fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Buktikan! Inilah 7 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Tubuh Kita

Pernahkah Anda mendengar tentang ikan gabus? Bukan hanya di kartun Spongebob, ikan ini adalah salah satu jenis keluarga pisces yang sering dimakan. Ternyata, ada banyak sekali manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Namun, apa saja jenisnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menyembuhkan hipoalbuminemia
Pernahkah Anda mendengar tentang hipoalbuminemia? Hipoalbuminemia adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, mulai dari diabetes, gagal jantung, sirosis hati dan juga penyakit lupus. Cara untuk menyembuhkannya adalah dengan melengkapi zat albumin dalam tubuh. Albumin ini bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi ikan gabus. Kandungan albumin yang ada di dalam ikan gabus bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah hipoalbuminemia dalam tubuh.

Jika ingin memperoleh hasil yang memuaskan dari konsumsi ikan gabus maka ikan yang segar memang sangat direkomendasikan. Namun, apabila karena faktor iklim atau sulitnya mendapatkan ikan gabus secara langsung maka Anda dapat membuat atau membeli ikan gabus dalam kondisi kering atau olahan lain.

Jangan khawatir, ikan gabus sangat mudah untuk dimasak atau disimpan. Misalnya dengan diolah menjadi abon atau bakso ikan. Bahkan kaldu ikan gabus atau kapsul ekstrak minyak ikan gabus sangat baik untuk kesehatan karena kandungan albuminnya memang sangat tinggi. Bagi Anda yang terkena penyakit lupus tetapi ingin mencoba program hamil, Anda bisa mengkonsumsi banyak asupan albumin dari ikan gabus.

Baca:  Inilah 6 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

2. Membantu tercukupinya nutrisi dalam tubuh
Ikan gabus memiliki banyak fungsi untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mendukung pertumbuhan. Jika Anda mengenal orang yang sedang hamil atau ibu menyusui, maka sarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus. Tidak hanya untuk ibu-ibu saja, semua orang juga disarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus agar membantu nutrisi di dalam tubuh tetap terpenuhi.

Bagi remaja yang membutuhkan stamina di masa produktifnya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan ikan gabus. Mengapa demikian? Karena ketika seseorang berada di usia remaja maka bisa jadi ia akan lebih banyak mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk melakukan aktifitas secara dinamis. Nah, karena ikan gabus adalah suatu makanan yang kaya vitamin dan mineral maka Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk kerupuk atau keripik ikan.

3. Memperlancar pencernaan
Kadar protein yang ada di dalam ikan gabus sangat tinggi dan bahkan hampir setara dengan kandungan protein dalam daging. Kelebihan dari ikan gabus dibandingkan dengan penghasil protein yang lain adalah mudah untuk dicerna. Sistem pencernaan di dalam tubuh ini akan mampu untuk mencerna kandungan ikan gabus dibandingkan dengan jenis makanan yang lain. Sistem pencernaan juga tidak akan bekerja terlalu keras sehingga bisa meminimalisir munculnya penyakit di dalam tubuh.

Bagi Anda yang sedang dalam proses diet, maka ikan gabus kukus akan sangat direkomendasikan. Jika mengkonsumsi ikan gabus secara rutin yang tidak digoreng tetapi dikukus atau direbus maka Anda akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Jadi, meskipun mengurangi karbohidrat ketika diet Anda akan bisa tetap sehat tanpa harus khawatir mudah terserang penyakit akibat virus atau bakteri karena kekurangan nutrisi atau imunitas berkurang.

Baca:  8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

4. Menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang
Jika menjaga protein tubuh bisa dilakukan oleh kandungan dalam ikan gabus, maka menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang juga bisa dilakukan oleh ikan gabus. Ada berbagai macam cairan yang harus didapatkan oleh tubuh agar tetap merasa baik. Cairan tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan di dalam daging ikan gabus.

5. Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat kelima yang bisa Anda dapatkan adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Lagi-lagi hal ini dikarenakan kadar albumin yang ada di dalam tubuh ikan gabus. Albumin ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu penyembuhan luka.

6. Memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi
Berikutnya akan kita bahas tentang manfaat ikan gabus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dalam satu ekor ikan gabus yang masih segar Anda akan mendapatkan kalsium sebanyak 62 miligram. Sementara itu pada ikan gabus yang kering Anda akan mendapatkan asupan mineral penting ini sebanyak 15 miligram. Inilah yang membuat makanan dari ikan gabus sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil maupun bayi.

Baca:  9 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Pertumbuhan tulang dan gigi seseorang sangat dipengaruhi oleh asupan kalsium dalam tubuhnya. Pada anak balita yang masih belum penuh struktur giginya bisa menggunakan ikan ini untuk lauk atau abon. Nah, dari ikan yang sangat bermanfaat tersebut akan muncul banyak keuntungan bisa diperoleh. Misalnya gigi semakin kuat, warna putihnya cemerlang dan tidak rapuh serta mudah berlubang.

7. Membuat anak menjadi pintar
Mungkin premis ini kedengaran sedikit aneh bukan? Namun, siapa sangka hal ini benar adanya. Karena anak bisa menjadi pintar dengan asupan protein yang cukup, terutama protein hewani. Pada masa keemasan anak harus bisa mendapatkan makanan yang lengkap komposisi gizinya mulai dari serat, karbohidrat, vitamin dan mineral. Ditambah lagi juga protein yang mampu mempercepat proses regenerasi sel.

Sel-sel di tubuh termasuk sel otak akan sangat membutuhkan asupan berupa protein. Apalagi karena sel otak sangat banyak dan jumlahnya sampai milyaran. Ketika proses pembentukan neuron serta susunan syaraf pusat seseorang pasti dibutuhkan “makanan” bagi otak yang dapat dipenuhi dari ikan gabus yang mudah diperoleh dan olahannya pun sangat praktis.

Itulah tadi 7 manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Anda akan mendapatkan semua manfaat itu jika mengkonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba!

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *