fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Daun bidara merupakan daun dari pohon Bidara (Ziziphus Mauritiana) yang memiliki banyak manfaat buat manusia. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana bentuknya, maka perlu diketahui bahwa daun bidara berbentuk elips dan berwarna hijau mengkilap. Tanamannya menyerupai tanaman belukar dan tumbuh di daerah yang cenderung kering dengan tingkat curah hujan sedikit. Pertumbuhan tanaman satu ini juga cukup cepat. Selain itu, buahnya juga bisa dikonsumsi lho. Biasanya pohon bidara bisa mencapai hingga 15 meter tingginya. Pada batangnya ada duri-duri yang jumlahnya banyak. Saking cepatnya tumbuh, banyak masyarakat yang mengira bahwa pohon bidara adalah tanaman liar. Padahal, ada banyak manfaat yang dimiliki daun bidara untuk kesehatan lho. Dan sekarang Anda mengetahuinya. Nah, adapun manfaat daun bidara untuk kesehatan yang perlu diketahui adalah di antaranya sebagai berikut.

1. Mengobati Jerawat
Nah, bagi kalian yang bermasalah dengan jerawat dan sering sekali mengalami wajah yang berjerawat maka bisa memanfaatkan daun bidara. Sama seperti lidah buaya, daun bidara pun mampu membuat kulit wajah Anda bersih dan cantik serta terhindar dari jerawat. Bahkan daun bidara juga bisa membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit dai sinar UV. Dengan begitu, kulit wajah akan tetap terjaga dan sehat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Daun bidara dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Daun bidara mampu mencegah dan mengatasi gangguan jantung. Tentunya Anda harus membarengi konsumsi daun bidara dengan pola hidup sehat. Anda bisa mengonsumsi daun bidara dengan cara membuat jus atau konsumsi langsung.

Baca:  12 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Keluarga

3. Membantu Penyembuhan Luka
Daun bidara ternyata memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yangmana dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Misalnya saja Anda mengalami luka sayatan, lecet atau goresan maka bisa mempercepat penyembuhan dengan memanfaatkan daun bidara. Daun bidara juga bisa menyembuhkan dan mencegah luka bakar membekas pada kulit.

4. Menjaga Sistem Pencernaan
Daun bidara juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh. daun yang bermanfaat ini akan membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan sehingga akan mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Anda bisa mengonsumsi daun bidara secara langsung, direbus daunnya atau mengonsumsi teh daun bidara. Daun bidara juga bisa mengatasi masalah pada lambung seperti Maag.

5. Mengatasi Insomnia dan Depresi
Anda susah tidur? Pastinya ini sangat mengganggu, apalagi jika esoknya akan bekerja. Jika masalah ini terjadi, Anda bisa mengonsumsi daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan saponin yang mampu memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengatasi insomnia Anda. sehingga kualitas tidur pun akan semakin baik. Anda bisa mengolah daun bidara menjadi teh sebagai cara mengonsumsinya. Selain membantu tidur menjadi nyaman, tentunya ini berarti bahwa daun bidara bisa mengatasi masalah depresi. Depresi bisa sangat berbahaya jika tidak diatasi dengan benar. Selain menyebabkan masalah psikis, depresi juga bisa menyebabkan masalah fisik. Cobalah konsumsi daun bidara yang memiliki zat yang berefek menenangkan dan dapat melancarkan aliran darah. Sehingga tubuh dan pikiran bisa kembali tenang dan membaik.

Baca:  12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Melancarkan Haid dan Mengobati Keputihan
Manfaat daun bidara yang tidak kalah hebatnya adalah mampu mengatasi atau mencegah haid tidak lancar pada wanita. Kandungan senyawa yang ada pada daun bidara dapat membuat hormone Anda seimbang dan melancarkan haid. Selain melancarkan haid, daun bidara juga bisa mengobati masalah keputihan. Daun bidara dapat menghilangkan jamur pada miss V yang menyebabkan munculnya keputihan dan gangguan kesehatan.

7. Menurunkan Risiko Diabetes
Ada banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan. Salah satunya lagi adalah daun bidara dapat menurunkan risiko diabetes. Daun bidara memiliki peran yang penting dalam mengontrol kadar gula darah. Penderita diabetes adalah mereka yang diharuskan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula untuk menstabilkan gula darah, dan daun bidara adalah pilihan obat herbal yang baik untuk mengobati diabetes.

8. Mengobati Wasir
Selain dapat mengobati keputihan akibat jamur, daun bidara juga dapat mengatasi wasir. Wasir memang tidak termasuk ke dalam penyakit yang mematikan. Meskipun begitu, wasir merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan membuat penderitanya tersiksa. Untuk mengatasi ini, daun bidara adalah tanaman herbal yang baik untuk mengobati wasir. Cara pengaplikasiannya adalah meminum air rebusan daun bidara secara rutin atau mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang mengalami wasir atau membengkak.

Baca:  7 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

9. Membersihkan Tubuh
Perlu diketahui bahwa ternyata daun bidara merupakan salah satu bahan dalam pembuatan sabun. Bahkan ini adalah bahan utama dalam pembuatannya. Daun bidara dapat membersihkan tubuh lebih maksimal. Seperti daun sirih, sabun daun bidara juga bisa mengatasi masalah keputihan pada wanita. Ini karena pada dasarnya daun bidara bida dijadikan sebagai antiseptik. Sehingga ada anjuran untuk menggunakan daun bidara untuk membersihkan tubuh.

10. Merawat Rambut
Yang telah disebutkan di atas, daun bidara juga sangat baik dalam merawat rambut. Biasanya daun bidara diolah menjadi hair tonic. Daun bidara dapat membuat rambut menjadi kuat dan terhindar dari rambut rusak dan rontok.

Siapa yang mengira bahwa ternyata pada tanaman dengan buah dan daun mungil, yakni pohon bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan mengetahui manfaat yang terdapat pada daun bidara, maka Anda akan berpikir ulang untuk menebas atau menebang pohon bidara yang bermanfaat secara sembarangan. Manfaatkan tanaman yang mudah tumbuh dengan cepat ini untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa hidup dengan sehat dan menyenangkan. Semoga dengan manfaat-manfaat daun bidara yang telah terpapar di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Related Post

5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Kesehatan adalah sesuatu hal yang mahal. Anda harus menjaga semua organ tubuh dengan baik. Salah satu contoh organ yang paling penting untuk dijaga ad...
Penting! 11 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Ja... Jika dilihat dari kondisi fisiknya, daun Afrika memang seperti daun biasa yang tidak memiliki keistimewaan tertentu. Ciri dari daun Afrika adalah ukur...
9 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan Mungkin dari sebagian besar masyarakat, khususnya anak muda sangat tidak menyukai sayuran yang namanya pare. Orang-orang ini tidak menyukainya karena ...
7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Benar Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat vital fungsi dan perannya. Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi ...
Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan yang Jarang Dike... Dari awal munculnya, warga Indonesia berbondong-bondong ingin mencoba dan mengetahui rasa serta bentuk jeruk bali. Bahkan, sampai menanamnya sendiri d...
Beberapa Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubu... Persea americana atau buah alpukat, selain nikmat juga memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yang paling ...
12 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Keluarga Hampir semua orang Indonesia mengerti apa yang dimaksud dengan daun seledri. Bahan makanan yang satu ini memang cukup familiar, karena menjadi salah s...
Penting! 7 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Yang Waji... Timun atau mentimun merupakan jenis labu-labuan yang merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun dapat ditemukan di berbaga...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *