fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Ini Dia 5 Film yang Wajib Ditonton untuk Memperingati Hari AIDS Sedunia 1 Desember

Hari ini 1 Desember 2018 adalah hari dimana dunia memperingati hari ini sebagai Hari AIDS Sedunia. Peristiwa ini diperingati di seluruh dunia agar menumbuhkan kesadaran kita terhadap ganasnya penyakit AIDS yang diserbarkan melalui virus jenis HIV.

Kita tahu bahwa konsep dari hari AIDS Sedunia yaitu untuk mendukung dan merangkul para ODHA singkatan dari Orang Dengan HIV AIDS yang sedang melakukan perlawanan terhadap penyakitnya itu. Sedangkan konsep tersebut pertama kali digagas oleh Para Menteri Kesehatan Sedunia pada pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia yang membahas program-program bagaimana cara mencegah penyakit AIDS tersebut pada tahun 1988.

Semenjak pertemuan itu, semua pihak mulai dari pemerintah, organisasi internasional, maupun yayasan amal di dunia merayakan Hari AIDS Sedunia. Dan tak terkecuali para sineas film, mereka tertarik akan kisah perjuangan para Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) untuk dijadikan tema atau topik dalam filmnya tersebut.

Banyak film yang melejit di pasaran karena mengangkat tema realitas dari permasalahan HIV AIDS dan tentunya pelakunya juga. Ini dia 5 film bertema HIV AIDS yang telah dirangkum oleh ApaSajaAda.com diambil dari berbagai sumber agar kita bisa lebih mendukung dan memahami Orang Dengan HIV AIDS. Film-film yang wajib ditonton untuk memperingati Hari AIDS Sedunia.

1. Nada untuk Asa

Film yang tentunya terinspirasi dari kejadian nyata ini menceritakan tentang seorang perempuan namanya Nada yang baru saja menjadi janda setelah suami Nada meninggalkan dunia. Suaminya meninggal karena penyakit HIV AIDS. Waktu itu, Dia sangat terkejut dan putus asa karena suaminya meninggal karena HIV AIDS dan juga dirinya.

Nada bahkan sampai ditolak oleh keluarganya sendiri karena keluarga Nada merasa takut apabila tertular penyakit yang dibawa Nada yaitu penyakit HIV. Hingga pada suatu hari Nada mengetahui suaminya pernah berselingkuh dengan Wanda yang merupakan temannya sendiri.

Baca:  Verne Troyer, Aktor Mini-Me di Film Austin Powers Telah Tutup Usia

Dan ternyata Wanda adalah sumber dari virus HIV yang diidap oleh keluarga Nada. Walaupun begitu, Nada tetap berusaha untuk merawat dengan baik ketiga anaknya tersebut. Dan putri termuda Nada, namanya Asa, semua masyarakat menolaknya karena mengidap penyakit HIV.

Karena penyakit HIV yang diidapnya, Asa telah kehilangan pekerjaannya. Namun, hidupnya mulai berubah ketia ia bertemu dengan Wisnu. Wisnu merupakan orang yang baik bagi Asa. Kemudian keduanya jatuh cinta, sayang sekali Asa hidup dengan membawa penyakit HIV positif.

Cerita ini sangat menginspirasi semua orang dan memberikan pemahaman terhadap orang-orang untuk hidup saling berdampingan, dan mencoba bertahan walaupun hidup dalam kondisi yang tidak baik.

2. Bohemian Rhapsody (2018)

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang penyanyi band rock yang berasal dari Inggris, Queen yaitu Freddie Mercury yang juga terkena penyakit HIV AIDS. Sutradara film ini adalah Bryan Singer, ditulis oleh Anthony McCarten. Dan diproduksi oleh Graham King dan Jim Beach, ternyata film tersebut laris manis di pasaran.

Ternyata akting Rami Malek sebagai Mercury dalam film Bohemian Rhapsody (2018), mampu memukau banyak penonton. Selain daripada itu ada aktor-aktor lainnya, seperti Lucy Boynton, Ben Hardy, Aidan Gillen, Gwilym Lee, Joe Mazzello, Tom Hollander, Allen Leech, dan Mike Myers melakoni sebagai peran pendukung.

Telah dilansir dari situs Wikipedia bahwa film Bohemian Rhapsody ditayangkan pertama kali di Inggris pada 24 Oktober 2018 dan di negara AS pada 2 November 2018, dan film tersebut telah meraup keuntungan sekitar 485 juta dolar di seluruh dunia dengan pengeluaran uang untuk produksi sekitara 50 juta dolar. Film Bohemian Rhapsody merupakan film biografi tersukses melebihi ketenaran dari film Straight Outta Compton.

Baca:  "Mortal Engines" Adalah Film Layar Lebar Terbaru Garapan Christian Rivers, Janjikan Petualangan Epik

Walaupun penggambaran dari kehidupan dan juga seksualitas dari Mercury dan anggota band lainnya yang mendapatkan kritikan, namun penampilan Rami Malek dan semua rangkaian pertunjukan musiknya telah mendapatkan pujian dari banyak kritikus-kritikus film.

3. A Mother’s Prayer (1995)

Film ini menceritakan seorang janda yang didiagnosa positif mengidap penyakit HIV AIDS. Dan dalam film “A Mother’s Prayer” tidak hanya mempertontonkan perjuangan hidupnya dalam menghadapi penyakit HIV AIDS. Namun juga, menceritakan bagaimana perjuangan seorang janda menemukan sebuah keluarga yang mampu mengasuh anaknya yang usianya 8 tahun sebelum dirinya meninggal dunia.

Film “A Mother’s Prayer” sendiri didasari dari kisah nyata yang telah benar-benar terjadi, film itu dirilis pertama kali pada tahun 1995 dan film tersebut disutradarai oleh Larry Elikann. Dan dibintangi oleh aktris seperti Kate Nelligan, Hamilton, dan Bruce Dern.

4. Mika (2013)

Film ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Indi (diperankan oleh Velove Vexia) adalah gadis periang, akan tetapi semuanya berubah drastis ketika ia didiagnosa positif mengidap penyakit scoliosis pada waktu SMP. Dia harus memakai besi untuk menyangga tubuhnya (brace) selama 23 jam setiap harinya karena penyakitnya itu.

Di film ini menceritakan, waktu liburan setelah kelulusan SMP dia berlibur ke Jakarta, dan di Jakarta Indi bertemu dan berkenalan dengan seseorang bernama Mika (diperankan oleh Vino G. Bastian), lalu keduanya menjadi teman akrab. Dan Indi merahasiakan hubungannya dengan Mika karena ibunya tidak menyukai Mika bertato dan umurnya jauh lebih tua.

Baca:  "Mortal Engines" Adalah Film Layar Lebar Terbaru Garapan Christian Rivers, Janjikan Petualangan Epik

Ketika kedua hubungan tersebut semakin dekat, Mika bercerita tentang rahasia dirinya, bahwa dia telah mengidap penyakit HIV AIDS yang sangat berbahaya. Setelah sahabat Mika meninggal dunia, Mika secara tiba-tiba mundur dari kehidupan Indi dan meninggalkannya dengan penuh tanda tanya.

Mika merasa bahwa waktunya sudah dekat dan tak ingin Indi nanti merasa lebih sakit lagi karena penyakit yang dibawanya. Dibalik kesedihan Indi yang ditinggal Mika karena penyakit HIV, Indi semakin lebih tahu bahwa kehadiran seorang Mika justru membuat dirinya merasa lebih hidup dan mampu berjuang melawan penyakit scoliosis-nya.

5. Dallas Buyer Club (2013)

Film ini berdasarkan kisah nyata dari kehidupan seorang koboi yang menderita penyakit HIV AIDS bernama Ron Woodroof (diperankan oleh Matthew McConaughey). Film “Dallas Buyer Club (2013)” telah berhasil mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik karena cerita yang menarik dan akting yang bagus dari para aktornya.

Film ini mengisahkan seorang yang bernama Ron Woodroof yang terjangkit virus HIV pada pertengahan tahun 1980-an. Waktu melakukan pengobatan, Ron Woodroof menemukan sebuah obat yang dirasanya cocok untuk dirinya. Namun masalahnya, obat tersebut berasa dari negara Meksiko dan obat tersebut belum mendapatkan persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA). Lalu, ia menyelundupkan obat tersebut dan menjualnya juga kepada sesama penderita HIV AIDS.

Ron Woodroof lalu memberikan nama untuk komunitasnya itu dengan nama Dallas Buyer Club.

Related Post

“Mortal Engines” Adalah Film Layar Leb... "Mortal Engines" adalah film layar lebar yang diangkat dari sebuah novel yang berjudul sama "Mortal Engines" karya dari Philip Reeve. Disutradarai ole...
Verne Troyer, Aktor Mini-Me di Film Austin Powers ... Kabar duka kembali melanda industri hiburan di negeri Paman Sam. Verne Troyer, yaitu seorang aktor mungil yang terkenal melalui perannya sebagai Mini-...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *