fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

6 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia pasti sering menjumpai berbagai jenis tanaman, diantaranya adalah yang tumbuh dengan sendirinya di semak-semak. Tempatnya yang termasuk liar bukan berarti tidak memiliki manfaat, seperti daun ciplukan misalnya. Tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat sehingga naik kastanya dan menjadi mulai langka.

Kandungan yang ada di dalamnya antara lain vitamin C, asam sitrun, asam malat, saponin, tanin, fisalin, kriptoxantin, flavonoid, alkaloid, flavonoid dan juga polifenol. Pada saat ini jumlahnya sudah jarang ditemukan sehingga menjadi cukup langka. Tentunya hal ini menyebabkan harganya melambung tinggi hingga mencapai Rp 500.000 untuk setiap satu kilogramnya.

1. Antioksidan
Tumbuhan yang satu ini memiliki berbagai khasiat diantaranya adalah sebagai antioksidan. Manfaatnya adalah bisa digunakan untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit kronis yang akan menyerang tubuh manusia. Radikal bebas yang bisa memberikan efek negatif pada tubuh manusia bisa dinetralkan oleh tanaman yang satu ini.

Kombinasi dari kandungan polifenol dan karotenoidnya dapat menjadikannya sebagai penghenti penyebaran berbagai jenis penyakit kanker. Kemampuannya yang hebat tersebut menjadikannya dipakai untuk sumber makanan alami anti kanker pada beberapa negara. Kekebalan tubuh juga akan semakin meningkat dengan cara mengonsumsinya.

Baca:  10 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

2. Anti Inflamasi
Tumbuhan yang satu ini tidak hanya berguna buahnya saja melainkan bagian daunnya juga memiliki khasiat luar biasa. Bagi orang yang mengalami peradangan dengan konsumsi daun ciplukan maka akan membantu untuk menenangkannya serta mempercepat proses penyembuhannya. Masalah-masalah yang berhubungan dengan wasir, asam urat, dan juga radang sendi bisa diatasinya.

3. Kolesterol
Makanan orang sekarang dengan kurangnya olahraga menjadikannya rentan terkena penyakit kolesterol. Berbagai penyakit lainnya muncul jika kadarnya makin tinggi dalam darah sehingga dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga jantung. Maka dari itu sebaiknya penderita kolesterol melakukan olahraga lebih banyak dan juga rutin.

Cara alami lainnya yang bisa dimanfaatkan agar bisa mengurangi kolesterol adalah dengan mengonsumsi daun ciplukan. Kandungan asam oleat dan linoleatnya akan membantu tubuh untuk mengurangi kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL serta menambah kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh atau istilah lainnya adalah HDL.

4. Makanan bagi Orang Diet
Bagi orang yang memiliki berat badan tidak ideal terutama wanita biasanya memimpikan bertubuh ramping. Berbagai cara diet tidak selalu berhasil dan juga bisa memberikan resiko tidak baik untuk kesehatan. Salah satu cara aman adalah dengan mengonsumsi ciplukan yang kandungan kalorinya hanya sekitar 53 setiap 100 gramnya.

Baca:  Ini Dia 5 Manfaat Buah Naga yang Perlu Anda Tahu!

Keunggulan lainnya bagi orang yang mengonsumsi banyak ciplukan adalah kandungan nutrisi didalamnya cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Diet dengan jumlah nutrisi yang cukup dan badan menjadi ideal dengan diimbangi olahraga serta makan makanan yang sehat jangan banyak mengandung kolesterol.

5. Pengobatan Kanker Payudara
Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan menggunakan ekstrak dari tumbuhan ciplukan ini bisa membuat efek stitoksin. Hasilnya adalah dapat menginduksi kematian sel kanker payudara. Artinya menggunakan tanaman ciplukan ini bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan yang aman, terjangkau dan juga efektif.

6. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat daun ciplukan lainnya adalah sebagai anti hiperglikemi yakni menurunkan kadar gula darah. Diketahui bahwa kandungannya terdapat senyawa-senyawa yang mempunyai fungsi untuk memperlambat pemecahan dan penyerapan karbohidrat.

Tentunya dengan demikian akan menjadikannya semakin meringankan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini akan menjadikan tubuh bisa lebih mudah untuk mencapai regulasi glukosa yang sesuai dengan batas fisiologisnya.

Related Post

Beberapa Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh Kita Siapa di sini yang suka memakan pete? Pete atau Petai ini sangat digemari oleh banyak kalangan di Indonesia. Bisa dibilang bahwa Pete adalah tanaman d...
Buktikan! Ini Dia 10 Manfaat Bersepeda Bagi Keseha... Bersepeda adalah kegiatan olahraga yang menyenangkan bagi para kalangan anak-anak, remaja, pemuda, maupun lanjut usia yang masih kuat mengayuh sepeda....
Penting! Ini Dia 7 Manfaat Bengkoang untuk Kesehat... Bengkoang termasuk dalam umbi-umbian atau dikenal dengan istilah cormus, buahnya berwarna putih dan sering dijadikan masker, bengkoang juga sering dij...
Beberapa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Ca... Siapa yang suka buah sirsak? Rasa buah ini sedikit asam dengan daging buah yang kenyal, tetapi sangat menyegarkan bagi tubuh. Dan sekarang sudah tidak...
9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Agar Tak Bau Saat B... Bulan puasa adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu para umat Islam untuk menjakankan ibadah. Namun, ada sebagian orang yang kondisi kesehatannya tid...
Ini Dia 5 Manfaat Buah Naga yang Perlu Anda Tahu! Buah naga atau dragon fruit ini merupakan buah yang memiliki tesktur kulit bersisik seperti sisik naga dan menjumbai-jumbai. Batang buah yang berbentu...
Bukan Sekadar Pemanis, Inilah Manfaat Gula Aren As... Gula aren merupakan salah satu bahan masakan yang wajib ada. Gula aren pun juga adalah bahan penting untuk pembuatan rujak, gado-gado, sambal pecel, k...
12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecanti... Siapa sangka, jeruk nipis yang kecil dan bulat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi buah ber...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *