fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Sering kita temukan ibu hamil mengkonsumsi daun katuk untuk memperlanjar produksi ASI, hal ini dikarenakan daun katuk memiliki senyawa minyak esensial seperti saponin, flavooid, tanin dan triterpenoid dan sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c serta mineral dan masih ada tujuh senyawa aktif lainnya yang baik untuk produksi ASI. Ternyata daun katuk tidak hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai upaya memperbanyak Asi, tapi juga bisa dikonsumsi oleh kita yang ingin menjaga kesehatannya dengan makanan sehat. Ada pun 6 manfaat dari daun katuk untuk kesehatan kita, diantaranya.

1. Mencegah osteoporosis
Kaum wanita sangat rentan terkena osteoporosis, oleh karenanya dibutuhkan asupan kalsium yang cukup agar terhindar dari osteoporosis. Salah satunya bisa dengan mengkonsumsi daun katuk yang mengandung kalsium hingga 2,8 besi kalsium.

2. Baik untuk vitalitas pria
Tidak hanya identik dengan kaum wanita, ternyata daun katuk juga memiliki manfaat yang banyak untuk kaum pria, terlebih mengenai kesehatan dan kualitas dari sperma yang dihasilkannya. Daun katuk ini mampu untuk merangsang sintesis hormon steroid seperti progresterone dan tetoteron. Maka tak heran jika daun katuk bisa membangkitkan vitalitas seksual dan menghasilkan sperma yang baik.

Baca:  Wajib Tahu! 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

3. Mengatasi gejala anemia
Anemia atau kekurangan darah bisa diakibatkan oleh kekurangan zat besi yang dialami seseorang sehingga mudah lemas dan pusing. Untuk mencegah atau mengatasi gejala anemia ini, kita bisa mengkonsumsi daun katuk dikarenakan daun katuk mengandung efedrin yang baik untuk penderita influenza. Zat besi yang tinggi pada daun katuk pun baik untuk mengatasi gejala anemia.

4. Bisa dijadikan sebagai bahan obat alami
Kandungan vitamin a, b1, dan c yang ada dalam daun katuk bisa dijadikan sebagai bahan obat alami. Ditambah dengan adanya senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin dan alkaloid papaverin yang baik untuk tubuh sehingga bisa menyebuhkan luka.

5. Mengatasi hipertensi
Selain darah rendah, daun katuk juga bisa mengatasi hipertensi atau darah tinggi. Kalsium yang rendah dalam tubuh akan menyebabkan kenaikan tekanan pada darah sehingga menyebabkan hipertensi, dan daun katuk memiliki kalsium yang cukup sehingga bisa membantu kekurangan kalsium dalam tubuh sehingga kadar kalsium menjadi stabil dan tekanan darah pun menjadi terjaga.

Baca:  8 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Anda

6. Menjaga kesehatan mata
Banyak buah dan sayuran yang sehat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata kita sehingga tidak mudah mengalami kerusakan. Salah satunya daun katuk sumber dari vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, dan meningkatkan ketahanan tubuh serta kulit kita tetap sehat.

7. Anti diabetes
Siapa sangka daun katuk pun bisa untuk mencegah diabetes pada seseorang. Ini disebabkan daun katuk yang bisa mempengaruhi kadar gula dalam tubuh. Seseorang yang mengkonsumsi daun katuk lebih bisa terhindar dari penyakit diabetes dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengkonsumsi daun katuk.

8. Mengobati bisul
Cara penggunaan daun katuk tidak hanya dengan dikonsumsi saja, namun daun katuk pun bisa dijadikan sebagai obat bisul. Bukan memakannya, tapi dengan menumbuk daun katuk sampai halus kemudian menempelkannya pada area bisul.

Banyak manfaat dari daun katuk ini, mendapatkannya pun sangat mudah apalagi mengolahnya menjadi santapan yang lezat dan berkhasiat untuk kesehatan kita. Semakin kita sering dan teratur mengkonsumsinya dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita maka daun katuk akan membawa manfaat yang banyak bagi tubuh dan kesehatan kita.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *