fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Penting! Inilah 6 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Kencur biasanya akan dihaluskan dan diolah menjadi minuman atau jamu. Rasa kencur juga sangat enak dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun mungkin anda belum mengetahui dengan baik apa saja manfaat dari kencur untuk kesehatan, berikut ulasannya.

1. Dapat digunakan sebagai obat diare
Ketika anda salah makan atau daya tubuh sedang menurun maka anda bisa dengan mudah untuk terjangkit bakteri. Bakteri tersebut bisa menyebar dan membuat tubuh anda menjadi lemah dan bisa menyebabkan anda diare. Dimana ketika anda diare maka tubuh anda akan lemas. Karena banyak mengeluarkan ion tubuh. Ketika diare orang cenderung akan muntah-muntah dan buang air besar. Jika dibiarkan terus menerus seperti itu maka bisa membahayakan bagi tubuh anda.

Dengan olahan alami dari kencur maka anda bisa langsung mengatasi penyakit tersebut. Anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari kencur dan bawang merah. Haluskan keduanya kemudian bungkus menggunakan daun kemudian bakar hingga mengeluarkan wangi. Oleskan ramuan tersebut diperut anda. Maka secara berangsur diare anda akan mereda dan perut anda akan kembali enak.

2. Meredakan masuk angin
Tentunya dalam menjalani kehidupan sehari-hari anda akan cenderung terkena angin apalagi ketika anda menaiki kendaraan. Jika daya tahan tubuh anda berkurang maka anda bisa terkena masuk angin dengan mudah. Memang banyak masyarakat yang sering terkena masuk angin. Namun jika harus mengkonsumsi obat secara terus menerus maka bisa saja membahayakan bagi tubuh Anda.

Untuk itu Anda bisa mengkonsumsi kencur untuk meredakan masuk angin. Kencur digunakan sebagai penghangat tubuh yang alami. Anda bisa memarut kencur dan kemudian ambil air sarinya. Tambahkan sedikit garam dan juga air hangat. Ramuan ini bisa anda konsumsi selama 2x sehari untuk dapat meredakan masuk angin.

3. Dapat mengatasi sakit tenggorokan
Tentu anda pernah tiba-tiba mengalami sakit tenggorokan kemudian menjadi serak. Hal tersebut bisa terjadi akibat kecapean atau terlalu banyak mengkonsumsi minyak yang tidak sehat. Ketika mengalami hal tersebut tentu anda menjadi tidak enak untuk berbicara dan juga mengalami rasa gatal di tenggorokan. Situasi seperti itu tentu akan mengganggu jika dibiarkan saja. Selain itu pada beberapa orang sakit tenggorokan akan membuat anda kesulitan untuk menelan. Karena terdapat luka di area mulut anda sehingga sulit untuk memasukkan makanan.

Hal tersebut mengakibatkan tubuh anda bisa semakin lemas dan kekurangan asupan gizi yang seharusnya. Untuk meredakan sakit tenggorokan anda bisa mengkonsumsi kencur. Olahan kencur bisa menghangatkan badan dan juga memperlancar saluran pernafasan anda. Cara mengolahnya anda bisa memarutnya kemudian memerasnya untuk mendapatkan air kencur. Kemudian campurkan dengan air hangat dan garam. Anda bisa mengkonsumsi minuman tersebut setiap hari sampai batuk anda sembuh. Kencur memiliki manfaat yang banyak jika anda bisa mengolahnya dengan benar.

4. Mengobati maag
Bagi anda yang memiliki lambung sensitif tentu anda akan mudah untuk terserang maag. Terlambat makan saja bisa berakibat fatal pada infeksi usus. Apalagi minuman bersoda tentu akan membuat asam lambung anda semakin menaik dengan cepat. Ketika anda menderita maag maka anda akan merasakan sakit yang melilit pada perut dan menyulitkan untuk beraktivitas. Jika dibiarkan terus menerus maka bisa saja hal tersebut nantinya akan membahayakan tubuh anda.
Anda bisa mengkonsumsi kencur untuk meredakan maag anda. Parut kencur dan ambil sarinya kemudian campurkan dengan air hangat. Anda bisa meminumnya ketika maag menyerang atau ketika anda mulai merasakan sakit perut yang hebat. Selain meminum ramuan ini sebaiknya anda mengistirahatkan diri dengan tidur sejenak beberapa jam kemudian anda bisa bangun dengan lebih segar.

5. Mengobati Keseleo
Ketika anda beraktivitas tentu anda sudah berhati-hati namun bisa saja terjadi musibah yang tidak anda ketahui seperti terpeleset, jatuh dan lain sebagainya yang bisa mengakibatkan anggota tubuh anda keseleo. Jika anda keseleo tentu anda akan kesulitan untuk menggerakkan anggota badan anda. Biasanya keseleo memang harus diurut karena uratnya harus dikembalikan lurus.

Namun sebagai pertolongan pertama anda bisa menggunakan kencur. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, anda bisa menghaluskan kencur kemudian membalurkannya pada bagian yang terkilir. Kemudian anda bisa membalutnya dengan perban. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga keseleo anda membaik. Bahan ini tentunya akan aman dan tidak membuat kulit anda teriritasi.

6. Sebagai obat batuk berdahak
Ketika terlalu memakan banyak gorengan dan juga meminum es tentu anda akan mengalami batuk. Terdapat beberapa jenis batuk seperti batuk kering dan berdahak. Jika anda mengalami batuk berdahak tentu anda akan kesulitan bernafas jika dahak tidak dikeluarkan. Untuk mengencerkan dahak anda bisa meminum olahan kencur secara rutin. Anda bisa menghaluskan kencur kemudian saring dan ambil airnya.

Campurkan dengan air hangat dan berikan sedikit garam. Konsumsi minuman ini pada saat bangun tidur dan juga sebelum tidur. Olahan ini akan membantu anda untuk menghangatkan tubuh dan juga mengencerkan dahak. Minuman ini juga tidak akan membuat anda ketergantungan sehingga akan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.
Itulah beberapa manfat kencur untuk kesehatan. Bagi anda yang sedang mengalami gangguan kesehatan namun alergi akan obat-obatan maka anda bisa menggunakan kencur sebagai obat. Atau bagi anda yang ingin memelihara kesehatan anda juga bisa mengkonsumsi kencur. Karena memiliki banyak manfaat banyak juga masyarakat yang menanam kencur dirumah.

Tagged

About

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *