fbpx
Info Tentang Produk : Hub. 08222-0571-522 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

12 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa sangka, jeruk nipis yang kecil dan bulat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi buah berwarna hijau tua ini juga bisa dipakai untuk masker dan olesan. Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menyembuhkan Batuk
Jeruk nipis yang diperas dan dicampur air hangat bisa membantu meredakan batuk. Selain hangat, kandungan jeruk juga bisa mengurangi dahak, apalagi jika dicampur dengan air hangat. Ada juga beberapa kebudayaan tradisional yang menerapkan obat herbal berupa perasan jeruk nipis dengan kecap manis untuk meredakan batuk.

2. Meningkatkan Imunitas
Karena mengandung vitamin C dosis tinggi, maka imunitas seseorang pun bisa tertunjang. Dengan mengkonsumsi 5 buah jeruk nipis setiap harinya, maka kebutuhan vitamin C seseorang dapat terpenuhi. Jika imunitas seseorang tinggi, maka resiko terkena penyakit dari virus, bakteri ataupun jamur bisa berkurang.

3. Penyedap Makanan Sehat
Banyak makanan yang rasanya kurang sedap jika tidak ditambah jeruk nipis. Misalnya soto ayam dan sate. Namun, seiring berkembangnya resep masakan maka banyak juga makanan sehat yang semakin sedap dan segar dengan tambahan jeruk nipis seperti es buah, salad, dan sop buah.

Baca:  Wajib Tahu! 5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan Yang Perlu Dicoba Manfaatnya

4. Masker Kulit
Jeruk nipis yang diperas bisa dipakai untuk masker kulit. Fungsi utamanya adalah untuk mengangkat kotoran dan polusi yang menempel di pori-pori kulit.

5. Lulur Mandi Penghilang Bakteri
Saat sedang tidak sibuk, pastikan untuk meluangkan waktu dengan lulur jeruk nipis yang dicampur madu. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan bisa menutrisi kulit dan menghambat proses penuaan dini. Tidak hanya itu, lulur jeruk nipis dicampur madu akan dapat membunuh bakteri penyebab gatal dan ruam pada kulit.

6. Pencerah Siku dan Lutut
Merasa tidak percaya diri dengan kondisi siku dan lutut yang gelap? Jika ya, maka manfaatkan bekas perasan jeruk nipis untuk mengatasinya. Cukup diamkan kulit jeruk nipis yang telah diperas pada bagian siku atau lutut gelap. Diamkan selama 3-5 jam dan bilas sampai bersih.

7. Mengurangi Bekas Jerawat
Bekas jerawat biasanya cukup mengganggu karena memiliki warna hitam dan tekstur bergelombang. Untuk mengatasinya, parut kulit jeruk nipis lalu keringkan dengan oven. Setelah itu, tumbuk dan gunakan sebagai masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada bekas jerawat.

Baca:  9 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

8. Melancarkan Metabolisme
Metabolisme yang lancar bisa membuat kesehatan semakin terjaga. Dengan menggunakan es jeruk nipis, maka proses tersebut akan bisa tertunjang secara optimal. Caranya sangat mudah, minumlah es jeruk nipis dengan madu setiap pagi. Rasakan sensasinya terutama jika diimbangi dengan olahraga secara teratur.

9. Mengurangi Ketombe
Ketombe yang membandel juga bisa dikurangi dengan ekstrak jeruk nipis. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan meneteskan beberapa ml air jeruk nipis ke bagian akar rambut. Karena manfaat ini, tidak heran jika banyak shampoo anti ketombe yang mengandung ekstrak jeruk nipis.

10. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sel-sel kulit mati bisa menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan memanfaatkan masker atau lulur jeruk nipis, maka wajah bisa lebih cerah dan kekenyalannya lebih terjaga. Hal ini bisa mengurangi resiko penuaan dini.

11. Infuse Water yang TOP!
Meminum infuse water dari potongan jeruk nipis akan bisa memaksimalkan kinerja dan stamina. Kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktifitas dan menjaga kesehatan. Jika imunitas tubuh tinggi, maka otomatis kinerja pun lebih maksimal.

Baca:  5 Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

12. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah
Masalah kolesterol dalam darah adalah salah satu penyebab penyakit degeneratif. Untuk menguranginya, maka pastikan konsumsi jeruk nipis tepat jumlahnya. Karena hal ini bisa membantu merontokkan kolesterol dalam darah terutama yang masih baru dan belum tertimbun atau mengeras.

Related Post

Ketahuilah Beberapa Manfaat Daun Binahong untuk Ke... Tumbuhan binahong ini sering digunakan untuk bahan obat-obatan. Di Indonesia sendiri daun binahong sudah sering dijadikan sebagai tanaman obat, bahkan...
Beberapa Manfaat Bekam Untuk Kesehatan yang Wajib ... Bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (darah kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan c...
Cek Apa Saja Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan   Melon adalah salah satu buah yang paling digemari oleh banyak orang. Buah ini memiliki rasa yang segar sehingga banyak orang yang suka pada ...
Penting! Ini 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan ... Buah bernama ilmiah Salacca zalaca ini mengandung vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, lemak, zat besi, dan serat makanan yan...
5 Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kesehatan dan ... Kayu manis dan madu adalah 2 jenis bahan masakan yang mempunyai ciri khas bau serta rasa memikat. Manisnya madu ditambah harumnya aroma kayu manis aka...
8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Sering kita temukan ibu hamil mengkonsumsi daun katuk untuk memperlanjar produksi ASI, hal ini dikarenakan daun katuk memiliki senyawa minyak esensial...
Kenali 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang ... Daun salam atau yang memiliki nama latin Syzgium polyanthum bisa dikatakan sebagai obat herbal dengan beribu khasiat untuk kesehatan. Tidak hanya untu...
Beberapa Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh K... Belakangan, teh hijau menjadi sangat popular di kalangan masyarakat. Hal tersebut karena teh hijau menjadi sebuah inovasi rasa makanan dan minuman yan...
Tagged

About

Hobi jalan-jalan, suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Mudah bosen kalau sedang melakukan sesuatu.

View all posts by →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *