisi kesehatan Anda baik maka akan lulus untuk donor, dan setelah darah Anda diambil, darah tersebut akan diperiksa kembali di laboratorium dan menjalani 13 tes berbeda, jika terjadi masalah atau terdeteksi penyakit maka Anda akan diberi pemberitahuan oleh pihak rumah sakit yang bertanggung jawab.

Bagaimana? Sudah lebih mengetahui manfaat dari donor darah, bukan? Dengan membaca artikel ini, semoga anda lebih memahami manfaat donor darah dan ikut serta dalam mendonorkan darahnya, karena donor darah memiliki berbagai macam manfaat yang ditimbulkan dari kegiatan itu sendiri tentunya.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *