fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

Buktikan! Ini Dia 5 Tips Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah

Sayuran dan buah adalah asupan gizi yang sangat baik dan penting bagi tubuh manusia. Dan yang lebih penting dari sayur dan buah itu sangat dibutuhkan untuk dikonsumsi anak-anak di masa pertumbuhan si kecil. Namun pengenalan rasa dan tekstur buah dan sayur bagi anak kadang tak sesuai seleranya.

Untuk membujuk anak agar doyan makan sayur dan buah, tentu orang tua harus kreatif. Berikut 5 tips kreatif agar anak doyan makan sayur dan buah.

1. Berikan contoh makan sayuran dan buah yang baik pada anak
Anak kecil cenderung meniru segala perilaku orang-orang yang dalam kesehariannya berada di dekatnya. Terutama perilaku orangtua atau saudaranya, maka dari itu jika Anda ingin anak Anda makan sayuran maupun buah dengan baik. Anda harus memberinya contoh yang baik, ketika Anda makan bersamanya tunjukkan jika Anda memakan sayuran dengan sangat antusias. Tunjukkan juga kepadanya jika sayuran itu rasanya sangatlah enak, dengan begitu mungkin sang buah hati Anda akan tertarik mencoba sayuran.

2. Jelaskan pada anak sayuran dan buah itu baik bagi mereka
Langkah yang kedua adalah jelaskan kepada sang buah hati jika sayuran itu sangat baik bagi tubuh mereka. Jelaskan pada mereka dengan kata-kata yang mudah mereka tangkap dan mengerti. Jangan jabarkan manfaat sayuran dan buah karena mereka tidak akan paham dan peduli tentang itu, anak kecil tidak akan peduli mereka sehat atau tidak. Jelaskan seperti ini, “Ayo makan sayuran, sayuran (buah) ini bisa buat tubuhmu kuat lho nak” atau “Apa adek tahu? Sayuran atau buah ini bisa membuat adek jadi superhero (atau tokoh kartun yang mereka sukai)?” kata-kata seperti itu bisa memotivasinya untuk mencoba memakan sayuran dan buah.

3. Suruh anak membantu Anda memasak
Biasanya anak kecil akan mau makan sayuran ketika mereka tahu bagaimana prosesnya. Biasanya banyak sekali ibu-ibu yang ketika Anak mereka datang ke dapur untuk melihatnya, ibu-ibu akan marah dan menyuruh anak mereka untuk bermain saja. Jika Anda seperti itu sebaiknya mulai sekarang ajak anak Anda untuk membantu Anda memasak, yang pasti jauhkan dulu dia dari kompor dan pisau untuk menghindari resiko terluka. Suruh anak Anda untuk membantu Anda mengupas atau memetik sayuran yang akan Anda masak. Lalu ketika makan Anda bisa membujuknya dengan motivasi yang ada di poin 2.

4. Mulailah dengan sayuran yang memiliki rasa dan buah yang manis
Membuat anak Anda mau makan sayuran ternyata ada tahapannya ya bunda. Mungkin jika Anda masih tahap awal, buatlah anak anak Anda untuk makan sayuran atau buah yang memiliki rasa terlebih dahulu. Misalnya saja Anda dan pasangan bisa menyajikan sayuran yang memiliki rasa manis seperti wortel, kacang polong, atau jagung manis. Jika dia sudah bisa menerima sayuran itu baru Anda bisa menambahkan sayuran dengan level diatasnya yang mungkin akan memiliki rasa pahit sampai memberikan buah yang asam dan sebagainya.

5. Buat makanan anak menjadi lucu dan unik
Biasanya anak enggan makan sayuran atau buah karena bentuknya yang begitu saja dan rasanya yang pahit atau asam membuat mereka menjadi bosan. Oleh karena itu sekarang saatnya Anda membuat cara supaya anak Anda mau makan sayuran atau buah. Caranya buat makanan anak menjadi kreasi-kreasi lucu, seperti mencetak nasi putih dengan karakter kesukaannya dan menjadikan brokoli sebagai rambut, wortel sebagai hidung, dan keju sebagai mulut. Tambahkan saus disekitarnya supaya memberi makanan itu rasa, dengan begitu anak akan tertarik dan mau makan sayur atau buah. Memotong buah-buahan dengan bentuk bunga dan yang lainnya.

Jika anak anda memakan sayur maupun buah untuk pertama kalinya karena 5 tips diatas, jangan sampai lupa untuk memberikan pujian ketika mereka bisa makan sayuratau buah. Anak selalu senang ketika diberi pujian atau hadiah ketika mereka berhasil melakukan sesuatu. Begitu juga dengan makan sayuran dan buah. mungkin hal ini sepele namun perlu Anda berikan pujian atau penghargaan ketika mereka bisa memakan sayuran. Ketika mereka berhasil menghabiskannya, berikan dia pujian atau mungkin Anda bisa memberinya stiker yang nanti jika ia kumpulkan bisa ditukar dengan hadiah, dengan begitu ia akan menjadi semangat.

Tagged

About Tengku Badroden

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by Tengku Badroden →

Related Posts

2 thoughts on “Buktikan! Ini Dia 5 Tips Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah

  1. Bunda Evi

    Wah terima kasih banyak bund atas tipsnya yang diberikan, semoga dengan membuat bentuk yang menarik dari buah”an atau sayuran membuat anak saya jadi suka sama buah dan sayuran… tapi terkadang anak saya tidak suka sayuran tertentu yang berwarna hijau karena rasanya atau apanya nggak tahu, apakah bisa disiasati ya bund? terima kasih…

    Reply
    • Apa Saja Ada Post author

      Terima kasih Bunda Evi sudah mampir di web kami,
      Untuk pertanyaan tentang ketidaksukaan anak bunda dengan sayuran hijau bisa disiasati dengan mengolah masakan sayuran tadi menjadi enak dimulut anak, misal anak suka sosis, bisa tuh dicampur dengan potongan” sosis ataupun apapun itu yang disuka anak, ntah itu ayam, ikan laut, atau olahan daging lainnya, atau juga dibuat olahan sayuran krispi atau apalah itu bunda hehe, dan diberitahu bahwa sayuran hijau itu sangat enak lho nak…

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *