fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Ini Wajib Diketahui Semua Orang

Bagi orang Indonesia, kunyit adalah salah satu jenis bumbu yang sangat familiar. Keberadaan kunyit pada makanan-makanan khas memang sangat kental karena banyak olahan kuliner yang terpengaruh oleh kebudayaan India. Namun, dibalik lezatnya kunyit ternyata ada juga berbagai manfaat yang bisa diperoleh. Berikut adalah 10 manfaat yang bisa diperoleh.

1. Mencerahkan Kulit
Salah satu rahasia kulit cantik ala putri kerajaan zaman dulu adalah dengan menggunakan lulur mandi berwarna kuning yang mengandung kunyit. Jika ingin merasakan sensasi lulur mandi ala putri kerajaan, maka gunakan bubuk kunyit yang banyak dijual sebagai lulur. Atau bisa juga membuat sendiri dari kunyit tumbuk yang dijemur atau dioven.

2. Menyamarkan Kerutan
Tidak ada siapapun yang senang jika mengalami penuaan dini. Untuk menyamarkan kerutan dan meminimalisir penuaan sebelum waktunya, maka gunakan masker kunyit seminggu sekali. Selain itu, minum juga jamu kunyit asam yang bisa menambah asupan vitamin C sesuai kebutuhan tubuh untuk menjaga kekencangan kulit.

3. Masker Rambut Rontok
Masker rambut dengan kunyit memang belum banyak digunakan. Tetapi kandungan bahan alami ini memang sangat bernutrisi terutama bagi kulit kepala. Jadi, akar rambut akan lebih kuat dan tidak kering sehingga resiko kerontokan dan kebotakan pun dapat ditekan.

Baca:  Bahaya Tidur Setelah Sahur Menurut Kesehatan

4. Membunuh Kuman Penyebab Jerawat Batu
Sebagai anti bakteri, kunyit berfungsi untuk membunuh kuman penyebab jerawat batu. Jerawat batu adalah sejenis jerawat berukuran besar yang warnanya hitam. Selain mengganggu, jerawat batu juga menimbulkan berbagai masalah baik dari penampilan maupun kesehatan kulit.

5. Mengatasi Masalah Kulit
Masalah kulit seperti kusam dan pori-pori besar bisa diatasi dengan kunyit. Bagaimana cara kerjanya? Dengan menggunakan masker serta minuman kunyit dan sedikit daun mint, maka kulit bisa menjadi lebih cerah dan kenyal.

6. Menyembuhkan Sariawan
Kunyit yang diseduh dengan asam dan sedikit perasan jeruk nipis serta gula batu akan bisa membantu menyembuhkan sariawan secara berkala. Selain tidak perlu meminum obat, meminum ramuan herbal ini juga akan meningkatkan imunitas karena booster vitamin C nya.

7. Melancarkan Pencernaan
Ada banyak orang yang mengalami berbagai masalah pencernaan mulai sembelit sampai diare. Dengan menggunakan kunyit yang sifatnya anti bakteri, maka beberapa jenis masalah di organ pencernaan bisa berkurang. Namun, jika ingin menyeduh kunyit dengan air hangat, hindari penggunaan gula berlebih terutama apabila mengalami diare.

Baca:  Penting! Ini Dia 7 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh Anda

8. Mengurangi Sakit Perut
Ketika datang bulan, banyak wanita merasa perih di perut akibat peluruhan sel telur. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Tetapi tentunya perlu ada cara yang tepat untuk bisa mengatasinya. Supaya sakit perut bisa ditahan dan tidak sampai mengganggu aktifitas berkepanjangan, maka seduhlah kunyit asam dengan air panas.

9. Memperlancar ASI
ASI yang macet memang sering membuat para ibu kesal atau bahkan sedih. Sebelum benar-benar mengalami masalah karena ini, maka segera minum kunyit ditambah daun katuk rebus secara rutin. Cara ini bisa membuat saluran-saluran pada bagian payudara lebih lancar. Namun, pola minum ramuan herbal ini tidak akan berhasil jika ibu menyusui masih stress.

10. Meningkatkan Kadar Antioksidan dalam Tubuh
Antioksidan dalam kunyit mampu membantu memerangi radikal bebas dan at karsinogenik pemicu kanker. Jika kadar antioksidan dalam tubuh meningkat, maka resiko terkena kanker maupun penyakit degeneratif lainnya pun bisa berkurang. Tidak hanya itu, imunitas tubuh juga dapat semakin kebal sehingga tidak banyak penyakit dari patogen semacam bakteri, jamur dan virus yang bisa menyerang.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *