fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Kesehatan adalah sesuatu hal yang mahal. Anda harus menjaga semua organ tubuh dengan baik. Salah satu contoh organ yang paling penting untuk dijaga adalah organ reproduksi. Baik pria dan wanita harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi. Tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara yang tepat untuk cara menjaga kesehatan organ reproduksi ini. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi:

1. Menjaga Berat Badan Ideal
Cara yang pertama adalah menjaga berat badan. Terlihat tidak berhubungan memang, namun ternyata hal ini sangat penting. Wanita yang memiliki berat badan ideal akan terhindar dari cairan organ intim wanita yang berlebihan. Untuk pria yang memiliki tubuh gemuk, sel sperma yang dimiliki kondisinya akan kurang subur.

2. Hindari Mengkonsumsi Banyak Alkohol
Hindari konsumsi alkohol untuk pria dan wanita yang ingin menjaga organ reproduksinya. Hal ini disebabkan karena dalam alkohol tinggi ada zat-zat yang tidak bagus untuk kesehatan reproduksi. Jika hal ini terus dilakukan, maka organ reproduksi terutama sel telur dan juga sel sperma akan terganggu. Tidak sampai disini, alkohol juga memiliki pengaruh terhadap kesuburan wanita maupun pria. Tidak banyak orang yang tahu hal ini karena selama ini berpikir alkohol hanya berpengaruh buruk terhadap badan. Padahal alkohol juga memiliki pengaruh buruk untuk organ reproduksi.

Baca:  8 Manfaat Utama Lidah Buaya Untuk Kesehatan

3. Hindari Gula dan Kafein
Gula dan kafein juga harus dihindari untuk orang yang ingin menjaga kesehatan organ reproduksi. Kafein bisa menimbulkan insomnia dan juga ketergantungan. Saat haid juga berbahaya untuk minum kopi karena bisa kram perut. Ujungnya, perut akan terasa lebih sakit saat menstruasi. Kopi dan gula juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita pada hari-hari biasa. Ini karena organ intim wanita bisa mengeluarkan cairan yang berlebihan. Jika sudah begini, maka akan timbul keputihan dan organ reproduksi akan terasa lembab. Jika lembab, maka akan lebih mudah untuk terkena penyakit dan juga bakteri,

4. Membasuh Organ Reproduksi dengan Benar
Hal ini adalah salah satu hal yang paling fatal. Banyak orang yang salah dalam membasuh kemaluannya. Hal ini menyebabkan timbulnya berbagai macam gangguan masalah kesehatan kelamin muncul. Cara membasuh kemaluan yang benar adalah dari depan ke belakang bukanlah sebaliknya. Jika Anda melakukan yang sebaliknya, maka kuman dan bakteri yang ada di kemaluan yang harusnya dibuang ke belakang malah masuk ke bagian depan. Hal ini berbahaya karena kuman itu bisa jadi sudah terkena infeksi atau yang lainnya.

Baca:  10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

5. Rajin Mengganti Celana Dalam
Jika Anda adalah seorang wanita dan sering mengalami keputihan, maka harus sering mengganti celana dalam. Anda juga harus mengganti celana dalam jika merasa berkeringat berlebih di area kewanitaan. Keringat yang berlebihan bisa menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan bakteri di dalam organ reproduksi. Keringat yang berlebih juga tidak bagus untuk pria.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria maupun wanita yang harus diketahui oleh semua orang. Banyak orang yang hanya peduli tampilan luar saja padahal penampilan dalam juga penting. Menghindari hal-hal yang menjadi pantangan juga bisa memperbesar kemungkinan untuk tidak terkena penyakit kelamin dan juga penyakit menular seksual. Mulai sekarang, ubah pola hidupmu dan terapkan 5 cara menjaga kesehatan organ reproduksi ini. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penampilan dalam yang tidak kalah cantik dengan penampilan luar.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *