fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Temulawak merupakan tanaman herbal dan rempah-rempah yang tidak kalah populer dengan tanaman herbal lainnya di Indonesia. Manfaatnya sudah sangat tidak diragukan dari dahulu hingga sekarang di Indonesia. Bahkan temulawak merupakan tanaman obat yang sudah sangat banyak dibuat menjadi bahan obat tradisonal dan alami. Mulai dari akar dan batang temulawak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan dahulu orang Indonesia seringkali menjadikan temulawak untuk menambah nafsu makan anak-anak. Selain itu, ada juga manfaat lain dari temulawak. Lalu, apa sajakah manfaat luar biasa lainnya dari temulawak? Berikut ini ada 10 manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan
Temulawak memiliki kemampuan untuk merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Dengan kemampuan ini, temulawak dapat membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh. Bahkan dapat membantu menjaga metabolisme lemak dalam tubuh. Proses metabolisme dalam tubuh menjadi lancar tanpa masalah saat Anda mengkonsumsi temulawak. Selain itu, temulawak juga dapat membantu mengatasi perut kembung, mengatasi pencernaan tidak lancar dan juga meningkatkan nafsu makan. Bagi Anda yang mengalami sakit diare atau bahkan dispepsia, temulawak bisa menjadi obat herbal untuk mengobatinya. Jika mau sistem pencernaan lancar maka konsumsi temulawak secara teratur. Dengan resep yang disarankan dan dikonsumsi secara teratur maka bisa membuat kondisi pencernaan semakin baik.

2. Mengatasi Osteorthritis
Siapa yang menyangka bahwa ternyata temulawak dapat membantu mengatasi dan mengobati pasien pengidap Osteorthritis. Penyakit ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada persendian yang mana sendi-sendi pada tubuh terasa sakit dan kaku. Sebuah penelitian menyatakan bahwa efek temulawak sama halnya dengan efek ibuprofen yang merupakan obat penghilang rasa sakit yang diberikan pada pasien Osteorthritis. Jika sendi Anda terasa sakit dan kaku, cobalah untuk mengonsumsi temulawak.

Baca:  Inilah 6 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh Kita

3. Mencegah dan Membantu Mengobati Kanker
Temulawak juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik buat penderita kanker. Temulawak dapat membantu dalam mencegah dan membantu proses pengobatan kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus. Hal ini bisa terjadi karena pada temulawak terkandung zat antioksidan yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker. Bahkan dari hasil studi yang pernah dilakukan oleh University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kandungan dalam temulawak yang ada di dalamnya mampu membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif. Bagaimana? Tentunya ini merupakan pengetahuan yang sangat berharga. Dan ini membuktikan bahwa temulawak adalah tanaman herbal serbaguna yang baik untuk menjaga kesehatan.

4. Menambah Nafsu Makan
Jika kata orangtua dulu, agar anak-anak doyan makan maka bisa diberi ramuan herbal berupa temulawak. Dan nyatanya temulawak mampu membantu menambah nafsu makan. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga remaja dan dewasa. Biasanya temulawak akan dibuat menjadi jamu. Jika tidak suka dengan yang pahit, kini sudah ada banyak produk herbal dari temulawak yang ramah rasa dan tidak pahit untuk menambah nafsu makan orang-orang terutama anak-anak.

Baca:  Mengenal 8 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

5. Mengatasi Kram Perut Akibat Haid
Pada masa haid, apakah Anda mengalami kram perut? Tentunya ini akan sangat mengganggu dan bahkan menyakitkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara pengobatan yang alami dan mudah lho. Caranya adalah Anda hanya perlu mengonsumsi temulawak. Temulawak ternyata juga mampu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan saat terjadi menstruasi. Jadi jika terjadi kram perut saat haid, cobalah untuk mengonsumsi temulawak.

6. Mengatasi Masuk Angin
Perut kembung dan masuk angin? Jika itu terjadi maka konsumsilah temulawak. Manfaat temulawak yang sering terlupakan adalah kemampuannya yang dapat mengatasi masuk angin. Berbagai kandungan yang ada pada temulawak ternyata memiliki kemampuan dalam mengobati masuk angin dan sakit kepala. Anda perlu meminum 2 – 3 gelas jamu temulawak untuk meredakan masuk angin dan sakit kepala.

7. Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh
Jika temulawak mampu melancarkan pencernaan, tentunya ini menunjukkan bahwa temulawak juga mampu mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh. dengan sistem pencernaan yang baik dan lancar, maka racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar dengan lebih baik. Jadi, jika terjadi masalah pada perut seperti perut kram, sakit usus, diare, perut kembung dan lain sebagainya maka cobalah untuk mengonsumsi temulawak. Tentunya temulawak yang sudah diolah terlebih dahulu ya agar mudah dikonsumsi.

Baca:  Kenali Pentingnya Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Berikut Ini

8. Meningkatkan Fungsi Ginjal
Hal yang tidak disangka dari temulawak yang sangat bermanfaat adalah ternyata dapat meningkatkan fungsi ginjal dalam tugasnya untuk menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun dalam tubuh. hal ini disebabkan karena pada temulawak terdapat kandungan minyak asiri yang mampu membuat ginjal bekerja lebih baik.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh atau Stamina
Jika Anda orang yang aktif dan dituntut bekerja disiplin dan tepat waktu, maka dibutuhkan stamina yang kuat. Agar stamina Anda tetap terjaga, maka konsumsilah temulawak. Minuman campuran temulawak dan kunyit dapat membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah dan lebih bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas. Ini bisa terjadi karena adanya kandungan tonikum di dalamnya. Nah, mudah bukan? Namun tentunya konsumsi sesuai anjuran atau jangan dikonsumsi dalam jangka panjang. Karena segala yang berlebihan tidak baik dan manfaatnya pun akan hilang.

10. Mengatasi Demam
Selain dapat menambah nafsu makan anak-anak, temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi demam. Ini karena temulawak memiliki kemampuan untuk meredakan demam. Jika Anda menggunakan obat-obatan apotek untuk meredakan demam, cobalah menggunakan temulawak yang alami dan lebih aman.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *