fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Inilah 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Serai atau Cymbopogon Citratus merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain biasa dijadikan sebagai penyedap masakan pada makanan, serai juga sering dibuat dan diolah menjadi teh, atau disebut juga dengan teh sereh. Dan ternyata, pada serai terkandung minyak esensial yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beragam manfaat serai untuk kesehatan. Serai mampu mengobati dan mencegah tubuh terserang penyakit. Beragam zat penting yang terkandung dalam serai seperti anti-peradangan, anti-depresan, anti-bakteri hingga anti-kanker sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat yang dimiliki serai? Simaklah penjelasan manfaat serai atau sereh untuk kesehatan di bawah ini.

1. Mencegah dan Menyembuhkan Flu
Flu adalah penyakit yang sangat mudah datang tetapi bandel untuk pergi. Penyakit ini biasanya datang pada saat awal musim hujan dan ketika kondisi tubuh sedang tidak baik. Agar terhindar dari flu sekaligus menyembuhkannya jika telanjur terkena maka cobalah mengkonsumsi serai. Karena pada serai terdapat vitamin C yang terkandung di dalamnya yang sangat berguna untuk mencegah penyakit flu. Anda bisa mengolah serai menjadi teh. Sehingga selain hangat juga mudah dikonsumsi.

2. Menyembuhkan Radang Sendi
Saat sendi sakit akibat asam urat pastinya terasa menyakitkan. Jika Anda ingin sembuh dari peradangan sendi, maka konsumsilah teh serai. Serai yang diolah menjadi teh memiliki zat anti-peradangan yang mampu mengurangi nyeri dan menurunkan purin di sendi-sendi tubuh.

Baca:  5 Efek Buruk Penggunaan Susu Kental Manis Bagi Kesehatan

3. Memangkas Kolesterol
Siapa di sini yang punya tingkat kolesterol tinggi? Bagi Anda yang memiliki tingkat kolesterol tinggi atau ingin menghindarinya maka bisa memanfaatkan serai. Serai yang diolah menjadi teh dipercaya dapat membakar kolesterol jahat dari dalam tubuh lebih efektif. Sehingga bagi Anda yang mengkonsumsi teh serai bisa terhindar dari tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Serai juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan tubuh Anda lho. Serai mampu melancarkan pencernaan Anda. Zat anti-bakteri yang terkandung di dalam serai dapat membantu membasmi bakteri jahat yang merusak saluran pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Otak
Bukan hanya menghangatkan, serai juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengolahnya menjadi teh herbal untuk menyegarkan badan. Ini bisa disebabkan karena serai berperan sebagai relaxan alami yang mampu menyegarkan otak Anda. Dan akhirnya, tubuh bisa kembali rileks setelah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

6. Menangkal Penyakit Berbahaya
Serai mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Dengan zat antioksidan yang ada di dalamnya, serai dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, meningkatkan imun tubuh, mengobati diabetes tipe 2, kanker dan obesitas. Dengan zat baik tersebut, Anda juga akan terhindar dari kolesterol jahat yang membahayakan tubuh.

Baca:  5 Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Menghilangkan Detoks
Serai memiliki peran sebagai detoksifikasi. Dengan peran tersebut, serai dapat membantu membersihkan zat-zat beracun yang berisiko membahayakan tubuh. Sifat detoksifikasi serai dapat membantu melancarkan fungsi hati dan ginjal. Sehingga Anda juga bisa buang air kecil menjadi lancar.

8. Mengobati Insomnia
Anda susah tidur? Kini Anda bisa menghindari susah tidur atau insomnia dengan mudah. Caranya? Tentu saja dengan cara mengkonsumsi serai. Anda bisa mengolahnya menjadi teh herbal. Saat Anda meminum teh serai, otot-otot dan saraf dalam tubuh Anda menjadi tenang sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak. Ini karena serai mengandung zat penenang dan zat hipnotis yang dapat membantu meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

9. Mengobati Infeksi dan Penyakit Kulit
Jamur adalah bakteri yang sering menyebabkan berbagai masalah pada manusia. Manusia biasanya akan terkena kurap, kudis dan penyakit kulit lainnya akibat jamur. Bahkan jamur juga bisa menginfeksi saluran kencing. Tentunya ini mengganggu bahkan bisa berbahaya pada kasus tertentu. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengonsumsi serai. Serai memiliki efek antiseptik dan anti-mikroba yang dapat membasmi penyebab infeksi kulit dan jamur. Dengan rutin mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah, jamur patogen pada kulit akan hilang.

10. Menjaga Kesehatan Mulut
Mulut Anda bau atau bermasalah dengan masalah mulut lainnya? Serai adalah tanaman herbal yang dapat menjaga kesehatan mulut. Serai dipercaya dapat mengobati infeksi pada mulut atau sariawan yang disebabkan oleh jamur ataupun bakteri. Nah, konsumsi teh serai juga dapat menurunkan gejala infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur pada pasien HIV/AIDS. Tentunya serai memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengetahui ini, Anda tidak bisa meremehkan serai sebagai tanaman herbal.

Baca:  Inilah 9 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

11. Mengatasi Ketombe
Satu lagi manfaat serai yang tidak terlupakan adalah serai dapat mengatasi ketombe. Masalah pada rambut satu ini sering terjadi pada semua orang baik pria ataupun wanita. Minyak esensial pada serai dapat mengatasi ketombe. Anda bisa mengaplikasikan serai pada kulit kepala secara langsung untuk menghilangkan ketombe. Cara ini patut Anda coba daripada tidak sama sekali.

Ada banyak manfaat dari serai yang perlu Anda ketahui lebih. Serai memiliki zat anti-bakteri, anti-inflamasi, antiseptik, anti peradangan dan lain sebagainya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami masalah kesehatan, maka tidak boleh ragu untuk memanfaatkan serai. Dengan mengetahui manfaat serai untuk kesehatan, maka Anda bisa tahu bahwa ada banyak tanaman di sekitar Kita yang tampak biasa namun sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah kesehatan. Anda pun terhindar dari konsumsi obat-obat berbahan kimia yang kemungkinan memiliki efek samping berbahaya untuk kesehatan.

Related Post

Penting! Berbagai Macam Manfaat Buah Bit untuk Kes... Buah bit adalah tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki warna ungu kemerahan. Bentuknya sama seperti umbi kebanyakan seperti umbi jalar, kentang dan l...
Cek Lagi, Sudahkah Anda Mendapatkan 12 Manfaat Pua... Puasa ternyata tidak hanya bisa meningkatkan keimanan seseorang, tetapi juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat itu? ...
7 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan yang Jarang ... Pernahkah Anda mendengar tentang daun kersen? Daun ini sering dikenal oleh banyak orang sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan. Ada banyak cara...
Beberapa Manfaat Bekam Untuk Kesehatan yang Wajib ... Bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (darah kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan c...
Ternyata, Ini Dia Manfaat yang Terkandung Pada Baw... Sudah tahukah anda selain menyedapkan berbagi macam masakan mengkonsumsi bawang putih mentah juga mempunyai ragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita, ...
Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan yang Jarang Dike... Dari awal munculnya, warga Indonesia berbondong-bondong ingin mencoba dan mengetahui rasa serta bentuk jeruk bali. Bahkan, sampai menanamnya sendiri d...
16 Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Pernahkah Anda mendengar tentang bawang Dayak? Bawang ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang merah. Ternyata, ada banyak sekali manfaat b...
7 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tahukah anda bahwa ada banyak manfaat dari si buah kuning ikonik ini? Di samping rasanya yang manis-asam segar, anda bisa merasakan berbagai benefit d...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *