fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 6 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Belimbing merupakan buah yang hidup di negara iklim tropis yang memiliki rasa khas manis dengan sedikit masam. Tidak seperti buah lainnya, buah belimbing memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Perlu diketahui, buah belimbing mengandung beberapa vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini merupakan 6 manfaat belimbing untuk kesehatan.

1. Menurunkan risiko diabetes
Diabetes adalah penyakit yang dipengaruhi oleh meningkatnya glukosa dalam darah. Meskipun glukosa bermanfaat untuk sebagai cadangan energi di dalam tubuh, namun kelebihan glukosa dapat menyebabkan bahaya. Belimbing merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin dan kandungan zat antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi belimbing dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

Bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi belimbing langsung karena getahnya, maka bisa membuat infuse water dari belimbing. Agar manfaat belimbing untuk kesehatan lebih terasa maka maksimalkan belimbing untuk dicampur dengan lemon. Lemon yang punya kandungan asam akan membuat getah belimbing hilang.

2. Menurunkan risiko tumor ganas
Tumor merupakan sebuah gejala terjadinya proses tidak normal dalam jaringan sel. Penyakit tumor sangat berbahaya mengingat hanya jalan operasi seseorang dapat sembuh. Buah belimbing mempunyai kandungan zat antioksidan yang banyak. Dengan kebiasaan rutin mengonsumsi 2 buah belimbing dapat membantu tubuh dalam menurunkan risiko penyakit tumor.

Tumor sendiri tercipta karena banyaknya zat karsinogen yang menyebabkan sel-sel tubuh bermutasi. Meskipun tidak separah kanker tetapi tumor juga menjadi penyakit yang bisa mengancam keselamatan seseorang. Oleh karena itu, jika sudah terkena maka jumlah belimbing yang dimakan pun harus banyak dan disertai dengan buah tinggi zat antioksidan lain seperti delima dan buah naga.

Baca:  7 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Patut Diketahui

3. Meningkatkan metabolisme tubuh
Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Buah belimbing menyimpan vitamin A dan C dan antioksidan yang tinggi. Dengan Menyantap 1 sampai 2 buah setiap hari dan tidak berlebihan, kandungan dalam buah belimbing mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Tubuh akan tidak mudah terserang penyakit jika kekebalannya tinggi.

Belimbing yang dikonsumsi setiap hari mampu memenuhi kebutuhan vitamin C lebih dari jika Anda mengkonsumsi vitamin buatan maupun suplemen penunjang. Jadi, Anda akan semakin banyak mendapatkan keuntungan dari sisi kesehatan. Apalagi harga belimbing juga sangat terjangkau sehingga bisa dikonsumsi siapa saja.

Karena rasanya manis dan mudah didapatkan, maka belimbing akan ramah untuk dikonsumsi anak-anak. Seperti yang kita ketahui, anak-anak sangat rentan imunitasnya karena sering bermain di luar apalagi ketika musim penghujan. Jadi, ketika rutin mengkonsumsi belimbing mereka akan lebih jarang terkena batuk dan pilek.

4. Menurunkan risiko penyakit kulit
Penyakit kulit adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya asupan Vitamin B12 bagi tubuh. Penyakit ini dapat menyerang seseorang dengan berbagai jenis umur. Kandungan Vitamin C dalam buah belimbing adalah solusi. Disisi tubuh dapat kembali sehat, dengan mengurangi konsumsi obat.

Baca:  9 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda mengalami penyakit kulit atau bahkan penuaan dini, maka belimbing bisa membantu menghilangkan risiko yang lebih besar. Caranya yaitu melalui nutrisi kulit dari dalam. Jadi, Anda akan merasakan perlahan kulit menjadi kenyal serta keriputnya bisa berkurang.

Begitu pula jika Anda mengalami penyakit kulit berupa bintik atau flek yang muncul karena ketidakseimbangan hormon. Bagi para wanita yang menjalankan KB hormonal, penyakit kulit akibat flek juga kerap muncul bahkan sering pula berjerawat. Untuk meminimalisirnya, gunakan belimbing baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan masker.

5. Menyeimbangkan kadar lemak
Memiliki kadar lemak berlebihan sangatlah mengganggu aktivitas setiap hari. Diet merupakan cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Diet dengan mengonsumsi makanan alami adalah cara terbaik. Buah belimbing adalah buah yang cocok untuk menemani progam diet. Kandungan berbagai zat antioksidan dalam buah belimbing mampu membantu dalam menurunkan berat badan berlebih.

Belimbing bisa dikonsumsi bersama es, teh, jahe, atau minuman lainnya. Berbeda dengan lemon yang tidak bisa dicampur dengan susu karena kadar asamnya tinggi, belimbing masih bisa dicampur dengan mayonnaise atau susu rendah lemak dalam salad buah. Selain enak, salad buah juga sangat sehat serta dapat menyeimbangkan kadar lemak berlebih dalam tubuh. Jadi, risiko terkena kolesterol pun dapat diminimalisir.

Baca:  8 Manfaat Utama Lidah Buaya Untuk Kesehatan

6. Menurunkan kadar kolesterol darah
Tingginya kadar kolesterol di dalam darah merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung koroner. Mengatur pola yang tepat dengan memperhatikan asupan nutrisi adalah hal yang perlu dipahami bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Buah belimbing adalah buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan berbagai kandungan zat antiosidan dalam buah belimbing mampu menurunkan kadar kolesterol berlebihan pada darah.

Kolesterol darah yang berlebih bisa mengakibatkan aneka penyakit degeneratif. Oleh karena itu, jika seseorang terkena kolesterol maka harus sering makan aneka buah-buahan yang mengandung banyak air. Salah satunya adalah belimbing yang kaya manfaat, rasanya manis serta mudah diaplikasikan menjadi es, agar-agar atau menu olahan lain.

Bukan sesuatu peristiwa yang mengejutkan, banyak anak desa bergiliran naik pohon belimbing. Bentuk belimbing yang unik serupa dengan bintang membuat banyak anak terpikat untuk mencoba rasanya. Dengan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah belimbing, berbagai manfaat akan dapat dirasakan tubuh. Kondisi ini memaksa seseorang untuk tetap menjaga pola makan agar tetap seimbang. Agar setiap nutrisi lebih dapat terserap maksimal oleh tubuh. Sehingga tubuh dapat menjalankan proses kinerjanya dengan maksimal. Tubuh akan tetap sehat dan mampu menjalankan aktivitasnya setiap hari. Itulah aneka manfaat belimbing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Artikel Terkait

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh Temulawak merupakan tanaman herbal dan rempah-rempah yang tidak kalah populer dengan tanaman herbal lainnya di Indonesia. Manfaatnya sudah sangat tida...
8 Manfaat Utama Lidah Buaya Untuk Kesehatan Semua orang tentunya sudah pernah mendengar tentang lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh...
Inilah 9 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan yang Perlu ... Coklat atau cokelat merupakan bahan makanan yang terbuat dari biji kakao, coklat biasa digunakan untuk membuat minuman ataupun makanan misalnya pada k...
8 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Buah mengkudu merupakan jenis tanaman hijau tropis yang sangat mudah ditemukan di Negara Asia Tenggara, Selatan dan di pulau-pulau Pasifik. Meskipun b...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *