fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

9 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin masyarakat Indonesia tidak semuanya mengetahui, apa sih daun pegagan itu? Sebenarnya, daun pegagan yang memiliki nama latin Centella Asiatica merupakan obat herbal yang sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Apa saja kandungan daun yang mirip dengan semanggi ini? Berikut ulasannya.

1. Daun Pegagan dan Saluran Kemih
Salah satu kandungan daun pegagan adalah zat-zat yang mempunyai sifat diuretik. Secara sederhana, dengan makan pecel pegagan atau minum teh pegagan maka seseorang bisa menyehatkan saluran kemihnya. Bahkan kencing yang macet pun bisa dibantu untuk luruh.

2. Sifat Antipretik dalam Pegagan
Selain diuretik, sifat lain yang dimiliki oleh pegagan adalah antipretik. Zat-zat yang terkandung di dalam pegagan akan dapat menurunkan suhu tubuh ketika demam. Selain itu radang atau panas dalam tubuh yang dihasilkan oleh penyakit tertentu pun bisa berkurang.

3. Menambah Daya Ingat
Berdasarkan penelitian, daya ingat seseorang akan menurun karena faktor usia, pola hidup, serta gaya makan. Dengan mengkonsumsi daun pegagan secara teratur maka akan lebih banyak neuron yang tersambung. Hal ini berkaitan dengan fungsi otak dalam mengingat. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menyebut daun pegagan berfungsi membuat anak lebih pintar.

4. Mengatasi Anemia
Obat yang satu ini akan bisa menambah zat besi dalam tubuh. Tanpa harus mengkonsumsi bahan kimia yang bisa memberikan efek samping, daun pegagan saja sudah cukup untuk membantu mengatasi anemia. Caranya adalah dengan merebus daun pegagan dalam air 3 gelas, lalu tunggu sampai menguap dan menjadi 1 gelas saja.

5. Sifat Anti Bakteri
Siapa sangka, tanaman yang mirip semanggi ini mempunyai sifat anti bakteri yang sangat tinggi. Sifat ini akan membantu memerangi masalah yang terjadi di tubuh akibat bakteri.

6. Mengatasi Rasa Capek dan Letih
Fungsi pegagan yang satu ini tampaknya cukup dibutuhkan semua orang. Pasalnya, pasti ada saja suatu hari dimana rasa capek dan letih akibat olahraga, bekerja, atau traveling membuat tubuh menjadi drop. Untuk mengurangi hal itu, maka lakukan berbagai cara sederhana seperti menyeduh teh pegagan.

Cara membuat teh dari daun pegagan cukup mudah, yaitu dengan menjemur atau mengovennya sampai kering lalu haluskan menjadi bubuk. Simpan dalam toples untuk diseduh ketika badan terasa pegal-pegal. Tetapi jika ingin dikonsumsi tiap hari pun bukan masalah, karena tidak ada efek sampingnya.

7. Mengobati Radang Akibat Jerawat
Pada umumnya, orang akan mengalami jerawat dalam beberapa waktu sekali dan itupun hanya satu dua saja. Namun, sebagian orang mengalami radang akibat jerawat yang menyebabkan kulitnya merah, mengeluarkan nanah sesekali, dan kontur kulit wajah pun bergelombang.

Untuk mengatasi hal itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun pegagan. Selain dikonsumsi, daun pegagan juga bisa ditumbuk dalam keadaan basah atau kering untuk dijadikan masker.

8. Meningkatkan Stamina dan Energi
Ketika bekerja terlalu keras atau jika bepergian jauh, biasanya banyak orang merasa letih atau membutuhkan energi tambahan. Supaya bisa tetap beraktifitas dengan lancar, maka manfaatkan daun pegagan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis olahan makanan.

Setelah memakan atau meminum olahan pegagan, maka stamina akan bertambah. Selain itu, energi seseorang juga bisa lebih tinggi karena kandungan gizinya.

9. Sifat Anti Inflamasi pada Pegagan
Yang dimaksud dengan sifat anti inflamasi adalah bisa menekan peradangan di tubuh. Sama halnya ketika ada radang akibat jerawat di wajah, pegagan juga bisa menyelesaikan radang lainnya seperti tenggorokan, masalah kerongkongan dan panas dalam.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *