10 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kesehatan

Chia seed atau juga disebut dengan biji chia ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di perkumpulan pecinta kesehatan. Biji chia atau chia seed ini pada mulanya tumbuh berkembang di Meksiko, dan merupakan sebuah bahan makanan yang begitu dimuliakan karena mempunyai sifat pengobatan dan mempunyai nilai gizi yang bagus.

Kandungan Gizi Yang Terdapat pada Chia Seed

Chia seed atau juga disebut dengan biji chia ini banyak mengandung zat yang mempunyai kegunaan bagi tubuh seperti halnya antioksidan, serat, mineral, dan asam lemak omega 3. Di dalam 1 porsi chia seed (sekitar 30 gram) terdapat kandungan 6 gram protein, 10 gram serat, 9 gram lemak (kebanyakan berupa lemak sehat), dan 138 kalori. Di dalam chia seed terdapat kandungan asam lemak omega 3 dan serat yang begitu tinggi. Berdasarkan penelitian, asam lemak omega 3 dan serat ini dapat menolong mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat Atau Khasiat Yang Terdapat Pada Chia Seed

Berikut ini beberapa manfaat atau khasiat biji chia bagi kesehatan :

1. Mengandung Asam Lemak Omega 3
Biji Chia banyak mengandung lemak tak jenuh ganda, utamanya yaitu asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 yang terkandung pada biji chia ini bisa untuk mengurangi peradangan, menaikan kinerja kognitif, dan dapat mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh kita.

2. Banyak Mengandung Antioksidan
Biji chia atau chia seed banyak mengandung antioksidan yang bisa mencegah tubuh kita dari serangan radikal bebas, kanker, dan juga penuaan dini.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan
Chia seed atau juga disebut dengan biji chia ini banyak mengandung serat, yang mampu membuat lebih cepat merasa kenyang. Dengan begitu, biji chia mampu mengurangi rasa lapar dan mampu mengendalikan nafsu makan, yang juga bisa menurunkan berat badan kita karena nafsu makan kita terkendali.

4. Dapat Mengontrol kadar Gula dalam Darah
Biji chia bisa memberikan peran penting dalam mengatur kadar insulin dalam tubuh. Biji chia juga mampu mengurangi kekebalan terhadap insulin dan dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh yang begitu tinggi.

5. Menguatkan Tulang
Di dalam Biji chia terdapat beberapa kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tulang, seperti halnya fosfor, protein, kalsium, dan magnesium. Selain daripada itu, biji chia juga bisa menjadi salah satu alternatif sumber kalsium untuk Anda yang tidak lagi meminum susu.

6. Menyehatkan Jantung
Dengan mengkonsumsi makanan yang berserat telah terbukti mampu menurunkan tensi darah dan kolesterol dalam tubuh. Penelitian terbaru juga memperlihatkan bahwa serat makanan mempunyai kemungkinan memiliki peran dalam mengontrol sistem kekebalan dalam tubuh dan peradangan. Dengan demikian, biji chia mampu menurunkan risiko terhadap peradangan seperti halnya penyakit jantung, kanker, obesitas, dan juga diabetes.

7. Mencegah Dari Penyakit Kanker
Biji chia banyak akan kandungan asam alpha lineic atau (ALA), itu merupakan asam lemak omega 3. Dalam Journal of Molecular Biokimia diterangkan bahwa asam alpha lineic atau (ALA) mampu memangkas pertumbuhan sel kanker leher rahim dan kanker payudara. Selanjutnya di dalam jurnal tersebut, juga dijelaskan bahwa asam alpha lineac atau (ALA) tersebut bisa membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh kita tanpa merusak sel-sel yang sehat tentunya.

8. Menyehatkan Pencernaan dan Detoksifikasi
Melakukan diet dengan serat tinggi dengan cukup mampu mencegah sembelit dan menyehatkan saluran pencernaan kita. Dan dengan buang air besar secara rutin dan teratur merupakan sesuatu hal yang krusial untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

9. Menyehatkan Gigi
Di dalam biji chia terdapat beberapa kandungan vitamin A, kalsium, zinc, fosfor, dan sebagainya sehingga tidak mengherankan bahwa biji chia merupakan sebuah makanan yang mampu menyehatkan bagi gigi. Karena kalsium sendiri sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan bagi gigi, sedangkan fosfor dan vitamin A juga sangat berguna agar gigi menjadi kuat dan mulut menjadi sehat.

10. Menambah Energi
Biji chia mampu menambah energi untuk kita. Di dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning, telah membuat kesimpulan bahwa dengan memakan biji chia mampu meningkatkan kinerja olahraga yang dikerjakan selama 1,5 jam.

Efek Samping yang Diakibatkan oleh Biji Chia

Kemungkinan, beberapa orang akan merasakan tidak nyaman pada perutnya ketika memakan biji chia, utamanya dalam jumlah yang banyak, karena biji chia mengandung banyak serat. Oleh sebab itu, untuk mencegah efek samping tersebut dan tetap menjaga kesehatan setelah mengkonsumsi biji chia, lebih baik memakan biji chia secara secukupnya dan tidak terlalu berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *