fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Penting! Ini 7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Siapa yang tak tahu kopi? Minuman favorit di kalangan semua orang, dari wanita sampai pria, dari remaja sampai orang tua. Walaupun sudah banyak yang mengetahui, bahwa jika terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian pada tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Namun seolah kopi adalah dewa dari segala minuman, banyak sekali yang menghiraukan efek samping buruk yang di timbulkan oleh kopi itu sendiri.

Mengapa begitu? Karena ternyata si minuman yang satu ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, jika diminum dengan tidak berlebihan. Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. Hal ini membuat kopi lebih baik untuk kesehatan, dibandingkan teh. Manfaat Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

Ada sejumlah kandungan zat gizi baik bagi tubuh di dalam kopi, bahkan kopi juga diklaim menjadi salah satu fighter sejati untuk penyakit kanker. Sebuah kopi memiliki nutrisi, Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG, Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG, Mangan dan Kalium: 3% dari AKG, Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Dibalik nikmatnya kopi menyimpan beragam manfaat. Berikut manfaat kopi diantaranya adalah :

1. Meningkatkan stamina
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Sehingga membuat perasaan segar lebih lama, sangat cocok untuk yang sangat butuh tenaga ekstra di malam hari.

2. Mencegah kanker
Di klaim menjadi fighter sejati kanker, kopi memiliki kandungan antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

3. Kopi menjaga kesehatan mulut
Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Mengurangi resiko diabetes
Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

5. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson
Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

7. Meningkatkan Mood
Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

Masih banyak lagi segudang manfaat bagi kesehatan selain tubuh, kopi juga baik untuk kesehatan kulit untuk kecantikan, menghilangkan stress dan yang lainnya. Maka tetaplah mencintai kopi dan meminumnya dengan dosis yang sewajarnya.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *