fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

8 Tips Memilih Makanan Sehat

Manusia tidak akan bisa hidup tanpa makan. Makanan adalah hal penting yang harus dipenuhi, setiap harinya kita minimal makan sebanyak 3 kali. Jika kita melewatkan makan atau jadwal makan menjadi berantakan, maka tubuh akan menjadi sakit dan semua aktivitas akan terhambat. Tapi jika berlebihan dalam hal makan, juga akan mengakibatkan tubuh sakit dan mengidap banyak penyakit lainnya, seperti kolestrol, diabetes, hipertensi dll. Maka dari itu mengonsumsi makanan sehat dan teratur merupakan cara pencegahan yang baik agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari segala penyakit. Berikut ini 8 tips untuk memilih makanan sehat,

1. Selalu sediakan sayur dan buah sebagai menu makan
sayur dan buah memang makanan yang baik untuk tubuh, karena buah dan sayur ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, zink, dll. Lengkapi menu makanan Anda dengan sayur dan buah setiap harinya, seperti yang dianjurkan untuk mengonsumsi minimal dua buah dan lima sayuran per hari. Pengolahannya pun beragam, Anda bisa mengukus sayurannya, atau membuat salad dan di tumis dengan durasi yang singkat agar kandungan dalam sayur tidak rusak.

2. Pilih protein hewani
Tubuh kita memerlukan protein. Salah satu makanan sehat yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan protein itu adalah daging. Ini karena daging hewan bisa memberikan banyak gizi dan protein pada tubuh Anda, tentunya jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan.

3. Makan ikan
Ada 3 jenis ikan yang baik dikonsumsi tubuh agar sehat, yaitu ikan Sarden, ikan Salmon, atau ikan Tuna. Ketiga ikan itu banyak mengandung omega-3 maupun protein yang sehat untuk tubuh. Mungkin diantara ikan tadi ada yang berharga mahal, tapi pada dasarnya semua jenis ikan yang bisa di makan dan tidak beracun bisa memberikan nutrisi dan gizi yang akan bermanfaat untuk tubuh.

4. Roti gandum
Roti gandum bisa Anda pilih sebagai pengganti nasi ketika sarapan. Ini karena roti gandum memiliki banyak serat dan nutrisi jika dibuat dari biji gandum utuh. Roti gandum juga lebih sehat daripada roti tawar biasa, dan semakin putih warna dari roti gandum maka akan semakin sehat untuk tubuh.

5. Pilih makanan yang masih segar
Agar tetap sehat Anda harus memilih bahan-bahan makanan yang masih segar. Pastikan ketika Anda berbelanja di pasar atau swalayan, makanan yang akan Anda beli baik itu sayur, buah atau daging masih dalam keadaan segar. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang tidak segar maka akan berisiko terserang penyakit karena bakteri.

6. Ganti camilan Anda!
Ganti cemilan Anda yang tadinya makanan dengan bahan pengawet atau makanan berlemak dan digoreng menjadi sayuran dan buah yang lebih sehat. Camilan ini akan menjadikan badan Anda tidak mudah sakit dan sehat.

7. Batasi asupan garam dan micin
Penyedap rasa seperti garam dan micin memang lumrah digunakan pada makanan agar rasanya semakin sedap dan tidak hambar. Tapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan mengundang penyakit pada tubuh Anda, sehingga lebih baik jika Anda mengurangi atau membatasi asupan garam dan micin. Batasi pada kadar yang normal, tidak kurang dan tidak lebih juga.

8. Hindari makanan yang digoreng banyak minyak
Makanan lebih baik jika tidak mengandung banyak minyak, seperti gorengan. Memang sesekali kita boleh memakannya, tapi jika berlebihan akan membuat kita terkena panas dalam dan kolestrol. Tentunya hal itu tidak sehat untuk tubuh kita, sehingga sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dengan banyak minyak, apalagi jika makanan itu tidak ditiriskan dan minyak masih terdapat dalam makanan.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *