counters
Info Tentang Produk : Hub. 0877-4224-9575 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

13 Manfaat Biji Labu Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Labu merupakan tumbuhan merambat yang bisa diolah menjadi sayur, atau bisa juga menjadi bahan dasar untuk membuat kue. Tak hanya buahnya, biji labu juga ternyata memiliki banyak manfaat.

Biji labu memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Mulai dari kalsium, serat, fosfor, lemak, protein, magnesium, zat besi, sodium, kalium, vitamin B kompleks, hingga vitamin C. Karena berhubung banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya, tak heran jika biji labu ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa diambil.

Beli Biji Labu Kualitas AA 1KG

Kandungan Gizi Pada Biji Labu

  • Biji labu sarat dengan nutrisi, serat, kalori, lemak, dan protein. 100 gram biji labu mengandung 574 kalori, 49 gram lemak, 6,6 gram serat, dan 30 gram protein.
  • Lemak yang ada pada biji labu kebanyakan adalah lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.
  • Biji labu juga mengandung vitamin dalam jumlah yang berbeda, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.
  • Biji labu juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, mangan, natrium, seng, kalium, dll.

Berikut ini beberapa manfaat biji labu yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Memperlancar sistem pencernaan

Sulit buang air besar sering kali dihubungkan dengan kurangnya asupan serat dalam makanan. Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir karena biji labu memiliki kadar serat yang cukup untuk memperlancar sistem pencernaan.

Tak hanya itu, kandungan serat yang ada pada biji labu ini juga dapat menurunkan berat badan Anda. Pasalnya, serat yang terkandung dalam biji labu dapat menunda perasaan lapar hingga lebih lama.

2. Membantu agar tidur lebih nyenyak

Ternyata, manfaat lain dari biji labu ini juga bisa membantu kita agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Itu disebabkan karena di dalam biji labu mengandung triptofan.

Baca:  10 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Triptofan itu sendiri merupakan asam amino yang dapat membantu tubuh kita menjadi lebih rileks, sehingga tidur kita menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Untuk informasi saja, baiknya biji labu hanya bisa rutin dikonsumsi setiap harinya tidak lebih dari 30 gram saja.

3. Menjaga kesehatan jantung

Biji labu juga mengandung asam alfa-lenolenat dan lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat yang ada pada biji labu ini juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Dengan berkurangnya kadar kolesterol di dalam tubuh, maka kondisi jantung kita akan lebih sehat dan terjaga.

4. Membantu mengatasi stres

Manfaat biji labu yang keempat adalah dapat membantu mengatasi stres yang sedang dialami. Di dalam biji labu terdapat kandungan magnesium yang dapat membantu mempertahankan tingkat asam gamma-aminobutirat di dalam tubuh. Sedangkan manfaat asam gamma-aminobutirat itu sendiri berfungsi untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Tak hanya membantu mengatasi stres, khasiat biji labu ini juga dapat membantu mengembalikan mood yang sebelumnya kurang bagus.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Apabila ada seorang pria beristri yang sedang khawatir dengan tingkat kesuburannya, maka bisa jadi solusinya adalah mengonsumsi biji labu ini. Di dalam biji-bijian ini terdapat kandungan seng yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Dan kandungan seng ini juga penting dalam menambah vitalitas dan meningkatkan hormon testosteron pada pria.

6. Mempercepat pertumbuhan rambut

Biji labu juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok, baik itu pada pria maupun wanita.

Biasanya untuk mendapatkan manfaat dari biji ini, Anda bisa menggunakan minyak rambut yang bahannya terbuat dari biji labu. Untuk caranya, bisa oleskan minyak tersebut ke rambut setiap malam sebelum tidur untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Baca:  9 Manfaat Buah Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Tubuh Kita

7. Mencegah osteoporosis

Sebagai salah satu biji-bijian dengan memiliki kandungan mineral yang beragam dan cukup tinggi, biji labu ternyata memiliki manfaat dalam mencegah osteoporosis. Bagaimana tidak, biji labu mengandung kadar kalsium, tembaga, seng, serta mineral lainnya dengan cukup tinggi. Sedangkan mineral-mineral tadi yang disebutkan telah terbukti dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

8. Mengatasi peradangan

Biji labu juga dapat membantu mengatasi peradangan atau penyakit-penyakit akibat peradangan, salah satunya artritis. Di dalam biji labu ini terdapat kandungan vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi seperti karotenoid dan tokoferol. Kandungan tokoferol tersebut mampu membantu melindungi tubuh manusia dari efek radikal bebas dan zat beracun.

9. Membantu mencegah penyakit kanker

Biji labu juga memiliki potensi dapat mencegah penyakit kanker. Senyawa fitoestrogen pada biji labu dapat membantu menekan hormon yang berhubungan dengan terjadinya tumor, sehingga mampu menurunkan risiko sel kanker berkembang biak. Dalam jurnal penelitian yang berjudul “A Review: The Emerging Nutraceutical Potential of Pumpkin Seeds” menyebutkan bahwa salah satu manfaat biji labu adalah mampu mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

10. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Manfaat lain dari biji labu yang perlu Anda ketahui, yakni dapat membantu menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Biji labu ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga bagus sekali untuk dikonsumsi sebagai camilan dan mampu membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Dalam 25 gram biji labu terdapat setidaknya 143 kalori. Walaupun kalorinya cukup tinggi, lemak dari biji labu ini merupakan lemak tak jenuh, sehingga aman untuk dikonsumsi.

11. Mencegah penuaan dini

Baca:  6 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Ini merupakan salah satu manfaat biji labu untuk kecantikan. Jika Anda ingin mencegah penuaan dini terjadi pada diri Anda, mungkin salah satu triknya yaitu dengan mengonsumsi biji labu. Ini disebabkan karena biji labu banyak mengandung vitamin E, seperti gamma-tokoferol dan alfa-tokoferol, yang merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Vitamin E yang terkandung dalam biji labu berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan oleh proses oksidasi. Oleh sebab itu, kandungan-kandungan ini berguna sekali untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

12. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat biji labu yang tak kalah penting adalah mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi tak perlu khawatir, biji labu sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dalam sebuah jurnal penelitan yang berjudul “Nutritional and Therapeutic Importance of the Pumpkin Seeds” disebutkan bahwa manfaat biji labu dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

13. Mengontrol tekanan darah

Bagi Anda yang sering mengalami tekanan darah naik, mungkin dapat memanfaatkan biji labu untuk mengontrolnya. Hal itu disebabkan karena biji labu memiliki kandungan mineral tembaga yang mampu membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Kandungan mineral seng pada biji labu juga berpotensi dalam meningkatkan aliran darah yang disertai dengan oksigen melalui saluran pembuluh darah.

Apabila disertai dengan diet rendah garam, biji labu memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Jika Anda sedang mencari biji labu dengan kualitas bagus untuk diambil manfaatnya, maka di sinilah tempat yang tepat untuk mendapatkanya. Anda bisa membelinya dengan klik tombol atau klik link di bawah ini ya guys..

Beli Biji Labu Kualitas AA 1KG

Beli Biji Labu Kualitas AA 1KG

 

Tagged

About Ibnoe Vaiz

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Selalu semangat dalam melakukan sesuatu hehe :).

View all posts by Ibnoe Vaiz →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa Saja Ada