counters
Info Tentang Produk : Hub. 0877-4224-9575 (Telp/SMS/WA) atau Kontak Kami

11 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Kelor atau merunggai merupakan tanaman yang sering tumbuh di daerah tropis dan daunnya seringkali dikonsumsi untuk pengobatan herbal. Menariknya, tanaman kelor merupakan kerabat jauh dari brokoli dan kubis, serta memiliki profil nutrisi yang serupa dengan kerabatnya tersebut. Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan nilai obat yang sangat tinggi.

Dari segi nutrisi, daun kelor merupakan sumber protein dan juga mengandung semua asam amino penting, serta kaya akan kalsium, fosfor, potasium, zat besi, dan vitamin A, D, C. Ada beberapa penelitian serta temuan ilmiah yang mendukung sifat terapeutik pada daun kelor dan telah terkonfirmasi bahwa daun kelor memang merupakan pembangkit nutrisi alami yang bagus.

Beli Teh Celup Daun Kelor Asli

Daun kelor dengan nama latin Moringa oleifera juga diyakini dapat membantu mengontrol kadar gula darah serta mengandung antioksidan tinggi. Sebagai tanaman yang seringkali digunakan untuk obat-obatan tradisional, manfaat atau khasiat dari daun kelor untuk kesehatan ternyata bukan mitos belaka.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki masalah yang berkaitan dengan kesehatan, mungkin bisa juga mencoba untuk mengonsumsi daun kelor ini sebagai salah satu obat alternatif.  Selain memiliki manfaat, daun kelor juga memiliki efek samping yang tidak begitu membahayakan, namun perlu diwaspadai juga. Pasien yang sedang mengonsumsi obat dari dokter, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter apabila ingin mengambil manfaat dari daun kelor ini. Dan belum banyak orang tahu bahwa daun kelor ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun kelor yang bisa diambil.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Daun kelor dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan memberikan kekuatan pada tubuh dari kelelahan dan keletihan. Daun kelor kaya akan zat besi yang dapat membantu mengurangi rasa lelah dan kantuk. Daun ini juga mengandung vitamin A dalam jumlah yang baik, supaya memastikan zat besi diserap dan dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh. Jika Anda sering merasa lelah di kantor atau di rumah, maka sebaiknya Anda harus memulai hari Anda dengan secangkir teh daun kelor setiap pagi.

2. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius, seperti halnya penyakit diabetes dan jantung. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengontrol gula darah dalam batas normal. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan fitokimia kuat yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Daun kelor juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, lipid, dan stres oksidatif yang berkontribusi pada perkembangan diabetes dalam tubuh. Dengan banyaknya kandungan antioksidan pada daun kelor, hal itu juga berpotensi melindungi tubuh kita dari kerusakan sel dan menghentikan aktivitas radikal bebas.

Baca:  7 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Meningkatkan kesehatan otak

Daun kelor banyak mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan mendukung fungsi kognitif. Daun ini juga dapat meningkatkan fungsi dan aktivitas neurotransmiter. Orang yang memiliki penyakit alzheimer, demensia, dan masalah otak lainnya dapat diberikan ekstrak daun kelor untuk membantu mengurangi keparahan dan memperbaiki kerusakan akibat penyakit tersebut. Selain itu, daun kelor juga kaya akan vitamin C dan E yang dapat menghambat oksidasi dan penuaan otak, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak secara keseluruhan.

4. Melindungi Jantung

Manfaat lain dari daun kelor juga dikatakan dapat melindungi jantung dan mendukung sistem kardiovaskular. Daun ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung. Selain itu, daun kecil berwarna hijau ini juga dapat melindungi pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak di arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

5. Melawan infeksi

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa daun kelor kaya akan senyawa antimikroba dan antibakteri, sehingga dapat membantu dalam menyembuhkan infeksi kulit, infeksi saluran kemih, dan masalah pencernaan. Daun ini juga dapat digunakan dalam mengobati luka dan cedera karena mengandung sifat antimikroba yang kuat. Ada sifat pembekuan darah di daun kelor yang dapat membantu menghentikan pendarahan dan mencegah infeksi luka.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun kelor sarat dengan kandungan fitonutrien penambah kekebalan yang dapat memperkuat sistem kekebalan pada tubuh kita, serta memungkinkannya melawan infeksi dan parasit dengan mudah. Daun ini juga mengandung vitamin A, C , dan zat besi yang mendukung sistem kekebalan tubuh secara aktif dan sehat.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain yang tak kalah penting dari daun kelor ini adalah dapat membantu menjaga mata kita agar lebih jelas dalam melihat. Selain itu, daun kelor juga memiliki manfaat bagi mata jauh lebih baik daripada sayuran wortel, karena adanya kandungan vitamin A dan antioksidan tinggi.

Manfaat daun kelor juga bisa untuk mengatasi beberapa gangguan mata seperti mencegah katarak, menghentikan pelebaran pembuluh retina, penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

8. Menguatkan tulang

Tulang yang kuat dan sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Jika Anda mengalami nyeri pada tulang, maka mulailah mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Daun ini sangat banyak mengandung kalsium, vitamin K, dan protein, yang berkontribusi pada kesehatan tulang dan mencegah penipisan tulang.

9. Melindungi hati

Baca:  5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Daun kelor juga mengandung senyawa polifenol dengan konsentrasi tinggi yang dapat melindungi hati dari segala kerusakan. Daun ini juga dapat mengatasi kerusakan oksidatif di hati dan meningkatkan kadar protein di dalamnya. Selain itu, daun kelor juga dapat mengurangi fibrosis dan kerusakan hati, serta meningkatkan kadar enzim dalam hati sehingga dapat berfungsi dengan baik.

10. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Di dalam daun kelor juga terdapat kandungan zat anti-inflamasi yang mampu meredakan dan mencegah sakit maag, serta masalah yang berkaitan dengan pencernaan.

Selain itu, minyak kelor secara umum juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati, hal itu penting dalam membantu proses pembuangan racun dan zat berbahaya secara alami dari dalam tubuh. Konsumsi sayur daun kelor juga dapat berpotensi membantu menyembuhkan masalah infeksi saluran kemih, batu ginjal, sembelit, diare, dan retensi cairan.

11. Melawan kanker

Sebuah penelitian pada tahun 2011 tentang kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang dipublikasikan dalam jurnal “Food and Chemical Toxicology” menyebutkan bahwa ekstrak daun kelor dapat mencegah reproduksi dan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Para ahli juga memberikan kesimpulan bahwa daun kelor berpotensi dapat mencegah penyakit kanker secara alami. Selain memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, daun kelor juga memiliki kandungan potasium. Hal ini membuat daun kelor memiliki manfaat dalam hal menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Cara Mengolah Daun Kelor

1. Air rebusan daun kelor

Cara pertama dalam mengolah daun kelor adalah dengan merebus daun kelor dan meminum airnya. Namun, pastikan daun kelor dijemur hingga kering sempurna sebelum direbus dengan air.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 4 gelas air
  • Beberapa lembar daun kelor atau secukupnya

Cara membuatnya:

  • Petik beberapa daun kelor segar yang masih muda secukupnya. Lalu, rendam dan cuci daun kelor tersebut dengan air hingga bersih.
  • Letakkan daun kelor di nampan dan jemur di udara terbuka hingga kering. Sebaiknya, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena dapat mengurangi nilai kandungan gizinya
  • Simpanlah daun kelor yang sudah kering sempurna ke dalam toples atau wadah tertutup.
  • Untuk mengonsumsi air rebusan daun kelor ini, siapkan panci dan rebuslah 4 gelas air hingga mendidih.
  • Kemudian, masukkan dua sendok daun kelor kering ke dalam panci berisi air yang sudah mendidih dan tunggu kurang lebih selama 5 menit.
  • Setelah itu, saring air rebusan daun kelor tersebut untuk memisahkan air dengan daunnya, serta sajikan selagi hangat.
  • Terakhir, air rebusan daun kelor siap untuk diminum.

 

2. Teh daun kelor

Untuk mengolah daun kelor menjadi teh, Anda harus memastikan bahwa daun kelor benar-benar kering sempurna.

Baca:  Kenali 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beberapa lembar daun kelor atau secukupnya
  • Air hangat
  • Madu

Cara membuatnya:

  • Petik beberapa daun kelor yang masih muda dan segar. Ambil daun kelor yang dekat dengan pucuknya dan berwarna hijau muda.
  • Kemudian, rendamlah daun kelor tersebut dengan air bersih dan cucilah hingga bersih dari kotoran-kotoran yang menempel.
  • Setelah dicuci, keringkan daun kelor dengan meletakkannya di nampan dan menjemurnya di udara terbuka, Namun, sebaiknya jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena dapat mengurangi nilai kandungan gizinya.
  • Setelah itu, tumbuk atau blender daun kelor kering tersebut hingga berubah menjadi bubuk halus.
  • Lalu, simpanlah daun kelor yang sudah menjadi bubuk itu ke dalam sebuah wadah khusus.
  • Untuk mengonsumsinya, ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk ke dalam sebuah gelas dan seduh dengan air panas. Anda juga dapat menambahkan madu secukupnya ke dalam teh daun kelor.

 

3. Sayur bening daun kelor

Daun kelor yang dibuat menjadi sayur ternyata tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun juga mengandung banyak manfaat. Sayur bening daun kelor ini juga bisa ditambah dengan jagung manis yang sudah disisir dan beberapa bumbu tradisional yang membuatnya semakin nikmat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 4 gelas air
  • 1 ikat daun kelor dan ambil daunnya
  • 2 buah jagung manis dan disisir

Bumbu:

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 ruas kencur
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara membuatnya:

  • Masukkan 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 ruas kencur ke cobek dan ulek semuanya (bisa juga diiris tipis-tipis atau digeprek).
  • Panaskan air secukupnya di panci hingga mendidih, masukkan bumbu ulek dan jagung manis yang sudah disisir ke dalam air mendidih. Dan tunggu hingga jagung cukup empuk.
  • Setelah itu, masukkan daun kelor ke dalam panci, serta tambahkan gula dan garam secukupnya.
  • Terakhir, koreksi rasa sayurnya, angkat dan sajikan.

Saat ini ada produk teh dari daun kelor yang tak perlu ribet untuk membuatnya guys, tinggal celup saja!. Teh celup daun kelor ini rasanya sangat enak dan menyegarkan, serta memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh Anda. Mau beli teh celup daun kelor asli 100% organik isi 20 dengan harga terjangkau dan bisa memperoleh cashback, serta gratis ongkir? Yups, Anda bisa membelinya dengan cara klik tombol atau klik link di bawah ini ya guys..

Beli Teh Celup Daun Kelor Asli

Beli Teh Celup Daun Kelor Asli

 

Tagged

About Ibnoe Vaiz

Hobi jalan-jalan, lebih suka menulis berita teknologi, gadget, dan ponsel pintar. Selalu semangat dalam melakukan sesuatu hehe :).

View all posts by Ibnoe Vaiz →

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa Saja Ada