fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Penting! 15 Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat buah langsat untuk kesehatan? Buah langsat merupakan buah khas daerah Maluku, selain di daerah Maluku, buah ini juga bisa kita temui di semua daratan subur di Indonesia, seperti di Sumatera. Buah langsat bentuknya hampir mirip dengan buah duku, sama-sama bergerombol dalam satu batang dan kalau sudah matang warnanya sama-sama bewarna kuning. Hanya sedikit perbedaan bentuk fisiknya, buah langsat sedikit lonjong dan memiliki kulit yang tipis dengan biji lebih besar, sedangkan buah duku lebih bulat, bijinya lebih kecil dari buah langsat. Dari segi rasa buah duku lebih unggul dari pada buah langsat, buah langsat terasa lebih asam, sementara buah duku rasanya manis dan disukai banyak orang.

Buah langsat dari segi rasa memang kalah dengan buah duku, tapi dibalik kelemahanya buah langsat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. dalam 100 gram buah langsat terkandung energi 56 kkal, 0,9 gram protein, 0,2 gram lemak, 14,3 gram karbohidrat, 0,7 gram mineral, 17 mg kalsium, 9 mg fosfor dan 1,1 zat besi, vitamin C 3 mg, vitamin B1 0,07 mg, vitamin A, 0IU, air 84,1 gram. Dari kandungan tersebut tidak heran kalau buah langsat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Kita. Berikut adalah beberapa manfaat buah langsat untuk kesehatan.

1. Sumber antioksidan
Bedasarkan penelitian kandungan ekstrak kulit langsat kaya antioksidan. Antioksidan ini berfungsi sebagai pertahanan tubuh Kita terhadap efek buruk radikal bebas. Antioksidan ini akan bekerja dengan cara memberikan elektron pada molekul radikal bebas sehingga akan menetralkan efek buruk dari radikal bebas tersebut.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Buah langsat banyak mengandung serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Jika Anda bermasalah dengan pencernaan seperti sembelit, buah langsat bisa dimanfaatkan untuk membantu memperlancar pencernaan.

3. Menyembuhkan sakit demam
Bagian buah langsat yang dapat mengobati demam adalah bagian bijinya, cara penyajiannya, biji langsat ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air, kemudian diminum. Biji langsat ini rasanya memang pahit tetapi memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit demam.

4. Sebagai obat cacing
Biji buah langsat selain bisa mengobati demam, juga bisa dimanfaatkan untuk obat cacing, masalah cacingan ini biasanya sering dialami oleh anak-anak usia 2 – 12 tahun. Untuk mengobati cacing pada anak-anak atau orang dewasa buah langsat dapat diolah menjadi obat, cara penyajianya sangat mudah, biji ditumbuk sampe halus, dicampur sedikit air kemudian diminum.

5. Membantu program diet
Buah langsat mengandung sumber kalori sangat bagus digunakan untuk mengganti cemilan. Anda yang sedang menjalankan program diet, tetapi sulit untuk menahan nafsu makan, atau sulit untuk berhenti ngemil. Anda bisa memanfaatkan buah langsat ini sebagai pengganti cemilan Anda.

6. Menjaga kesehatan ginjal
Buah langsat mengandung fosfor yang cukup untuk kesehatan ginjal, fosfor ini berfungsi untuk membantu ginjal dalam menyaring zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Perlu diperhatikan juga, kelebihan fosfor juga tidak bagus karena dapat mengganggu kerja ginjal.

7. Membantu pembentukan hemoglobin
Zat besi yang terkandung dalam buah langsat membantu pembentukan hemoglobin, hemoglobin merupakan protein yang berada dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh Kita. Selain itu hemoglobin juga sangat berperan penting dalam penyembuhan luka.

8. Melancarkan fungsi sistem saraf
Buah langsat mengandung protein, protein ini berfungsi sebagai perantara sel saraf terhadap ransangan.

9. Mencegah penuaan dini
Penuan dini disebabkan oleh efek buruk radikal bebas, seperti yang sudah Kita bahas di poin no 1, Buah langsat kaya antioksidan yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh Kita terhadap efek buruk radikal bebas.

10. Menguatkan gigi
Kandungan fosfor yang terdapat di dalam buah langsat bukan hanya bermanfaat menjaga kesehatan ginjal, tetapi juga bermanfaat untuk menguatkan gigi.

11. Mengatasi kanker
Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti manusia, untuk mencegah kanker Anda dapat memanfaatkan buah langsat, kandungan yang terdapat di dalam buah langsat mampu menetralkan efek buruk dari radikal bebas yang mana efek buruk ini dapat memicu munculnya kanker.

12. Mencegah diare
Buah langsat mengandung serat yang sangat bagus untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, selain itu juga bagus untuh mencegah diare.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah langsat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C akan membantu neutrofil dalam membunuh dan menangkal serangan dari virus dan bakteri buruk dalam tubuh.

14. Menurunkan berat badan
Kandungan nutrisi serta serat yang terdapat di dalam buah langsat bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kandungan seratnya akan membantu memperlancar sistem pencernaan, kemudian kandungan kalorinya yang tinggi akan membantu dalam proses program diet.

15. Pemutih atau pencerah kulit
Ekstrak buah langsat dapat menghambat kerja enzim tirosinase yang membuat kulit menjadi gelap, selain itu ekstrak buah langsat juga kaya antioksidan yang menetralkan efek buruk dari radikal bebas, yang mana radikal bebas ini dapat merusak kulit Kita.

Buah langsat dapat dikonsumsi langsung atau sebagai jus dan minuman infuse water. Dengan demikian akan lebih lengkap untuk semua olahannya dari yang mudah sampai agak rumit dan dapat ditambah dengan buah lainnya.

Demikianlah beberapa manfaat buah langsat untuk kesehatan, dibalik rasanya yang sedikit asam ternyata terdapat banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jadi, bagi Anda yang gemar mengkonsumsi buah sebagai camilan sepertinya cocok jika memilih menu yang satu ini. Selamat mencoba.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *